Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
439


Untuk menjadi mama, memang dibutuhkan mental yang kuat. Nggak cuma itu, dibutuhkan juga persiapan yang matang.

Rasa takut ketika akan melahirkan memang hal yang wajar. Maka dari itu, dibutuhkan persiapan mental jelang persalinan.

Nggak cuma bermanfaat bagi ibu, tapi juga kondisi mental yang kuat selama masa kehamilan akan membuat janin jauh lebih shat dan terlahir dengan normal dan selamat. Ibu hamil juga nggak akan merasa tertekan saat melahirkan, sehingga seluruh proses kelahirannya berjalan lancar.

Inilah beberapa hal yang tubuhmu perlu persiapkan dalam pasca melahirkan. Tubuh kamu itu dirancang untuk melakukan itu, dan kamu akan lebih kuat dibandingkan apa yang kamu sadari :

1. Terimalah bahwa melahirkan itu memang sakit

Persalinan akan sulit dan bisa menjadi menyakitkan. Tetapi bukan berarti sakitnya  melahirkan itu sesuatu yang nggak tertahankan, atau nggak dapat dipertahankan ya~

Sakit sih sakit, tetapi nggak seberapa sakit setelah kamu melihat wajah bayimu.

Tetaplah rasional, pikirkanlah bahwa rasa sakit itu memiliki tujuan, dan tujuannya adalah untuk mengingatkan kamu akan segala kegiatan fisik yang kamu lakukan selama ini, ketika hamil. Jadi, dengan demikian kamu pun semakin fokus untuk melahirkan bayimu.

Sayangnya, nggak ada cara untuk menghindari rasa sakit ketika melahirkan ini. Bahkan pakai obat penghilang rasa sakit pun, pastilah kemungkinan kamu mengalami sedikit rasa sakit selama proses melahirkan tersebut.

Jadi, daripada mencoba menghindari rasa sakit, cobalah untuk berpikir bahwa dibalik rasa sakit kamu tersebut, ada tujuannya.

2. Lakukan senam hamil  untuk membantu fisik kamu tetap kuat dan terbiasa

Untuk mempermudah proses kelahiran, maka kamu harus menberi dukungan besar kepada tubuhmu. Caranya adalah mengambil gerakan atau senam hamil untuk memperkuat kemampuan kamu dalam menyesuaikan diri ketika lahiran nanti.

Sekarang ini, ada banyak kelas persalinan yang bisa kamu ikuti kok. Kelas itu akan membantu tubuh kamu fokus pada persalinan dan membuat tubuhmu tetap kuat.

3. Berlatih untuk bernafas

Salah satu cara terbaik untuk mendukung kondisi  fisik (mental atau emosional) kamu sebelum melahirkan adalah dengan melatih pernapasan kamu. Jika kamu terbiasa menghirup nafas yang dangkal,apalagi ketika kamu dalam situasi yang tegang dan stres,maka cobalah untuk mengambil nafas yang panjang dan dalam untuk beberapa kali, sepanjang hari.

Dengan demikian, tubuh kamu akan lebih rileks. Dalam situasi tegang apalagi stres, pernafasan akan memberi oksigen yang cukup masuk ke dalam otak kamu sehingga kamu tetap waspada dalam mengambil tindakan yang tepat berikutnya.

4. Lebih banyak istrahat

Anggap saja persalinan itu seperti maraton, bukan lari cepat. Tubuh kamu perlu istrahat, dan siap-siap. Beristrahat akan mendukung semua struktur fisik tubuh kamu, serta kondisi mental dan emosional kamu.

Menjelang kelahiran pun tetaplah istrahat, dan dengan saksama mendengarkan suara didalamnya, sebelum akhirnya dia keluar.

Itulah 4 hal yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan tubuhmu secara fisik dalam menunggu si buah hati.

Selain itu, dukung jugalah dirimu secara holistik dengan merawat semua bagian diti kamu. Ingatlah bahwa menjadi kuat nggak selalu tentang melakukan hal-hal yang berlebihan, kadang kekuatan bisa datang dalam sikap hati 'berserah' kepada Tuhan. Kamu kuat, kamu pasti mamu dan kamu siap!

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

abdul hakim 24 October 2019 - 01:40:20

Problem kartu kredit

0 Answer

abdul hakim 24 October 2019 - 01:38:15

Problem kartu kredit

0 Answer

Appolo 23 October 2019 - 08:14:30

Siapakah appolo?

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 4


7269

Banner Mitra Oktober Week 4