Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
290


Banyak banget diantara kita yang punya pertanyaan soal makanan haram atau halal. Istilah ini memang jadi hal yang biasa bagi umat beragama, termasuk Kristen. Nggak jarang kalau soal makanan haram dan halal ini jadi perdebatan menarik.

Bersama dengan Ps. Ferry, yuk kita ulik soal makanan haram dan halal ini lebih dalam.

Makanan haram itu apa aja sih?

"Nggak ada yang haram. Asik, ya?" Begitu jawaban Ps. Ferry saat dilontarkan pertanyaan ini. Hal ini mengacu pada kita sebagai seorang Kristen, yang adalah umat perjanjian baru. Tapi, sangat jelas kalau Perjanjian Lama mencatat bahwa ada beberapa jenis makanan yang memang haram (Imamat 11).

Sementara dalam Markus 7:19, "Karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam perutnya, lalu dibuang di jamban?" Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal."

Saat kita mengulik lebih dalam lagi firman Tuhan ini, penting buat diketahui kalau Bangsa Yahudi dahulu adalah cukup primitif. Dalam artian, mereka belum mengenal yang namanya teknologi, atau ilmu soal kesehatannya pun tidak sebaik sekarang ini.

Buat Ps. Ferry, hukum makanan yang haram dan halal ini merupakan cara Tuhan melindungi umat-Nya untuk tetap sehat. Sebab kita sendiri sekarang ini tahu bahwa memang ada beberapa makanan yang bisa menimbulkan beragam penyakit dalam tubuh kita ini.

"Karena pada waktu itu kayaknya nggak mungkin kalau Tuhan menerangkan tentang kolesterol atau penyakit lainnya kepada Bangsa Israel yang notabene tidak tahu mengenai penyakit tersebut. Dulu itu operasi atau pasang ring belom ada."

Manusia pada masa itu memang harus bisa hidup lebih panjang. Sehingga mereka bisa merekam kejadian yang kemudian bisa diceritakan untuk generasi-generasi penerus seterusnya.

"Jaman dulu kan belum ada alat perekam. Jadi memang Tuhan bekerja dengan cara yang luar biasa lewat larangan-larangan tersebut tadi."

Baca Artikel Lainnya: Fakta Alkitab: Para Raksasa

Kenapa kemudian makanan haram diperbolehkan?

Semakin kesini, maka semakin baik pula peradaban manusia. Secara otomatis, pengetahuan mereka juga berkembang dan mengalami perubahan.

Jadi ada makna rohani dibalik makanan haram dan halal. Menariknya, kita perlu tahu kalau Perjanjian Lama merupakan Perjanjian Baru yang tertutup. Sementara Perjanjian Baru merupakan Perjanjian Lama yang disingkapkan.

Ketika makanan haram dan halal kemudian menjadi isu dan budaya selama ribuan tahun bagi Bangsa Israel.

Tuhan membuka diri bagi bagi orang yang tidak masuk hitungan

Kisah Rasul 10 berkisah tentang Petrus yang mendapatkan pengelihatan berupa sebuah kain dimana di dalamnya terdapat berbagai jenis binatang berkaki empat, binatang menjalar, dan burung (Ay.12). Saat itu, Petrus diminta oleh Tuhan untuk memakan makanan haram tersebut.

Kisah di atas merupakan sebuah Injil yang dibuka untuk orang-orang non-Yahudi.

"Dibalik makanan yang haram dan halal tadi, sebenarnya ada pesan yang ingin TUHAN sampaikan bahwa dulu, keselamatan itu datang dari orang-orang Yahudi. Tetapi setelah Yesus datang dan penebusan terjadi, bahwa ternyata TUHAN kita adalah Tuhan yang inklusif, Dia ingin mengasihi semua orang.

Pesan ini digambarkan dari makanan yang haram tadi jadi boleh dimakanan. Setiap kita yang tidak masuk hitungan, semuanya dikasihi oleh Tuhan.

Perjanjian Lama dan Baru sebenarnya memang selalu ada jembatan penghubungnya, termasuk dalam hal makanan haram dan halal ini. Jadi bukan masalah aturannya, tetapi kita harus kenal pribadiNya, kasihNya. Kalau kita ribut soal apa yang boleh dan tidak, kita gagal melihat nafasnya Tuhan, bahwa Tuhan mengasihi semua orang.

Kalau mau lihat video lengkapnya, coba klik gambar di atas, ya.

 

Sumber : JC CHANNEL

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Niketut Blegur 19 May 2019 - 22:01:49

menurut perjanjian lama kurban dibagi menjadi 2 ya.. more..

0 Answer

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:48:01

apakah saya bisa membawa suami dan anak- anak saya.. more..

0 Answer

Helen Ho 18 May 2019 - 23:39:20

Bebas dari utang dan kartu kredit

0 Answer


Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:04
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Kopdar Superyouth


7245

Testify20