Yakin Keuanganmu Sudah Sehat? Rutin Lakukan Medical Check-up Ini Yuk!

Finance / 10 May 2019

Kalangan Sendiri

Yakin Keuanganmu Sudah Sehat? Rutin Lakukan Medical Check-up Ini Yuk!

Naomii Simbolon Official Writer
2061

Kamu pernah mendengar kata 'medical check-up?'

Ya, mungkin selama ini kamu hanya tahunya medical check-up itu yakni pemeriksaan kesehatan guna untuk mengetahui gimana kondisi tubuh kamu, supaya kamu pun bisa mencegah hal-hal yang nggak baik di masa depan.

Nah, ternyata di dalam dunia keuangan, ada juga loh namanya financial medical check-up?

Hal ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang peduli dengan kondisi keuangan mereka.

Apakah kamu begitu?

Ya, jika tidak maka saatnya untuk melakukannya. Kita perlu melakukan pemeriksaan kesehatan keuangan kita loh, hal itu berguna agar kita mengetahui apakah ada indikasi terjadinya masalah finansial, dan gimana caranya untuk mengatasi itu.

Dalam financial check-up, biasanya kamu akan menuliskan secara detail aset apa saja yang kamu miliki, berapa hutangmu dan mencacat arus keuangan kamu. Nggak cuma perusahaan yang melakukan ini, kamu pun perlu banget. Inilah alasannya pentingnya!

1. Untuk membantu pos pengeluaran kamu

Begitu banyak orang yang kerap mengeluh bahwa uang mereka habis untuk membayar ini dan itu, bahkan baru gajian loh.

Entah itu untuk melunasi hutang, membayar cicilan rumah atau mengalokasikan ke dana darurat dan lain sebagainya.

Sayangnya, nggak semua orang disiplin dalam mencatat pemasukan dan pengeluaran mereka. Mungkinkah kamu salah satunya?

Nah, dengan melakukan financial check-up, kamu bisa mengetahui apa saja pos pengeluaran kamu. Dengan begitu, kamu nggak perlu lagi meraba-raba dan bertanya-tanya, kemana saja sih uangku selama ini?

ARTIKEL TERKAIT  :

Penting Mengajarkan Anak Soal Uang Sejak Dini, Inilah 3 Prinsip Mudah Yang Patut Dilakukan

2. Untuk mengontrol pengeluaran dengan cermat dan hemat

Pengeluaran yang nggak dicatat dan nggak dikontrol hanya akan membuat kamu merasa bahwa kamu bisa menghabiskan sisa uang yang kamu miliki.

Anggap saja kamu punya uang ditabungan. Lalu kamu berpikir bahwa kamu bisa menggunakan uang tabungan tersebut, karena bentar lagi akan gajian. Itu artinya kamu akan mendapatkan pemasukan lagi.

Padahal, uang yang ditabungan kamu itu bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat loh. Misalnya untuk iversati online dan lain sebgainya.

Jadi, dengan melakukan financial check-up, kamu bisa mengkontrol pengeluaran kamu dengan mudah sehingga pengalokasian dalam rencana keuangan kamu akan lebih tepat dan terarah.

3. Persiapkan keuangan yang terencana di masa depan

Kamu perlu menyadari bahwa melakukan financial check-up merupakan langkah yang baik untuk mempersiapkan keuangan yang lebih terencana di masa depan.

Di sisi lain, kamu perlu mengetahui apa yang menjadi impian kamu secara finansial selama ini sehingga kamu tetap berada dalam lingkaran rencana kamu.

Satu hal yang perlu kamu ingat bahwa masalah finansial merupakan urusan yang sangat vial dalam setiap aspek kehidupan. Jadi, pintar-pintarlah merencanakan dan mengelola keuangan kamu.

Pertanyaannya, kapan kamu akan melakukan financial medical check-up?

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami