Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1080


Pendeta Matt Chandlers, gembala gereja The Village Church di Flower Mound, Texas, baru-baru ini mengkritik gereja yang kehilangan tujuan membangun komunitas pemuridan dengan mengubah gereja sebagai panggung hiburan.

Lewat khotbah yang disampaikannya pada Minggu, 12 Mei 2019 lalu, Chandler membagikan perjalanan gereja kecil yang dibangunnya. Dia mengaku gereja itu bertumbuh seiring waktu dari hanya ratusan jemaat bermultiplikasi menjadi ribuan jemaat.

“Gairahku tidak berubah. Aku tak ingin menjadi pembicara di konferensi. Bukan itu yang kami lakukan. Kamu dan aku terlalu bersemangat. Kamu dan aku kewalahan dengan hiburan yang bergerak cepat dan berenergi sehingga kita mengembangkan hidup yang ideal dengan nilai toleransi akan rasa sakit yang sangat rendah. Gereja itu sendiri tak lagi untuk tujuan pemuridan, tak lagi tentang pembentukan (pribadi), tak lagi tentang tempat untuk membangun. Gereja hanya jadi panggung hiburan saja,” katanya.

Chandler menekankan kalau dia tak akan pernah mengubah gereja yang dipimpinnya sebagai arena untuk hiburan.

“Budaya arena (hiburan) mengharapkan segala sesuatu menjadi satu saat kita tiba (di gereja). Gereja adalah keluarga. Ini adalah tempat dimana kita melayani satu dengan yang lain…Aku tidak tertarik dengan budaya ini. Aku mau kita tumbuh bersama dan itu tak akan terjadi hanya dengan mengkhotbahkan firman Tuhan. Itu semua akan terjadi saat kita melakukannya bersama,” terangnya.

Baca Juga :

Pendeta Rick Warren Ingatkan Bahaya Kalau Gereja Hanya Fokus Tingkatkan Jumlah Jemaat Saja

Pernah Lalui Proses Sulit, Pendeta Ini Yakinkan Kalau Tekanan Mendatangkan Pertumbuhan

Dia juga mengingatkan supaya anggota gereja memahami bahwa hal terpenting menjadi bagian dari komunitas adalah merasa memiliki gereja. Karena dengan itulah gereja bisa berfungsi untuk melakukan pekerjaan pelayanan.

Dia pun mengutip Efesus 3: 7-10 dan menyampaikan kalau rancangan Tuhan itu unik. Setiap orang bahkan dikaruniai Roh Kudus.

“Pekerjaanku dan pekerjaan pelayanan gereja, bukan untuk melakukan pekerjaan pelayanan. Tapi membantu jemaat melihat, mengenali, melatih karuniamu dan melepaskan karunia itu di dunia sekitar kita,” ucapnya.

Dia menyampaikan bahwa pelayanan adalah pekerjaan yang dilakukan setiap hari. Pelayanan bukan soal tampil di atas panggung dan menciptakan penyembahan yang mengesankan.

“Kalau kamu hanya menyukai apa yang kami lakukan, semuanya online secara gratis. Aku tidak ingin menolak orang yang belum mengenal Tuhan supaya kamu bisa mendengar musik yang kamu sukai atau karena kamu berpikir aku lucu,” katanya.

Terkait budaya hiburan di gereja, Fuller Youth Institute menemukan bahwa anak-anak muda memang cenderung suka dengan ibadah yang modern dan megah serta pendeta yang gaul.

Para pendeta dan pemimpin gereja sudah lama memperingatkan soal bahaya hiburan dan gereja yang dikendalikan untuk menampilkan pertunjukan yang menghibur jemaat.

Dalam khotbahnya, H.B Charles Jr, pendeta Gereja Baptis Metropolitan Shiloh di Jacksonville mengatakan bahwa ibadah yang sejati menurut Alkitab tertulis jelas dalam Mazmur 2: 11.

“Saat kita menyembah Tuhan bersama-sama, ibadah itu tak harus seperti pemakaman atau duduk di ruang dokter atau terjebak dalam kemacetan. Kita harus bersukacita. Saat kita bersukacita, ibadah kita seharusnya tidak tergantung pada emosi yang muncul karena hiburan yang berpusat kepada manusia. Saat kita bersukacita, kita harus mengakui kekudusan dan kedaulatan serta keagungan Allah yang Mahakuasa,” kata H.B Charles Jr.

Sumber : Christianpost.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wiadnyana Legawa 20 September 2019 - 06:51:50

Tuhan penolongku

0 Answer

Nur Ramadhani 18 September 2019 - 19:28:33

Tuliskan apa saja yg ada didalam diri anda?

0 Answer

Wang barry 18 September 2019 - 18:09:25

Bagaimana ketika kita menyerahkan persoalan kepada.. more..

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7276

Banner Mitra September week 3