7 Tindakan Yang Orang Kristen Bisa Lakukan Untuk Membantu Teman Sembuh Dari Sakit Mental!
Sumber: Republika.co.id

Health / 6 May 2019

Kalangan Sendiri

7 Tindakan Yang Orang Kristen Bisa Lakukan Untuk Membantu Teman Sembuh Dari Sakit Mental!

Naomii Simbolon Official Writer
2802

Kesehatan mental adalah kata-kata yang sering sekali kita dengar namun nggak pernah kita berikan perhatian yang lebih.

Mungkin karena hal tersebut nggak begitu penting bagi kita. Padahal kesehatan mental mengingatkan kita dengan orang-orang yang sudah kehilangan daya pikirnya atau biasa disebut dengan orang gila.

Hal inilah yang seharusnya kita ubah sedikit mengenai pengertian kita terhadap kesehatan mental dan psikologi.

Sebenarnya apa sih kesehatan mental itu?  Kesehatan mental adalah suatu kondisi di mana tiap individu menyadari potensi dirinya sendiri, bahwa dia bisa menghadapi tekanan yang normal dalam kehidupan, mampu bekerja secara produktif dan baik dan dapat memberikan kontribusi positif dalam komunitasnya.

Bisa di katakan bahwa sehat secara mental berarti kita berada dalam situasi kondisi dimana batin kita berada dalam keadaan yang tenang dan tentram, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari kita dan menghargai orang di sekitar kita.

Orang yang memiliki gangguan mental, berarti mereka nggak sepenuhnya memiliki situasi atau kondisi diatas. Melainkan mereka akan cenderung mengganggu orang lain di sekitar kita, bahkan bisa berakibat fatal.

Tetapi meski demikian, nggak semua orang yang kesehatan mentalnya terganggu menjadi gila ya. Gangguan mental ini ada banyak, misalnya stres, depresi, gangguan kecemasan, gangguan panik, dan lain sebagainya.

Apakah kamu sedang alami salah satu gangguan mental di atas? Atau mungkin saudara kamu dan teman komunitas atau gereja kamu?

ARTIKEL TERKAIT  :

Jangan Izinkan Depresi Membuatmu Sakit Terlalu Lama. Sembuhlah Dengan Cara Ini!

Nah, inilah yang bisa kamu lakukan untuk membantu mereka bisa sembuh.

1. Kamu harus menyadari bahwa penyakit ini nyata dan membutuhkan bantuan dokter

2. Tawarkanlah dukungan berupa saran untuk keluarganya dan mereka yang akan menjalani operasi atau pengobatan.

3. Jangan membuatnya mengisolasi diri terus menerus. Bila penting, kelilingilah dia dengan cinta dan kasih, serta perlakukan dia dengan baik!

4. Paling penting, jika ingin dia sembuh, teruslah berjalan bersamanya. Tidak peduli apakah dia akan seperti itu seumur hidup, tetapi tetaplah layani dia sampai dia sembuh. Beritahukan bahwa Allah begitu mengasihinya, dan lakukanlah apa yang terbaik yang bisa kamu lakukan. Seperti mendoakan, membacakan firman dan melayani lewat tindakan lainnya.

5. Ajarlah mereka cara-cara yang praktis untuk menawan pikiran mereka.

Misalnya, membuat sesuatu yang lucu, atau mengajaknya bermain game, atau bernyanyi dan lain sebagainya.

6. Mintalah seorang dokter atau profesional kesehatan mental untuk mendidik dan merawatnya. Bila penting, kamu bisa membantu keluarganya dalam membayar biaya pengobatannya. Jika kamu sanggup. Jika tidak, berdoalah, sekiranya ada teman yang mau membantunya tanpa pamrih!

7. Doronglah mereka atau keluarga mereka untuk mencari penasihat, sehingga kalau mereka butuh bantuan, dengan cepat mereka bisa dibantu. Misalnya gereja, konselor dan komunitas.

Nah, itulah 7 hal yang bisa kamu lakukan, jika kamu memiliki teman yang mungkin sakit mental, mungkin depresi atau stress dan lebih parah lagi. Cobalah tetap berteman dengan mereka, mendengarnya dan mendoakan serta melakukan yang bisa kamu lakukan. Sekiranya kasih dan hikmat dari Tuhan menyertai kamu ya!

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami