Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

vjay

Official Writer
203


Bagi kamu yang dapat THR dan bonus gaji ke 13, wajib disyukuri tuh. Tapi, sebelum THR dan Gaji ke 13 cair nih, sebaiknya pikirkan baik-baik akan dipakai buat apa. Untuk biaya pulang kampung dan jalan-jalan bareng keluarga atau untuk liburan impian? Tentu ngga ada yang salah dengan rencana itu, tapi kamu tetap harus buat prioritas dalam penggunaannya.

Nah buat menghindari kondisi bokek waktu habis lebaran, rencanain baik-baik nih setiap rupiah yang kamu terima, mumpung belum cair nih.

Saya pun ngalamin, klo sudah pegang duit, semua rencana tadi tiba-tiba lupa dan jadi kalap pengen beli ini-itu, bahkan klo ditembak sama teman atau gebetan yang minta traktir ngga sanggup nolaknya. Tapi kamu harus tetap teguh, biar setiap rupiah yang kamu terima nanti bisa bermanfaat.

Mau tahu gimana caranya? Yuk kita coba beberapa saran ini:

1# Buat buget buat senang-senang

Loh, ngga ada salahnya kan menikmati hasil kerjamu, tapi tetap kamu harus buat batasan. Mengapa kita harus buat buget untuk senang-senang? Karena sekalipun tidak membuat buget untuk ini, kamu atau pasanganmu pasti akan melakukannya juga, dan karena tidak ada batasannya akhirnya malah menghancurkan rencana keuanganmu.

Pertanyaannya, “berapa banyak buget untuk senang-senang ini?” Menurut penasihat keuangan, hal itu tergantung kondisi keuanganmu, apakah kamu punya hutang, apakah kamu punya dana darurat dan lain-lain. Namun kamu harus pastikan tidak lebih dari 10% dari THR dan bonus kamu.

Nah, 10% tadi, kamu bisa pakai untuk ke salon, spa, jalan-jalan, atau hal yang memang jadi hobi kamu. Kalau sudah dibugetin begini, kamu bisa menggunakan uang kamu itu tanpa rasa bersalah atau kuatir.

2# Lunasi hutang!

Ya, buat kamu yang masih punya hutang kartu kredit, hutang di warung dekat rumah, hutang dengan teman atau saudara, prioritas selanjutnya yang harus kamu lakukan saat terima duit THR dan gaji ke 13 adalah bayar hutang-hutangmu. Kalau bisa langsung dilunasi, pastikan langsung lunas.

Lunasi dulu hutang-hutang yang kecil, atau pilihlah yang bunganya paling besar. Alokasikan dana untuk melunasi hutang sekitar 30 persen dari THR dan gaji ke 13-mu. Kok banyak bener sih? Jika kamu bertanya seperti itu, kamu harus ingat tujuan utamanya adalah membuat kamu bebas hutang.

Kedepannya, setiap kali kamu menerima gaji, kamu harus alokasikan 20-30 persen gaji kamu untuk melunasi hutang, sehingga kamu bisa segera bebas dari hutang. Jika kamu sudah tidak punya hutang lagi, dana tadi kamu bisa alokasikan untuk investasi.

3# Tambah dana daruratmu

Ya, mumpung ada uang lebih nih, kamu harus buru-buru nih alokasikan dana untuk dana daruratmu. Menurut penasihat keuangan, dana darurat itu besarnya minimal 3 bulan gajimu, namun untuk amannya kamu harus memiliki dana sebesar 6 bulan gaji untuk dana darurat.

Nah, coba deh, berapa sih dana darurat yang kamu miliki sekarang?
Kalau belum ada, itu bahaya. Buru-buru deh bikin rekening untuk dana darurat ya, dan mulai cicil nih untuk yang satu ini. Mumpung ada uang tambahan, pastikan kamu berikan porsi yang cukup besar untuk dana darurat ini, kan lebih baik sedia payung sebelum hujan kan.

Tadikan sudah 40 persen dialokasikan untuk senang-senang dan melunasi hutang, untuk dana darurat kamu bisa alokasikan sekitar 10-15 persen dari total THR dan gaji ke 13 kamu.

4# Jangan lupa untuk menambah portfolio investasimu

Mungkin kamu sudah memiliki beberapa portfolio  investasi, baik itu reksadana, atau bahkan saham. Tapi ada baiknya nih, mumpung ada uang kamu tambah investasimu, mungkin bisa menambah jumlah saham atau menambah jenis investasi yang lain.

Warren Buffet menasihatkan untuk terus melakukan investasi, baik dalam masa kelimpahan ataupun kekurangan, bahkan dia menekankan terutama dalam masa kekurangan harus tetap berinvestasi. Nah, karena ini ceritanya kamu lagi dalam masa kelimpahan nih, seperti kisah di Kitab Amsal dimana semut mengumpulkan makanannya pada musim panas, maka kita pun harus sama, yaitu harus berinvestasi apa lagi sedang ada uang.

5# Pastikan kamu memberi, baik perpuluhan maupun persembahan ucapan syukur

Memberi dari berkat yang kita terima itu harus, kamu pastikan bahwa berkat yang kamu terima disalurkan dengan baik ya, seperti perpuluhan dan persembahan ucapan syukur. Jangan lupa untuk memberikan kepada orang-orang yang kurang beruntung, seperti janda-janda dan juga anak-anak yatim-piatu.

Memberi tidak harus jauh-jauh kok, cobalah liat di lingkunganmu mungkin ada orang-orang yang memang membutuhkan. Dengan kamu mengulurkan tangan untuk menolong mereka, maka kamu memiutangi Tuhan loh.

Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu. ~ Amsal 19:17

Nah, itulah beberapa masukan yang bisa kamu terapkan saat kamu menerima THR dan gaji ke 13 nanti. Ingat ya kalau kita ini bendaharanya Tuhan, setiap harta yang kita terima itu miliknya Tuhan yang dititipkan kepada kita untuk dikelola dengan baik agar bisa jadi berkat untuk orang banyak. Kalau kamu bisa dipercaya dengan perkara-perkara kecil yaitu harta kamu, maka Tuhan akan mempercayakan kepada kamu perkara-perkara yang lebih besar lagi. 

Baca juga : 

Hutang Capai Ratusan Juta, Keluarga Kami Jadi Retak! Ini Yang Tuhan Lakukan, Denny Hilton

Cara Bebas Dari Hutang Menurut Alkitab, Wajib Orang Kristen Tahu!

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fahri Rusman 24 June 2019 - 02:07:31

skimcare

0 Answer

Risma surbakti 23 June 2019 - 15:50:00

Relansionsip

0 Answer

Fendy 46 22 June 2019 - 00:50:57

Kegiatan ekonomi adalah

0 Answer


Yu55 Ch4nnel 28 May 2019 - 16:51:25
Bertahun2 saya meninggalkan Tuhan Yesus,hanyut dng... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:04
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Testify20


7257

Banner Fun Run (2)