2 Kunci Yang Ampuh Membuka Pintu Hubungan Yang Sehat Dalam Pernikahan!

Marriage / 30 April 2019

Kalangan Sendiri

2 Kunci Yang Ampuh Membuka Pintu Hubungan Yang Sehat Dalam Pernikahan!

Naomii Simbolon Official Writer
2044

Dalam kehidupan ini, semua orang tentu memiliki hubungan. Kalau kamu adalah perempuan atau laki-laki maka hubungan kamu yang pertama sejak lahir adalah dengan orangtua atau saudara kandung kamu. Sementara jika kamu sudah menikah, maka hubungan utama kamu adalah sebagai suami atau istri.

Dalam membangun hubungan, tujuan setiap orang adalah hubungan yang sehat.

Tetapi hal ini hanya bisa terwujud jika kamu berusaha mewujudkannya. Dan untuk membangun itu, kamu pun perlu mengenal mereka dengan baik.

Maka inilah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuka kunci menuju hubungan yang sehat.

1. Mengenali bahasa cinta satu sama lain

Hal yang terindah tentang cinta bisa sangat beragam. Kita mencintai orang yang tercipta dengan unik. Dan sebagai individu, kita harus tahu caranya untuk memperkuat hubungan kita. Salah satunya adalah dengan cara mengetahui kesukaan orang tersebut. Apakah mereka suka diberi bunga, hadiah, atau suka dipeluk, diperhatikan dan lain sebagainya.

Komunikasikanlah hal ini kepada istri atau suami kamu.

Ada loh, istri yang tidak suka dibelikan bunga, justru mereka hanya ingin di peluk dan quality time bersama

Jadi, ngobrollah dengan pasangan kamu, dan tanyakan apa yang dia suka. Pahami pelan-pelan perasaan dia dan kesukaan dia.

Memahami bahasa cinta orang lain akan membantu kamu. Misalnya, jika kamu berada dalam situasi yang sulit dengan pasangan kamu, maka kamu bisa melakukan sesuatu yang membuat mereka merasa dicintai lagi dan dihormati. Dan, jika pasangan kamu suka hadiah, maka mungkin kamu bisa membelinya hadiah untuk memperkuat hubungan kalian.

Jika kamu tidak ingin memberi secara langsung karena dia marah, kamu bisa mengkaitkan anakmu untuk melakukannya.

Pelan-pelan datangilah dia dan minta maaf.

Jika kamu punya suami yang suka dengan pelayanan, nah kamu bisa memasak makanan favoritnya. Jadi, salah satu obat untuk hubungan yang rusak adalah mencintai seseorang seperti yang Yesus lakukan (Baca : 1 Korintus 13), mengenali mereka dengan bahasa kasih mereka.

ARTIKEL TERKAIT :

Ketika Pernikahan Penuh Dengan Emosi Dan Frustasi. Inilah Yang Tuhan Mau Bicara Kepadamu!

2. Temukan sistem pendukung yang sehat dalam hidup kamu

Kunci selanjutnya untuk memperkuat hubungan kamu adalah menemukan sistem pendukung yang sehat. Seperti mentor, teman sebaya dan orang-orang disekitar kamu.

Mentor adalah orang yang kita beri izin untuk berbicara kebenaran dalam hidup kamu, dan mereka akan memberitahu kita dimanakah kita gagal dalam memahami apa yang Allah Firmankan mengenai situasi kita.

Hal penting mengenai mentor adalah kita bisa melihat kehidupan merka sebagai contoh untuk kita ikuti juga.

Sementara teman dan orang-orang disekitar kamu adalah orang-orang yang bisa berbagi hidup bersama, berdampingan.

"Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak." (Amsal 15:22)

Salah satu hal mengenai mereka yang mendukung kita adalah mereka harus membantu menegur kita dan memeriksa keseimbangan kebenaran Allah dalam hidup kita.

Kita membutuhkan dorongan, kita membutuhkan sahabat dan mentor untuk berbicara mengenai kebenaran Firman Allah kepada kita. Dorongan inilah yang kita butuhkan untuk terus maju di dalam iman.

Sebagai manusia kita dirancang untuk membangun hubungan, seperti hubungan pernikahan salah satunya. Tetapi jangan lupa bahwa hubungan yang utama dan kita fokuskan adalah hubungan dengan Yesus dulu, baru setelah itu hubungan dengan orang lain.

Jadi, lakukanlah 2 kunci di atas jika kamu ingin memiliki hubungan yang sehat dalam pernikahanmu.

 

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami