Baru Pertama Kali Beli Rumah? Ikuti 7 Tips Cerdas Ini Supaya Prosesnya Lebih Mudah
Sumber: Thailand-Property

Finance / 25 April 2019

Kalangan Sendiri

Baru Pertama Kali Beli Rumah? Ikuti 7 Tips Cerdas Ini Supaya Prosesnya Lebih Mudah

Lori Official Writer
1499

Membeli rumah untuk pertama kalinya pasti terasa ribet. Selain karena harus ngurus beragam surat-surat, pembeli pemula juga perlu tahu persis kisaran harga rumah yang harus dibeli.

Untuk mempermudah mendapatkan rumah idamanmu, ikutilah 7 tips cerdas ini:

Tips 1 : Searching di internet

Dengan adanya internet, kamu bisa searching atau mencari beragam tipe rumah, lokasi dan harga yang sesuai keinginan.

Hampir semua orang melakukan hal ini sebelum membeli rumah. Kenapa? Karena akan sangat memudahkan untuk menentukan rumah yang akan dibeli dan punya waktu untuk memutuskan apakah akan membelinya atau tidak.

Tips 2: Cari tahu informasi soal rumah di media sosial

Berkat media sosial, pembeli rumah bisa mendapat beragam informasi soal rumah.

Mungkin saja ada teman dekat atau kerabat yang sedang menawarkan perumahan yang sangat direkomendasikan. Dengan begitu kamu gak perlu capek mencari rumah lain yang belum pasti.

Tips 3: Jangan pikir panjang meskipun uang mukanya terbilang besar

Penting bagi pembeli pemula untuk tahu kalau persyaratan pertama yang harus dipenuhi adalah pembayaran uang muka yang bisa mencapai 20% dari harga keseluruhan rumah.

Itu bukanlah persyaratan yang ketat dalam kasus pembelian rumah. Kalau kamu merasa tak ingin dicurangi, mulailah untuk menjalin hubungan baik dengan bankir profesional supaya kamu bisa mendapatkan pinjaman keuangan baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Daripada terus ngontrak rumah, pikirkanlah untuk membayar 20 persen pertama itu. Karena dengan membayarkan uang muka, itu artinya kamu sudah jadi pemilik sah rumah tersebut.

Baca Juga :

Tetap Punya Uang Saat Renovasi Rumah, Bisa Kog Kamu Lakuin Pakai 4 Cara Ini

5 Alasan Harus Pisah Rumah Dengan Orangtua Setelah Menikah

Tips 4: Jalani proses pembelian dari awal

Inilah pentingnya untuk bermitra dengan pemberi pinjaman sejak jauh-jauh hari sebelum membeli rumah. Kenapa? Karena mereka bisa membantumu mengarahkan rumah mana yang harus dibeli sesuai dengan kondisi keuanganmu.

Tips 5: Pilih bank pemberi pinjaman lokal

Bermitra dengan bank lokal membantumu mempermudah proses antrian pembelian rumah. Selain kamu tak perlu diribetkan dengan berbagai dokumen-dokumen, memilih bank yang tepat juga akan membantumu memiliki rumah dalam waktu yang lebih cepat.

Tips 6: Hindari pembelian dalam jumlah besar saat masih mengajukan permohonan

Setelah mengajukan pinjaman hipotek, penting untuk tidak membuka akun kredit lain atau melakukan belanja dalam jumlah yang besar lewat kartu kredit. Karena hal ini bisa mempengaruhi keputusan pemberi pinjaman. Jadi, tundalah keinginanmu untuk membeli barang-barang mahal lewat kredit sampai persetujuan dari bank keluar.

Tips 7: Bijaklah mengelola hutang kartu kreditmu

Bayarlah utang kartu kreditmu secara konsisten dan hindari membuka kartu kredit dengan limit yang lebih tinggi. Pastikan riwayat penggunaan kartu kreditmu benar-benar bersih dari tunggakan-tunggakan.

Apa kamu sudah lama bermimpi mau punya rumah sendiri? Cobalah persiapkan dokumen yang dibutuhkan dan tentunya persiapkan danamu lebih dulu. Kalau memang tak mau ribet membuat pinjaman, siapkanlah uang mukanya lebih dulu.

Sumber : Popsugar.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami