Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
322


Butuh untuk menemukan pekerjaan baru secepatnya?

Dalam ekonomi seperti ini, banyak orang butuh untuk mencari kerja dengan cepat, atau jika tidak justru akan mempercepat kondisi pengangguran mereka.

Sebuah studi menemukan bahwa 95 persen pencari pekerjaan membuat kesalahan-kesalahan dalam pencarian kerja mereka yang menghalangi mereka untuk mengamankan pekerjaan mereka selanjutnya.

Tips-tips berikut ini akan menolongmu menemukan pekerjaan baru secepatnya!

Kebanyakan pencari kerja jatuh dalam dua kategori.

(1) metode-metode tidak produktif ketika memulai pencarian kerja, dan

(2) kemampuan interview yang tak efektif.

Dalam bursa kerja yang tak aman di masa sekarang, sangatlah masuk akal untuk belajar menggunakan strategi-strategi terbaik dalam pencarian kerja. Mengetahui bagaimana mengurangi waktu untuk diambil untuk mencari sebuah pekerjaan baru adalah satu cara Anda memiliki "keamanan pengangguran" dalam sebuah ekonomi yang tak stabil.

Mencari Lowongan Kerja "Tersembunyi"

Ada dua bursa kerja yang berbeda: bursa kerja yang diiklankan (atau terorganisir) dan bursa kerja tersembunyi (atau tak terorganisir). Kebanyakan pemburu kerja menghabiskan waktu mereka dalam bursa kerja yang diiklankan, dimana salah satu yang paling dikenal. Pekerjaan-pekerjaannya sangat terorganisir dan siap diakses. Ini adalah salah satu bursa kerja paling populer karena sangat mudah untuk diakses.

Lowongan Kerja Tersembunyi

Ketika sekitar 95 persen dari pemburu kerja bersandar pada bursa kerja yang diiklankan untuk mencari pekerjaan, ada sekitar hanya 15-25 persen pekerjaan yang tersedia yang ditampilkan disini.

Sebagaimana bisa dibayangkan, kalau kamu hanya menggunakan bursa kerja yang diiklankan untuk proses pencarian kerja, itu akan lebih lambat dan lebih membuat frustrasi. Tidak hanya ada sebuah persentase kecil dari daftar lowongan kerja yang aktual, tetapi kamu juga akan menemukan kompetisi yang lebih intens dikarenakan sejumlah besar dari pemburu kerja yang menggunakan iklan-iklan tertentu di internet dan sumber-sumber lainnya.

Beberapa pemburu kerja bahkan mencari pekerjaan tertentu dikarenakan mereka tidak melihat lowongan-lowongan dalam iklan-iklan tertentu bagi tipe pekerjaan tersebut, atau mereka tidak mendapat resume atas resume-resume yang telah mereka kirim.

Mayoritas pekerjaan yang tersedia dalam waktu apapun dapat ditemukan di "bursa kerja tersembunyi." Pekerjaan-pekerjaan tersebut tersembunyi karena dipenuhi tanpa pekerja yang mengiklankan mereka di internet ataupun di surat kabar. Mencari pekerjaan-pekerjaan tersebut membutuhkan pendekatan yang lebih proaktif dan strategik.

Biasanya lowongan kerja "tersembunyi" ditemukan lewat kontak-kontak personal yang berkembang dan menghubungi pemberi kerja langsung. Pasar kerja ini lebih sulit untuk diakses, tetapi terlihat adalah pekerjaan yang memberi kepenuhan dan setimpal. Juga, ketika kamu mendapat pekerjaan dari bursa "tersembunyi," kamu akan menemukan bahwa kamu adalah satu-satunya aplikan untuk sebuah pekerjaan hebat!

Apakah ini artinya kamu harus menghindari mencari di bursa kerja yang diiklankan? Tentu saja tidak!

Bursa kerja yang diiklankan memiliki sekitar 15-25 persen dari lowongan-lowongan kerja yang tersedia, dan mereka terorganisir sehinggat lebih mudah bagimu untuk mencari yang sesuai kualifikasimu. Tetapi bagaimanapun, artinya, kamu harus menginvestasikan tidak lebih 25-30 waktu pencarian kerjamu untuk mengejar kemungkinan-kemungkinan dalam bursa kerja yang diiklankan, dan 70-75 persen dari waktumu menggunakan strategi-strategi untuk masuk ke dalam bursa kerja yang tersembunyi.

Dengan memilah waktu pencarian kerjamu seperti ini, kamu akan meningkatkan peluang-peluangmu untuk mencari pekerjaan dengan cepat.

Interview Bagai Seorang Pro

Sebuah interview adalah situasi apapun dimana kamu memiliki pertemuan muka-dengan-muka dengan seseorang yang memiliki kuasa untuk mempekerjakanmu - bahkan jika ia pada saat itu tidak menyediakan lowongan pekerjaan.

Sebagaimana studi dari Harvard menemukan, orang-orang yang mendapatkan pekerjaan melalui kontak personal (bursa kerja tersembunyi), 43.8 persennya membuat posisi-posisi baru diciptakan untuk mereka. Pekerjaan-pekerjaan diciptakan setiap harinya bagi orang yang bisa membuktikan bahwa mereka bertemu dengan kebutuhan-kebutuhan si pemberi kerja.

Baca Juga:

Ternyata 5 Alasan Yang Bikin Anak Muda Takut Berinvestasi, Nomor 2 Paling Sering Terjadi!

Cara Sukses Mengelola Uang Lewat Pandangan Alkitab, Kamu Mau Coba?

Saat dalam pembicaraan apapun dengan pemberi kerja yang prospektif sebagai sebuah wawancara, kamu akan lebih bersiap-siap untuk mengambil keuntungan dari kesempatan-kesempatan yang muncul setelah kamu menindak-lanjuti sehubungan kontak-kontak personalmu, dan sebagaimana kamu menghubungi si pemberi kerja langsung. Kamu akan dipekerjakan jika kamu bisa membuktikan si pemberi kerja bahwa kamu adalah orang yang mereka butuhkan (contohnya: menghemat keuangan mereka, membuat sesuatu bekerja lebih efisien, dst) lebih baik daripada kandidat-kandidat lain. Kuncinya adalah mampu berkomunikasi dengan efektif adalah apa yang bisa lakukan bagi si pemberi kerja.

Berkomunikasi dengan baik juga berarti mampu untuk menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan (seperti "Mengapa saya harus mempekerjakanmu?") dengan efektif.

Mempraktikkan menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara dengan teman, anggota keluarga, atau pelatih karir hingga kamu merasa bisa dengan percaya diri menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan tersebut dalam tidurmu! Ingatlah tidak selalu orang yang paling memiliki kualifikasi baik yang akan mendapatkan pekerjaan, tetapi, seseorang yang bisa mengkomunikasikan dengan meyakinkan dalam wawancara apakah ia bisa melakukan pekerjaan tersebut.

Dapatkan Dukungan Yang kamu Butuhkan

Gunakan teknik-teknik efektif untuk mencari lowongan pekerjaan dan wawancara dengan baik akan mengurangi jumlah waku yang diperlukan untuk mencari pekerjaan. Tetapi ingatlah: mengetahui informasi ini tidaklah cukup; kamu juga butuh untuk berketetapan dalam mengimplementasikan apa yang kamu pelajari. Menemukan sebuah pekerjaan baru tidaklah mudah; kebanyakan orang membutuhkan dukungan, rangkulan, dan akuntabilitas yang mereka cari. Ciptakan jaringan dukunganmu sendiri dari teman-teman, keluarga, dan sesama pencari kerja lainnya.

Jika kamu tidak mendapatkan hasil yang kamu inginkan, kamu mungkin ingin meng-eksplor bantuan karir profesional untuk memaksimalkan pencarian kerja kamu. Lakukan hal yang sama yang kamu telah lakukan untuk tidaklah cukup untuk bursa kerja ini.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dimas Diang 16 September 2019 - 13:44:33

Bagian excelnyang berisi alamat suatu sel

0 Answer

Armin Maulana 15 September 2019 - 18:57:54

Sebuah kapasitor keping sejajar diudara mempunyai .. more..

0 Answer

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7272

advertise with us