Liburan Tanpa Penat, Perhatikan 6 Anggaran Liburan Ini Sebelum Berangkat!
Sumber: Groundwork - ReFrame Media

Entertainment / 12 May 2019

Kalangan Sendiri

Liburan Tanpa Penat, Perhatikan 6 Anggaran Liburan Ini Sebelum Berangkat!

Naomii Simbolon Official Writer
2182

Berlibur merupakan kegiatan yang sangat perlu di lakukan untuk melepaskan penat dan menyegarkan kembali pikiran kita setelah lelah bekerja dan beraktivitas.

Apalagi jika berlibur mengajak keluarga besar, setidaknya kamu membutuhkan banyak biaya untuk dipersiapkan. Nah, hal seperti ini perlu dilakukan agar aktivitas liburan bersama keluarga nggak terganggu hanya karena uang yang nggak dipersiapkan dengan matang.

Nah, inilah beberapa biaya  liburan yang perlu kam anggarkan ketika ingin liburan :

1. Biaya makan

Semua orang tentu saja membutuhkan makanan. Itu sebabnya penting untuk memperkirakan anggaran yang realistis yang sesuai dengan kebiasaan makan kamu bersama keluarga.

Kamu bisa kok mencari tahu makanan dan restoran secara online untuk menjangkau harga makanan yang sesuai dengan anggaran kamu di tempat tujuan.

Dengan mengentahui harga makanan dan minuman di sebuah rumah makan, minimal kamu dengan mudah menyesuaikan tempat makan yang akan kamu kunjungi pas liburan nanti.

2. Biaya transportasi

Nah, ini adalah biaya liburan selanjutnya yang wajib banget kamu perkirakan ketika hendak liburan bersama keluarga.

Biaya transportasi ini meliputi biaya pesawat, taksi, bis, kereta api atau lain sebagainya.

Kalau kamu berniat menyewa kendaraan maka jangan lupa untuk memperkirakan biaya bahan bakarnya ya.

Periksa juga, apakah lokasi wisata kamu bisa dijangkau dengan layakan transportasi online, soalnya jenis transportasi yang satu ini sangat membantu kamu ketika liburan dengan biaya yang cukup terjangkau.

3. Biaya telepon

Biaya telepon perlu kamu rencakan juga loh. Pergi liburan apalagi jauh dari keluarga tentu membutuhkan pulsa untuk menelepon, apalagi kalau ke luar negeri.

Wah, jadi jangan pernah lupakan anggaran biaya yang satu ini ya. Meskipun terkesan sepele dan nggak terlalu penting, wajib kamu anggarkan.

ARTIKEL TERKAIT : 

Baru Melahirkan, Amanda Zevannya Akui Mendoakan Anak Membuatnya Jadi Terkonek Kepada Tuhan

4. Biaya selama berlibur atau aktivitas

Apapun yang kamu lakukan selama liburan di tempat wisata akan sangat mempengaruhi jumlah anggaran yang perlu kamu siapkan.

Jadi, rencanakan aktivitas apa yang akan kamu lakukan selama liburan dan mulailah memperkirakan berapa jumlah biaya liburan yang akan kamu keluarkan.

Jangan sampai uang untuk bayar ini itu dalam aktivitas kamu melampaui anggaran yang sudah kamu tetapkan ya!

5. Biaya lain-lain

Meskipun mungkin nilainya kecil tetaplah biaya lain-lain ini dianggarkan.

Pertama, biaya tarik tunai di ATM yang berbeda. Bisa saja terjadi, apalagi jika kamu menggunakan rekening bank daerah yang nggak punya cabang di kota lain atau negara lain.

Nah, jika kamu tahu berapa anggaran untuk ini, maka itupun akan membuat kamu tak lagi sering-sering menarik uang. Istilahnya, kamu bisa menarik uang sekaligus banyak. Kan lebih irit.

6. Biaya untuk oleh-oleh

Nggak afdol rasanya kalo liburan tanpa membeli oleh-oleh. Entah itu untuk teman, keluarga dan pacar, yang pasti wajib beli.

Jadi penting banget untuk menganggarkan biaya untuk ini, supaya kamu nggak membeli semuanya sesuka kamu.

Lagian yang namanya oleh-oleh, nggak perlu harga mahal kok, yang penting unik dan memiliki daya tarik atau ciri khas tempat yang kamu kunjungi saja kok.

Nah, itulah 6 biaya yang wajib kamu break-down jika ingin pergi liburan ya. Pastikan menabung jika memang ingin liburan. Uang tabungan lebih nikmat daripada uang hutangan. Bukan begitu?

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami