Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
352


Umat beragama Amerika Serikat (AS) mulai bertanya-tanya soal langkah strategis apa yang dilakukan pemerintah untuk menjamin keamanan rumah ibadah. Tampaknya banyak umat beragama di negara ini mulai dihantui ketakutan setelah terjadinya serangan penembakan brutal belakangan ini.

Belum lama ini, penyerangan di Sinagoge Yahudi Chabad Poway di San Diego telah mengudang simpati dan duka mendalam. Mengingat serangan serupa juga terjadi tahun 2018 lalu, umat Kristen AS merasa kalau gereja bukan lagi tempat yang aman untuk beribadah.

Dari sebuah penelitian yang bekerja sama dengan National Science Foundation, ditemukan bahwa serangan terhadap sinagoge Yahudi dan masjid jauh lebih tinggi dibanding dengan serangan terhadap gereja.

Hasil survei yang dilakukan kepada 1300 rumah ibadah dan wawancara mendalam terhadap lebih dari 50 pemimpin agama ini menemukan bahwa sinagoge dan masjid mengalami serangan kriminal tiga kali lebih tinggi daripada gereja.

Akibat serangan itu, banyak dari penganut agama tersebut mulai was-was saat hendak beribadah.

Pengamanan yang tidak ketat jadi masalah

Sayangnya, rumah ibadah yang tak punya pengamanan atau penjagaan ketatlah yang kerap jadi target serangan, termasuk sinagoge Chabad Poway yang mengaku tak punya petugas keamanan karena tak mampu membayarnya.

Terkait hal inilah, Presiden AS Donald Trump menyarankan semua rumah ibadah memiliki penjaga yang dilengkapi oleh senjata api.

Dari 1300 rumah ibadah yang diwawancarai, ditemukan kalau sebagian besar tempat ibadah tak punya penjaga keamanan. Salah satu alasannya adalah karena tak punya cukup dana untuk menggaji petugas keamanan.

Sebaliknya di sisi lain, rumah ibadah yang punya lebih banyak pendapatan cenderung memiliki pengamanan yang lebih besar.

Baca Juga :

Sinagoge Yahudi California Diserang, Anak Usia 8 Tahun Jadi Korban

Pernah Lalui Proses Sulit, Pendeta Ini Yakinkan Kalau Tekanan Mendatangkan Pertumbuhan

Rencana pengamanan pemeritah AS

Bagaimana pun banyak pihak yang mendesak pemerintah AS untuk menemukan cara mengatasi serangan kriminalitas di rumah ibadah.

Beberapa langkah yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan menjaga ketat pintu masuk rumah ibadah. Seperti menempatkan petugas keamanan tepat di depan pintu masuk gedungnya.

Selain itu, pengamanan juga disarankan dilakukan dengan melengkapi gedung ibadah dengan sistem pengaman canggih, seperti CCTV atau kunci pengaman. Dan sangat diharapkan adanya kerja sama dari pihak kepolisian setempat.

Sumber : Christiantoday.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

isooy channel 19 October 2019 - 15:40:46

apa perbedaan join di ownerkedasbeauty sama di pro.. more..

0 Answer

Brigitta 19 October 2019 - 15:02:43

Apakah umat Kristen ada mandi wajib

0 Answer

Brigitta 19 October 2019 - 15:02:42

Apakah umat Kristen ada mandi wajib

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7269

Banner Mitra Oktober Week 3