Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
212


Kita semua pasti sepakat kalau menentukan pasangan itu nggak mudah. Makanya, ketika menemukan orang yang tepat, kita pengin segera melangsungkan pernikahan dan memulai sebuah keluarga kecil bersama.

Setelah menikah, kita menjadi satu dengan pasangan, bukan lagi tentang kamu atau aku lagi. Keuangan merupakan salah satu topik yang paling sering bikin pasangan salah paham, bahkan sampai bertengkar. Biar pernikahan semakin matang dengan kesiapan secara finansial yang oke, yuk ikuti 5 tips ini.

1. Biasakan untuk sering membangun obrolan soal uang dengan pasangan

Ada sebuah artikel yang menuliskan kalau obrolan soal keuangan merupakan salah satu hal yang paling tabu buat dibicarakan. Padahal, obrolan soal keuangan bisa membuat kita kepribadian dari lawan bicara kita.

Misalnya saat ia berbicara soal banyaknya uang yang ia gelontorkan untuk mobil atau automotif, maka bisa dipastikan kalau orang itu menjadikan automotif atau mobil sebagai sesuatu yang bernilai untuknya. Jadi, yuk kenali lebih dekat pasangan kita dengan memulai pembicaraan soal keuangan bersama.

2. Saat menikah, maka kita akan menanggung beban finansial bersama, maka pertimbangkan baik-baik

Mungkin sekarang kita dan pasangan punya tabungan masing-masing karena belum menikah. Saat ini, kita bisa nggak begitu peduli dengan berapa jumlah tabungan yang ada dalam tabungan pasangan, tetapi setelah menikah nanti, uang kita juga merupakan uang bersama.

Untuk itu, memiliki pola pikir sama soal keuangan juga merupakan hal yang penting sebelum kita menikah. Jangan sampai kita bertengkar di kemudian hari karena perbedaan kebiasaan cara menghabiskan uang masing-masing pihak.

3. Menganggap kalau pasangan punya sudut pandang soal keuangan yang sama dengan kita

Setiap orang pasti punya pengalaman masing-masing soal keuangan. Ada sebagian orang yang memang terbiasa dengan hidup tanpa tanggungan sejak kecil. Tapi, ada juga orang yang harus berjuang menanggung beban finansial keluarganya.

Pengalaman ini kemudian menjadi salah satu pengaruh yang besar dalam kita memandang keuangan. Apakah kita merupakan seorang yang suka menghabiskan uang dengan mudah? Ataukah kita hobi menabung uang? Lalu bagaimana dengan pasangan kita?

4. Nggak cuma diri sendiri, kondisi keuangan pasangan juga perlu diperhatikan, lho

Coba deh mulai blak-blakan dengan pasangan. Jujur saja kalau memang kita punya hutang kartu kredit, atau baru saja mengambil sebuah rumah. Setelah bercerita, tanyakan pula pada pasangan soal apa tanggungan yang perlu ia selesaikan.

Kalau nggak jujur dari awal, hal ini lantas bisa jadi bom dalam pernikahan kita, lho. Agar nggak jadi bom yang berbahaya, kita harus bisa membuka diskusi soal situasi keuangan dengan pasangan. Dengan cara ini, kita nggak akan merasa ditipu oleh pasangan dalam hal keuangan.

Nah, kalau 4 hal di atas sudah bisa kita diskusikan, yuk mulai membicarakan soal rencana keuangan buat pernikahan bersama pasangan dan keluarga dari kedua belah pihak. Semoga pernikahanmu lancar dan selalu berada dalam perkenanan Tuhan, ya J

 

 

Sumber : Relevant Magazine

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nur Isra 20 November 2019 - 02:46:08

Laporan arus kas Nesreen Co

0 Answer

Inovi Isdiyantoro 18 November 2019 - 21:01:35

Di phk

0 Answer

Aris Anto 18 November 2019 - 17:31:20

Is that...................(you)house?

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 3


7267

Banner Mitra November Week 3