Cara Praktis Melindungi Anak Dari Suara Dunia Yang Mencekam dan Belajar Dengar Suara Tuhan
Sumber: CBN

Parenting / 16 May 2019

Kalangan Sendiri

Cara Praktis Melindungi Anak Dari Suara Dunia Yang Mencekam dan Belajar Dengar Suara Tuhan

Naomii Simbolon Official Writer
1986

 

Pernah nggak sih kmau mengalami kesulitan untuk mempercayai apa yang Tuhan katakan tentang kamu?

Sebenarnya kamu tahu tetapi sulit untuk mendengarnya apalagi ketika kamu di bombardir dengan kebohongan.

Sama seperti kita, anak-anak kita pun akan melewati musim yang sama di mana hal ini pasti akan terjadi.

Syukurlah jika kita bisa melindungi diri kita sendiri dan anak anak kita dengan belajar membedakan apa yang kita dengar.

Ada dua bagian untuk ini, pertama adalah melindungi apa yang kita dengar dan kedua adalah melatih kemampuan kita untuk memahami sumber dari apa yang kita dengar untuk merangkul yang baik dan menolak yang buruk.

1. Melindungi telinga anak-anak

Ada begitu banyak suara yang kerap memborbardi anak-anak kita dan masing-masing memiliki pesan yang berbeda serta berusaha mempengaruhi mereka dengan cara lain. Misalnya dari media, TV kartun, YouTube, film, musik, sekolah, teman, dan anggota keluarga yang semuanya memiliki suara yang mendorong mereka untuk di dengar.

Sama halnya seperti rumah, kita harus menjadi penjaga gerbang rumah dan menggunakan kebijaksanaan kita untuk benar-benar memutuskan apa yang akan kita izinkan masuk ke rumah kita.

Mengapa? Karena sama seperti suara adalah seperangkat nilai yang tentu akan membangun atau menghancurkan pekerjaan Tuhan dalam kehidupan seseorang tak terkecuali anak-anak kamu.

Tanyalah, kata-kata apa yang dinyanyikan dalam lagu yang kamu pasang yang kamu izinkan di dengar di rumah kamu terutama di depan anak-anak?

Apakah suara itu membawa kehidupan dan kehormatan untuk Tuhan?

Apakah semua itu penuh dengan budaya dan nilainya Tuhan?

Siapa yang berkomentar di YouTube yang ditonton anak kamu, apakah dia kenal mereka dan apa yang mereka katakan?

Selanjutnya, apakah anak-anak kamu bermain media sosial? Apakah kamu tahu komentar, akan mempengaruhi anak-anak kamu?

Ini adalah pertanyaan yang wajib sekali  kamu renungkan, karena mereka memiliki implikasi.

Pimpinkan keluarga kamu dengan baik, jangan berikan anak-anak bebas mengakses media sosial, jadikan rumah sebagai tempat istrahat yang baik, pasanglah musik yang membangun mereka.

ARTIKEL TERKAIT : 

3 Tips Menjadi Orangtua Kristen Yang Baik Untuk Anak-anak. Lebih Bertumbuh Yuk, Mom!

2. Latihlah telinga anak-anak kamu

Ketika anak-anak bermain piano, maka metode ini akan melatih telinga mereka untuk mendengarkan nuansa halus dalam sebuah karya musik.

Melalui latiha yang terus menerus, dengan perhatian yang cermat, mereka pasti akan mengembangkan nuasa indah piano menjadi musik yang manis.

Sama halnya dalam melatih telinga anak-anak kamu dalam hal kerohanian. Kamu harus secara sengaja.

"Mereka tidak mengerti, bahwa Ia berbicara kepada mereka tentang Bapa. Maka kata Yesus: "Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku." (Yohanes 10:27-28)

Semua yang kita lakukan haruslah membantu anak-anak kita mendengar suara Tuhan.

Itu berarti kita harus lebih dahulu memahami nuansa indah dan memahami nada Tuhan.

Sementara sebagai orangtua kita melindungi dan menjaga anak-anak dari suara negatif, intimidasi, maka kita tidak mungkin bisa disana sepanjang waktu.

Jadi, untuk melindungi pendengaran mereka terhadap sekitar, perlu mengajarkan mereka dan melatih mereka mendengar suara Tuhan karena memang itulah perlindungan terbaik untuk masa depan mereka yang bisa kita berikan sebagai orangtua.

Gimana caranya melakukan ini?

Berikan waktu dalam hari kamu untuk mendengarkan apa yang Tuhan mau katakan, lalu tanyakan kepada Tuhan, apa yang ada di hatiNya hari ini. Setelah itu baca firmanNya sehingga anak-anak memahami kebenaran dan berkembang dalam kearifan mereka.

Kamu juga bisa memainkan peran dan memberikan skenario atau bertanya kepada mereka apakah cerita ini terdengar seperti Yesus atau musuh?

Ajarilah anak-anak untuk tidak hanya mendengar tetapi juga mengikuti apa yang Tuhan katakan.

Selalu ada  kekuatan besar yang secara sengaja membantu anak -anak kamu utuk mendengarkan apa yang Tuhan katakan.

Jadi, mari berikan mereka kesempatan terbaik untuk mendengar satu suara yang paling penting di dunia mereka. Doakan terus mereka ya!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami