Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
871


Di dunia yang serba cepat dan modern ini, orang tua sering disamakan dengan supir yang nggak digaji karena harus mengantarkan anak-anak kesana kemari. Orang tua juga harus bekerja ekstra karena ada rumah yang harus diurus. Belum lagi urusan pribadi, pekerjaan, juga pasangan. Kayaknya, waktu buat sendiri itu jadi mahal banget.

Sudah bekerja super seperti itu pun, nggak jarang kita masih bertanya, "Kita ini sudah jadi orang tua yang baik belum sih?"

Apalagi, di tengah sosial media yang berseliweran, jadi ada banyak orang yang menyebutnya sebagai ahli dalam bidang pendidikan dan psikologis soal bagaimana seharusnya membesarkan anak. Kalau menyamakan diri dengan mereka, kayaknya kita jadi makin 'down' sebagai orang tua.

Alkitab memberi orang tua peran yang jauh lebih besar dibandingkan hal di atas tadi. Saking pentingnya, perintah untuk hormat kepada orang tua pun menjadi salah satu dari 10 perintah Tuhan.

"Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu." (Keluaran 20:12).

Melawan arus dunia, Alkitab memaksakan peran penting pada orang tua: disiplin. Belakangan, kata ini memang kurang populer. Kapan sih ada tayangan yang bertemakan keluarga, yang didalamnya mengajarkan soal pandangan disiplin?

Peran disiplin dari orang tua sebenarnya merupakan tiruan dari Tuhan sendiri.

1 Mazmur 103:13-14

Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia, Sebab Dia sendiri tahu apa kita, Dia ingat, bahwa kita ini debu."

2 Amsal 3:12

"Karena TUHAn memberi ajaran kepada yang dikasihi-Nya, seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi."

3 Amsal 22:6

"Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu."

4 Amsal 23:13-14

"Jangan menolak didikan dari anakmu ia tidak akan mati kalau engkau memukulnya dengan rotan. Engkau memuluknya dengan rotan, tetapi engkau menyelamatkan nyawanya dari dunia orang mati."

Apakah ayat di atas terdengar cukup kasar? Seharusnya sih tidak. Sebab tidak ada satu pun ayat dalam Alkitab yang mendukung kekerasan pada anak. bahkan, orang tua sering diingatkan untuk berdisiplin dengan kebaikan dan kasih.

Mazmur 78:4-8

“Kami tidak hendak sembunyikan kepada anak-anak mereka, tetapi kami akan ceritakan kepada angkatan  yang kemudian puji-pujian skepada TUHAN dan kekuatan-Nya dan perbuatan-perbuatan ajaib yang telah dilakukan-Nya.

Telah ditetapkan-Nya peringatan  di Yakub dan hukum Taurat diberi-Nya di Israel; nenek moyang kita diperintahkan-Nya untuk memperkenalkannya kepada anak-anak mereka, supaya dikenal oleh angkatan yang kemudian, supaya anak-anak, yang akan lahir kelak, bangun dan menceritakannya kepada anak-anak mereka, supaya mereka menaruh kepercayaan kepada Allah dan tidak melupakan perbuatan-perbuatan Allah, tetapi memegang perintah-perintah-Nya;

dan jangan seperti nenek moyang mereka, angkatan pendurhaka dan pemberontak, angkatan yang tidak tetap hatinya dan tidak setia jiwanya kepada Allah.”

 

 

 

 

Sumber : cbn

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dimas Diang 16 September 2019 - 13:44:33

Bagian excelnyang berisi alamat suatu sel

0 Answer

Armin Maulana 15 September 2019 - 18:57:54

Sebuah kapasitor keping sejajar diudara mempunyai .. more..

0 Answer

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 2


7271

Banner Mitra September week 2