Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
384


Di dunia bisnis, marketing adalah suatu rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memasarkan produk, baik barang maupun jasa melalui berbagai cara supaya produk sampai kepada konsumen.

Dengan bahasa sederhananya, kita bisa bilang marketing adalah cara untuk menghubungkan produsen dengan konsumen suatu produk di suatu pasar.

Marketing biasanya bersifat persuasif dengan tujuan untuk mempengaruhi audiens bertindak atau berperilaku dengan cara tertentu. Tapi perlu dicatat marketing bukan hanya bertujuan untuk mendorong audiens membeli produk. Tapi hal ini juga berguna untuk mendorong reaksi audiens di dalam keterlibatan komunikasi.

Lalu apa hubungan marketing dengan Yesus?

Yesus adalah komunikator utama, yang menjadi alasan pelayanan-Nya 200 tahun silam dimulai dan sampai hari ini setiap pengajaran-Nya diingat dan jutaan orang bahkan mempercayainya.

Kenapa Yesus dikaitkan dengan marketing? Dari pelayanan Yesus selama hidupnya, kita bisa menerapkan nilai-nilai marketing terbaik yang bisa kita terapkan dalam bisnis kita hari-hari ini.

Ada 3 tips marketing yang diajarkan oleh Yesus diantaranya:

Tips 1: Marketing dari mulut ke mulut

Jangan meremehkan kekuatan komunikasi mouth to mouth atau dari mulut ke mulut.

Ingatlah bahwa Yesus melakukan tips marketing ini lewat komunikasinya yang aktif dengan murid-murid. Yesus menyampaikan visi kerajaan Allah kepada murid-murid-Nya. Dan saat murid-murid menangkap hal itu, mereka lalu menyebarluaskan hal yang sama ke seluruh dunia.

Ucapan Yesus bukan saja mengesankan, tapi berkuasa mengubahkan hidup mereka. Dan saat mereka mengalami sendiri kuasa perkataan itu, mereka pun terbeban untuk membagikan apa yang mereka alami kepada orang lain. Dengan cara inilah pesan injil menyebar dan para murid berhasil menjangkau jiwa berlipatkali ganda dari daerah terpencil sampai ke seluruh penjuru bumi.

Jadi bagaimana tips marketing ini diterapkan dalam bisnis? Sebarkanlah nilai yang bermanfaat dan memberkati orang lain. Dengan itulah orang lain akan menyebarkan nilai bisnismu kepada orang lain.

Tips 2: Kenali pelangganmu dengan baik

Yesus menyampaikan pesan yang sangat jelas dan Dia menyampaikan dengan cara yang tepat pula. Dia menggunakan perumpamaan yang berbicara langsung ke dalam hati pendengarnya (Matius 13: 8-9).

Beberapa pendengarnya percaya, yang lainnya masih ragu-ragu. Beberapa akhirnya memutuskan mengikut Dia dan yang lainnya merasa tersinggung.

Untuk melakukan hal ini, kamu harus punya pemahaman yang baik tentang siapa pelanggan idealmu dan sampaikan pesan utamamu dengan kata-kata yang sederhana.

Tanyakan lebih dulu pertanyaan ini.

Untuk siapa produk atau jasa yang kamu tawarkan? Setelah mengetahui hal ini, kamu tak perlu membuat iklan besar-besaran soal produkmu ke seluruh dunia. Tapi dengan pesan marketing yang tepat saja kamu bisa menjangkau konsumen/audiens yang tepat.

Baca Juga :

Ini Akibatnya Kalau Kita Kerja Hanya Untuk Cari Uang Aja

Berpikir Seperti Tikus, Filosofi Bekerja Lebih Bahagia

Tips 3: Berilah dan jangan menuntut untuk meminta

Misi Yesus adalah untuk memberikan hidup-Nya bagi semua orang. Dia mau melayani dan bukan untuk dilayani (Matius 20: 28).

Yesus tidak berkeliling untuk meminta-minta kepada orang-orang. Dia justru menyampaikan kabar baik dan menjadi berkat (Kisah Para Rasul 10: 38).

Tahukah kamu bahwa dengan cara inilah Yesus memenangkan hati banyak orang yang belum percaya. Orang-orang akhirnya bersedia mengikut Dia dengan sepenuh hati.

Berkaitan dengan bisnismu, tips ini bisa kamu lakukan dengan benar-benar berfokus untuk menawarkan sesuatu secara gratis atau dengan memberikan diskon yang berguna bagi orang lain. Berilah pelangganmu ‘rasa’ dari apa yang kamu tawarkan sehingga mereka mau membeli lebih banyak.

Jangan pernah berpikir bahwa Yesus hanya mengajarkan tentang bagaimana setiap orang harus hidup dalam kebenaran. Tapi dalams egaal aspek hidup kita, setiap pengajaran dan teladannya relevan untuk mengajar dan memberi kita ide dan kreativitas untuk membangun serta mengembangkan potensi yang kita punya, termasuk dalam hal membangun bisnis.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Gelatik Senja 22 August 2019 - 23:33:40

Cara mengendalikan hawa nafsu

0 Answer

Samu Vastro 22 August 2019 - 23:11:21

Hormati

0 Answer

Sarif Poltek 22 August 2019 - 21:37:34

Seorang nelayan berada di permukaan laut dengan p.. more..

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 4


7271

Banner Mitra Agustus Week 3