Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
304


Banyaknya kegiatan terkadang membuat kita ingin ‘kabur’ untuk segera menikmati liburan.

Tetapi, padatnya jadwal aktivitas harian tentu membuat kita tidak leluasa untuk berlibur, apalagi bila cuti sudah habis terpakai dan simpanan uang sudah habis digunakan untuk belanja keperluan lain.

Setiap tahun pasti ada momen libur panjang sehingga kita memiliki kesempatan untuk menikmatinya.

Entah itu liburan akhir tahun, jeda pertengahan tahun, atau hari-hari mepet seperti long weekend.

Nah, untuk menikmati hari libur, traveling menjadi salah satu kegiatan favorit yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang, mungkin kamu pun begitu.

Lalu biar bisa traveling setiap tahun, apa yang akan kamu lakukan? Tentu membuat perencanaan, baik itinerary atau budgeting harus jelas sebelum bepergian. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan biar bisa traveling setiap tahun:

I. Menyusun Rencana Perjalanan (Itinerary)

Nah berangkat dari sini, cobalah membuat rencana perjalanan yang lengkap dan terarah, mulai dari waktu hingga di mana dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama traveling.

- Tentukan waktu traveling

Pertama-tama, cek kalendermu. Dari tanggal berapa hingga tanggal berapa kamu bisa berlibur? Berapa hari yang kamu punya untuk berlibur? Tetapkan tanggal yang tepat dan berapa lama waktu yang kamu miliki untuk berlibur.

Dengan mengetahui jumlah hari libur yang dimiliki, kamu kemudian bisa menentukan berapa hari kamu akan traveling dan menentukan tujuan traveling, entah destinasi wisata yang jauh atau yang dekat-dekat saja.

Kemudian kamu juga bisa menentukan waktu keberangkatan dari jauh-jauh hari sebelum hari H, sehingga kamu bisa membuat perencanaan untuk keperluan lain.

Kamu juga harus bisa menentukan kapan harus pulang, sehingga tiket moda transportasi bisa dipersiapkan lebih awal. Bila perlu, siapkan tiket untuk keberangkatan dan pulang.

- Tentukan destinasi traveling

Bila sudah mengetahui berapa hari libur yang kamu miliki, maka kamu kemudian harus menentukan destinasi traveling.

Bila memiliki hari libur sekitar seminggu lebih, kamu bisa traveling antar-pulau atau bahkan ke luar negeri sehingga waktu yang kamu miliki lebih cukup dan traveling bisa kamu nikmati dengan lebih memuaskan.

Atau sebaliknya, bila liburan cuma sebentar, sekitar tiga hari, kamu tetap bisa traveling meski di destinasi yang dekat-dekat saja, asal liburan bisa dinikmati lebih memuaskan.

- Rangkum intinerarymu

Berapa lama waktu yang kamu miliki untuk berlibur? Berapa biaya yang dibutuhkan? Bila kamu berencana untuk traveling ke suatu destinasi yang belum pernah dikunjungi, cari tahu informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu.

Buatlah daftar destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi beserta timeline-nya, dan cari tahu berapa biaya untuk masing-masing kegiatan di sana.

Di setiap destinasi, kegiatan apa saja yang akan kamu  lakukan dan bagaimana rincian biayanya. Belum lagi biaya menginap transportasi, jajanan di jalan, oleh-oleh dan sebagainya.

Bila ingin, mengikuti open trip atau tour justru lebih baik lagi karena biasanya sudah diurus oleh pihak manajemen/panitia.

 

II. Mempersiapkan Dana (Budgeting)

 

Setelah kamu menyusun rencana perjalanan (itinerary) dengan baik, selanjutnya yang kamu perlukan adalah mempersiapkan dana untuk merealisasi itinerary tersebut, termasuk mempersiapkan dana darurat bila terjadi sesuatu di luar dugaan sehingga membutuhkan dana untuk menyelesaikannya.

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu terapkan agar bisa traveling setiap tahunnya.

1. Hemat

Rencanamu mungkin sudah sangat matang, dan nominal biaya untuk perjalanan Anda sudah ditentukan. Sekarang, bagaimana caranya agar nominal tersebut bisa terpenuhi?

Berhemat merupakan salah satu alternatif yang bisa Anda terapkan untuk mencapai target tersebut.

Biar bisa berhemat, cobalah membedakan budget untuk keperluan sehari-hari dengan budget lain khusus untuk keperluan yang tidak terlalu mendesak. Setelah itu, baca juga tips berhemat ini.

2. Menabung

Agar bisa mencapai target dana dengan cepat, mulailah menabung dengan uang yang sudah dihemat tadi.

Jika bisa, buat rekening khusus dan kumpulkan sisa uang yang sebelumnya sudah dihemat atau dari sekian persen gaji kamu  per bulan ke dalam rekening tadi.

Misalnya, 20% dari gaji kamu disisihkan untuk ditabung. Contoh, gaji kamu setiap bulan adalah Rp 6 juta, jadi: 20% x Rp 6 juta = Rp 1,2juta

Jadi sebanyak Rp 1,2 juta yang bisa kamu kumpulkan setiap bulannya.

Bila budget yang kamu butuhkan saat traveling nanti adalah sebesar Rp 5 juta, maka: 5/1,2 = 4,16 bulan, kurang lebih selama 4 bulan kamu sudah bisa mencapai target dana untuk traveling saat liburan nanti.

Nah, itulah yang bisa kamu lakukan supaya setiap tahun bisa liburan. Yuk, praktekkan dimulai dari gaji kamu bulan depan ya!

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer

Satra Zebua 12 September 2019 - 21:02:16

Apa artinya saya hidup

0 Answer

Miracle 12 September 2019 - 12:21:26

Pohon hawar

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 2


7269

advertise with us