4 Cara Membersihkan Keuangan dan Mengatur Ulang Kembali Lebih Baik!

Finance / 24 May 2019

Kalangan Sendiri

4 Cara Membersihkan Keuangan dan Mengatur Ulang Kembali Lebih Baik!

Naomii Simbolon Official Writer
1912

Setiap hari adalah waktu yang tepat untuk memeriksa setiap tujuan keuangan dan menyempurnakan usaha kamu. Apakah kamu sudah keluar dari jalur karena pengangguran atau siap untuk menyegarkan kembali keuangan kamu.

Nah, inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan keuangan kamu dan mengatur dirimu sendiri agar bisa sukses dalam melewati sisa tahunmu!

1. Periksalah hutang kamu

Jika salah satu tujuan kamu tahun ini untuk membayar hutang, maka periksalah gimana proses itu bisa berjalan. Pikirkan gimana kamu bisa meningkatkan pekerjaan kamu dengan baik dan menghasilkan uang lebih.

Jika kamu belum melakukan sebaik mungkin untuk apa yang kamu rencanakan, cobalah untuk nggak fokus pada kurangnya uang kamu melainkan cukup mengatur ulang tujuan kamu mulai dari sekarang.

Yang paling pentingnya lagi, lihatlah apa yang menghalangi kamu. Apakah kamu melampaui sesuatu yang bisa kamu tangani tahun ini? Apakah biaya yang nggak terduga terus menerus menyelinap dalam hiduppmu?

Cobalah untuk mencari pekerjaan tambahan, untuk mendapatkan hasil lebih banyak demi mengurangi utang kamu.

Bikin usaha sampingan dan kerja part time.

2. Ubahlah anggaran bulanan kamu

Lihatlah gimana kebiasaan belanja kamu. Bukankah itu sangat buruk? Perhatikan, apakah pengeluaran kamu sesuai dengan apa yang kamu harapkan, atau apakah kamu memiliki perubahan pendapatan secara tiba-tiba?

Jika kamu sedikit keluar dari jalur anggaran kamu, maka cobalah untuk merubah diri kamu.

Pastikan kamu menggunakan uang kamu dengan bijak. Lihat, apakah ada anggaran yang perlu di kurangi dan dialokasikan ke tabungan dan investasi lainnya?

ARTIKEL TERKAIT :

Sulitnya Mendapatkan Pekerjaan Impian Bikin Kita Kecewa Kepada Tuhan. Lakukanlah Tips Ini!

3. Utamakan untuk berhemat ya

Ya, kamu harus merencanakan tabungan berjalan seiring berjalannya kamu dalam memastikan anggaran kamu sesuai dengan rencana.

Kadi, jika kamu belum membuat dana darurat maka buatlah dari sekarang.

Sudah waktunya untuk mulai berpikir gimana caranya menyiapkan rencana pengeluaran untuk liburan atau acara khusus menjelang akhir tahun. Menabunglah!

Buatlah sketsa anggaran kamu dari sekarang, dan pastikan jangan membeli hal yang penting. Belilah sesuatu yang lebih realistis dengan pendapatan kita. Anggarkan dengan bijak dan berhematlah!

4. Belajar lebih banyak lagi cara mengatur keuangan

Jika salah satu tujuan kamu untuk menjadi lebih mengerti dalam mengatur keuangan, maka pertimbangkanlah untuk belajar, entah itu melalui podcast,  buku dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa mengambil kursus online agar diajari gimana caranya membuat konsep keuangan dengan baik dan perekonomian kamu mudah dipahami.

Kamu juga bisa menemui para pakar keuangan di sosial media untuk belajar ide-ide keuangan yang baru dari mereka.

Nah, gimana? Sudah siap untuk merubah keuangan kamu? Siap untuk berhemat dan menjadi lebih baik dalam keuangan? Yuk, lakukan 4 cara diatas.

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami