Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
258


Seorang perempuan membeberkan pengalamannya sebagai korban pelecehan seksual kereta api (KA) saat perjalanan dari Jakarta ke Surabaya pada Senin, 22 April 2019 awal pekan ini.

Perempuan muda ini mengakui bahwa pelaku (pria) yang duduk disebelahnya melakukan tindakan amoral terhadapnya. Merasa dirugikan, dia akhirnya melaporkan perbuatan pelaku kepada petugas KA dan kasusnya segera diproses oleh pihak KAI.

Sebagai pengguna transportasi umum, kita tentu mulai merasa risih dengan kasus semacam ini. Nah, untuk mencegah hal ini para pengguna transportasi umum perlu melakukan 5 tips ini:

1. Tetap waspada saat menaiki transportasi

Belum lama ini aku juga punya pengalaman menaiki bus menuju kota asal. Saking padatnya penumpang, aku bahkan gak kedapatan kursi. Akhirnya, aku terpaksa harus berdiri di tengah bersama penumpang lain yang notabene kebanyakan pria.

Awalnya, aku memang benar-benar waspada dengan orang-orang di sekitarku. Sebagai perempuan muda, akupun berusaha menjaga supaya penumpang laki-laki menjaga jarak dariku. Untungnya, para penumpang pria ini terbilang sopan dan menghargai penumpang perempuan yang berdiri.

Jadi, tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah tetap waspada dan kalau bisa ambil posisi yang lebih nyaman diantara sesama kaum.

2. Jangan mudah percaya dengan penumpang yang baru dikenal

Pihak Kereta Api Indonesia (KAI) menyarankan supaya penumpang transportasi umum jangan mudah percaya dengan orang yang tidak dikenal, terutama penumpang berbeda jenis kelamin. Tetap jaga jarak dan waspada dengan setiap gerak geriknya.

Baca Juga :

Viral! Istri Ex-Pengacara Jessica Wongso Alami Pelecehan Seksual Oleh Perawat Usai Operasi

50 Tahun Tutupi Kasus Pelecehan Seksualnya, Wanita Ini Ungkap Pelaku Lewat Sepucuk Surat

3. Menghindar dan berani melawan

Kalau ternyata kamu berhadapan dengan penumpang yang mulai menunjukkan gelagat yang tak sopan, segeralah menghindar sejauh mungkin. Kalau ternyata dia terus mengikuti, beranilah melawan dan berteriak sebisa mungkin supaya orang lain menyadari apa yang sedang kamu alami.

4. Beritahukan keluarga atau kerabat dekat tentang posisimu

Menginformasikan posisimu kepada orang terdekat sangat membantu untuk mengetahui keadaanmu. Apalagi jika kamu bepergian dengan kendaraan umum.

Jadi, selalu utamakan komunikasi yang baik dengan orang-orang terdekat supaya ketika terjadi apa-apa, mereka juga bisa membantumu.

5. Segera laporkan kepada pihak yang berwajib

Meskipun yang kamu naik adalah transportasi umum, sudah jadi tanggung jawab penyedia transportasi untuk memastikan semua penumpangnya merasakan kenyamanan dan perlindungan.

Seperti kasus yang dialami perempuan muda di atas, setelah kejadian dia mengaku segera melaporkan peristiwa yang dia alami kepada pihak KAI. Dan langkah ini akan sangat penting supaya semua pelaku pelecehan seksual segera diproses dan dijatuhi sanksi sesuai dengan perbuatannya.

Yang gak kalah penting untuk kamu perhatikan adalah penampilanmu setiap kali bepergian. Bagi para perempuan, sangat dianjurkan untuk berpakaian yang rapi, sopan dan tertutup. Karena berpakaian terbuka saat menaiki transportasi umum hanya akan mengundang kejahatan bagi pelaku pelecehan seksual. Kemudian, jangan lupa berdoa setiap kali kamu bepergian. Mintalah penjagaan dan perlindungan dari Tuhan selama perjalanan.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nur Ramadhani 18 September 2019 - 19:28:33

Tuliskan apa saja yg ada didalam diri anda?

0 Answer

Wang barry 18 September 2019 - 18:09:25

Bagaimana ketika kita menyerahkan persoalan kepada.. more..

0 Answer

Dimas Diang 16 September 2019 - 13:44:33

Bagian excelnyang berisi alamat suatu sel

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7275

advertise with us