Kebakaran Gereja Notre Dame Bikin Orang Kristen Kehilangan, Rupanya Ini Alasannya…
Sumber: Tempo.co

Internasional / 18 April 2019

Kalangan Sendiri

Kebakaran Gereja Notre Dame Bikin Orang Kristen Kehilangan, Rupanya Ini Alasannya…

Lori Official Writer
3320

Kebakaran Gereja bersejarah Paris Notre Dame pada Senin (15/4) sore waktu setempat lalu telah mencuri perhatian masyarakat dunia, khususnya orang Kristen.

Bagaimana tidak, gereja berusia ratusan tahun ini dianggap penting bagi kekristenan karena perjalanan sejarahnya yang begitu panjang.

Sebagai jantung gereja Paris, Notre Dame jadi salah satu karya peninggalan seni tertua di negara itu. Sederet karya seni yang dipajang di sana jadi keunikan utama yang tetap dipertahankan.

Itu sebabnya, saat mendengar Notre Dame terbakar banyak orang Kristen yang tahu betul tentang gereja ini mengaku begitu sedih. Terlebih disayangkan jika semua benda-benda bersejarah di dalamnya ikut dilahap api.

Pendeta Dennis O’Neill dari Gereja Katolik All Saints Shrine St Martha di Morton Grove mengaku jika semua orang pasti mencemaskan nasib benda-benda bersejarah atau yang disebut dengan relik di dalam gereja.

“Pertama, saya berharap semua orang aman. Lalu bertanya, ‘Apakah ada yang menyelamatkan relik itu?” ucapnya.

Kenapa relik itu begitu penting? Bagi orang Kristen, benda-benda bersejarah dianggap punya makna yang lebih suci.

Dalam artikel postingan media Chicagotribune.com,disebutkan bahwa relik adalah bagian-bagian tubuh atau benda-bedna milik orang suci, seperti Bunda Maria dan Yesus. Benda-benda ini sudah disimpan selama berabad-abad.

Kebakaran Notre Dame membuat orang merasa kehilangan bagaimana kalau ternyata benda-benda penting itu gak bisa diselamatkan.

“Seluruh gagasan tentang kenapa gereja-gereja Kristen memuja peninggalan adalah kepercayaan kalau kesucian orang-orang suci akan tetap ada setelah kematiannya,” kata Karon Krause, seorang asisten profesor teologi Bizantium dan budaya visual di Universitas Chicago Divinity School.

Baca Juga :

Sedih! Si Jago Merah Melahap Gereja Berusia 856 Tahun Di Paris

Presiden Mesir Resmikan Gereja Katedral Terbesar Di Timur Tengah

Saat orang-orang suci meninggal dan roh mereka terangkat ke surga, banyak orang Kristen percaya kesucian orang itu akan tetap berada di bumi dan berdiam atas relik mereka.

Sementara relik yang biasanya disimpan oleh gereja terdiri dari dua bagian yaitu relik kelas satu dan kelas dua. Yang termasuk relik kelas satu adalah jasad jasmani orang-orang suci, seperti tulang, darah dan rambut. Sedangkan relik kelas dua berupa barang-barang pribadi orang-orang suci seperti pakaian, furniture, buku-buku atau tulisan tangannya.

Itu sebabnya, Komunitas Katolik Perancis bernapas lega setelah mendengar kabar bahwa relik-relik itu berada dalam kondisi aman. Mereka hanya kehilangan beberapa bagian yang terletak di puncak gereja yang dilahap api.

Karena perannya yang begitu besar terhadap kekristenan di Prancis, Presiden Emmanuel Macron sendiri berjanji akan membangun kembali gereja tersebut.

Tapi dia mengingatkan kalau pembangunan ini pasti akan memakan waktu puluhan tahun untuk mengembalikan kemegahannya seperti sedia kala.

“Secara pribadi, saya akan mengandalkan beberapa dekade daripada beberapa tahun dalam hal pengerjaannya. Diagnosis awal akan sangat penting karena hal itu akan menentukan apa yang telah hancur, dan apa yang bisa dilestarikan. Langkah selanjutnya adalah membuat pilihan restorasi bahkan sebelum pekerjaan rekonstruksi dimulai,” ucap Emmanuel Macron.

Sumber : Chicagotribune.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami