Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
712


Menurut saya, single adalah kesempatan terbaik untuk kita lebih dekat dan menghabiskan waktu untuk mengenal Tuhan.

Bukan berarti ketika kamu memiliki pacar atau menikah, maka kamu sulit mengenal Tuhan ya, tidak!

Tapi, yang aku maksud adalah dengan menjadi single, kita lebih memiliki waktu yang cukup leluasa untuk mengeksplor diri kita termasuk dalam pengenalan akan Tuhan.

Kita bisa bergabung dengan komunitas, ikut retreat, pelayanan kemana saja, ikut persekutuan doa dan semua kegiatan yang tujuannya membuat kita lebih bertumbuh di dalam Tuhan.

Sementara jika kita sudah menikah, maka segala bentuk kegiatan dan pelayanan, mungkin tidak akan sebebas seperti sekarang.

Saya bergabung dalam sebuah Jaringan Pemuda Kota Bekasi, dan diantaranya ada beberapa orangtua yang memiliki hati untuk berdoa.

Dibanding saya dan teman-teman single lainnya, mereka sangat jarang untuk ikut.  Kadang mereka harus mengurusi anaknya yang sakit, melayani suaminya yang baru pulang dari luar kota, dan urusan keluarga lainnya. Kerinduan mereka bergabung doa menara bersama kita, harus terbengkalai karena urusan rumah tangga yang juga urusan utama.

Jadi, jangan pernah merasa bahwa masa single adalah masa yang menyedihkan ya!

Bersyukurlah saat ini dan perbanyak dirimu untuk semakin mengenal Allah, salah satunya dengan memiliki hubungan yang intim denganNya.

Karena, sering sekali di masa single, kita begitu mengabaikan hubungan doa dengan Tuhan. Kita mengutamakan bersenang-senang dibanding berdoa dan membangun hubungan dekat denganNya.

Berdoalah dan jadilah wanita Allah yang luar biasa.

1. Kamu harus memiliki hati yang murni di hadirat Tuhan

Iya, saya tahu kok kalau kamu punya masalah. Tapi kamu juga harus tahu bahwa kamu juga punya salah. Banyak sekali anak muda yang datang ke hadirat Tuha cuma mau mengadu, atau menyalahkan Tuhan terhadap masalahnya, tanpa menyadari bahwa dia pun bersalah.

Jadi, sadarilah kalau kamu pun bersalah. Minta maaflah kepada Tuhan atas kesalahan yang kamu buat yang menyakiti hatinya.

Renungilah dan jaga hatimu, dan ingatlah bahwa kita semua melakukan kesalahan, jadi nggak ada yang sempurna.

Meskipun kamu merasa sulit untuk akui kesalahan kamu, tetaplah untuk menemukan cara supaya kamu jauh lebih baik. Bersikaplah dengan tulus dan ketahuilah bahwa Tuhan sudah mengampuni kamu.

Daud tahu, bahwa ketika dia bicara kepada Tuhan dengan niat yang jahat dalam hatinya, maka Tuhan tidak akan mau mendengarnya (Mazmur 66:18). Demikianlah kita harus datang kepadaNya dalam doa dengan hati nurani yang bersih (Yakobus 5:16). Karena kita nggak akan pernah bisa menyembunyikan apa pun karena Tuhan sudah mengetahuinya.

2. Berdoalah supaya semuanya berjalan dalam kehendak dan Firman Allah

Mintalah petunjuk dan mintalah bimbingan daripada Tuhan.

Tuhann itu bukan jin atau pemberi harapan palsu. Tapi Dia ada bersama dengan kamu untuk membimbing kamu ke jalan yang harus kamu ikuti.

Jadi, mintalah Dia untuk memimpin akmu dan menunjukkan kepada kamu keputusan yang tepat dan cara untuk memperbaiki diri kamu sebagai pribadi, atau single yang akhirnya menjadi berkat buat bangsa-bangsa.

Dalam Doa Bapa Kami, Yesus mengatakan kepada mereka untuk berdoa agar kehendak Bapa yang terjadi di bumi seperti di Sorga (Mat 6:10)

Jadi, berdoalah agar kehendakNya yang terjadi dalam hidupmu, baik dalam masalahmu, dan mengenai pasangan hidupmu. Semangat ya!

3. Berdoalah dalam hati yang penuh ucapan syukur

Berterimakasihlah atas semua berkat Tuhan dan kasih karuniaNya.

Berterimakasihlah untuk hal-hal yang bikin kamu bahagia, yang bikin hidup kamu jauh lebih baik, dan yang bikin dunia kamu jauh lebih baik.

Pahamilah bahwa melalui ini semua Tuhan sedang menunjukkan kasihNya kepadamu, dan hargailah itu.

Jika kita memuji dan mengucap syukur kepada Tuhan, itu berarti sedang memberiNya apa yang menjadi hakNya.

Nggak heran jika pemazmur menulis, "Biarlah mereka menyanyikan syukur bagi namaMu yang besar dan dahsyat, kuduslah Ia!" (Mazmur 99:3)

Nah itulah 3 hal yang bisa kamu ingat dalam hal berdoa di masa single mu ini. Ingatlah, waktu Tuhan bukan waktumu. Tetaplah terkoneksi dengan Dia di masa single ini. Bertumbuhlah, daripada mengasihani diri sendiri.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dimas Diang 16 September 2019 - 13:44:33

Bagian excelnyang berisi alamat suatu sel

0 Answer

Armin Maulana 15 September 2019 - 18:57:54

Sebuah kapasitor keping sejajar diudara mempunyai .. more..

0 Answer

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7271

Banner Mitra September week 3