Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
370


“Besok nyoblos, sudah tau mau milih siapa belum?”

Seseorang mungkin menanyakan pertanyaan ini sama kamu, terutama jika kamu lebih muda dari dia, hal itu karena banyak orang memandang anak muda tidak begitu peduli pada politik atau bahkan nasib bangsa ini ke depan. Tapi apa benar demikian?

Ternyata tidak loh. Berdasarkan survey dari Bilangan Research Center yang dirilis pada 2018 lalu dalam buku “Dinamika Spiritualitas Generasi Muda Kristen Indonesia” ternyata anak-anak muda, khususnya anak muda Kristen berdasarkan survey ini 62,9% mengaku memiliki disiplin tinggi  dan dapat diandalkan. Bahkan 53,8% mengaku bahwa dirinya kritis dan tidak menerima pendapat orang lain begitu saja.

Bahkan mereka tidak takut untuk berbeda pendapat dengan orangtua atau masyarakat. Hal ini tentu memberikan harapan yang besar pada Pemilu 2019 kali bahwa anak-anak muda bisa berdampak positif untuk perubahan di Indonesia.

Politik adalah salah satu kekuatan terbesar di dunia yang akan mempengaruhi kehidupan masyarakat. Untuk itu kita harus aktif dalam kehidupan politik, terutama anak-anak muda, salah satunya adalah dengan menggunakan hal pilih kita.

Jadi jangan golput ya!

Nah, di bawah ini ada 4 alasan mengapa kamu harus sadar politik dan terlibat dalam kehidupan politik dalam hidup bermasyarakat:

1# Politik mempengaruhi kehidupanmu dan orang-orang disekitarmu.

Berbanding terbalik dengan kepercayaan pada umumnya, politik tidak selalu berhubungan dengan para politikus di Gedung DPR/MPR. Definisi politik adalah aktivitas yang berhubungan dengan pemerintahan suatu bangsa atau daerah, terutama debat atau konflik antara individu atau kelompok yang memiliki atau berharap memiliki kekuasaan. Jadi jika mengacu pada devinisi tersebut, maka hal itu mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari.

Jika kita berkata bahwa, “politik tidak berhubungan dengan kehidupan kita,” maka ini adalah tanda pola pikir yang tertutup dan merusak. Apa yang terjadi dalam pilkada DKI Jakarta yang lalu adalah contoh nyatanya. Hanya karena pemilihan gubernur, konflik muncul dalam masyarakat bahkan menggunakan isu SARA yang sangat merusak dan memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa.

2# Debat politik akan membantumu menentukan arah nilai-nilai kehidupan dan kepercayaanmu.

Memahami politik, terutama dalam topik-topik yang menimbulkan pro dan kontra yang banyak muncul dalam Pemilu 2019 ini akan memperlihatkan sebenarnya standar nilai-nilai moral dan kepercayaan pribadimu.  Hal itu akan menjadi kompas ideologimu.

Sebagai contoh, politik yang menggunakan isu agama, atau yang melakukan black campaign dan menyerang lawan politiknya dengan berbagai hoax atau berita bohong; dengan bersikap kritis dengan topik dan permasalahan yang muncul akan membuatmu semakin jelas dalam membuat garis batas dalam nilai-nilai kehidupanmu dan sudut pandang dalam suatu permasalahan.

3# Membuatmu satu langkah lebih dekat menjadi pribadi dengan pikiran yang terbuka.

Banyak yang percaya bahwa ketidakpedulian itu indah, contohnya dengan mengunfollow teman di sosial media yang berdebat politik, tidak mengikuti berita, dan pilih golput. Sepertinya itu tidak berbahaya, tapi tahukah kamu kalau sikap tidak perduli seperti itu melukai bangsa Indonesia.

Setiap hari banyak masalah dan ketidakadilan terjadi, namun solusi tidak juga muncul karena orang-orang yang berada dalam kursi kekuasaan bukan orang-orang yang tepat yang bisa membawa perubahan.

Saat kamu tidak perduli dan memutuskan untuk tidak memilih, maka kamu menyerahkan pilihanmu kepada orang-orang yang pergi ke TPS dan membuat pilihan untuk bangsa ini.

Jadi dengan perduli pada politik, dan menggunakan hak pilih kamu dengan pergi ke TPS kamu sudah selangkah menjauh dari ketidakpedulian. Kamu sudah selangkah lebih dekat membawa perubahan untuk Indonesia. Kamu sudah menolong banyak orang yang mengalami masalah dan ketidakadilan di bangsa ini secara tidak langsung.

4# Kamu mematahkan mitos bahwa anak muda tidak peduli politik.

Anggapan orang tua bahwa anak-anak muda tidak peduli politik bisa dipatahkan dengan cara kamu bangun pagi dan segera pergi ke TPS. Cara itu menunjukkan bahwa kamu cinta Indonesia, kamu peduli masa depan bangsa dan kamu ingin membuat perubahan.

Kekuatan sebuah generasi yang sama-sama bergerak bisa sangat besar. Ingat tahun 1998, hal itu terjadi karena mahasiswa-mahasiswa bergerak bersama dan membuat keputusan yang besar yang mengubah arah negeri ini. Hal ini bisa terjadi lagi, jadi pastikan kamu mengambil bagian dalam sebuah sejarah penting Indonesia.

Anak-anak muda bukan hanya harapan dan masa depan sebuah bangsa, percayalah bahwa kita juga adalah pembuat sejarah di hari ini. Cobalah teliti sejarah dalam setiap bangsa, maka kamu akan menemukan anak-anak muda yang peduli politik dan permasalahan bangsanya, lalu mereka bertindak dan membuat perubahan.

Jadi pastikan kamu besok pagi datang ke TPS, lalu tentukan pilihanmu untuk pemimpin Indonesia 5 tahun ke depan. Selamat mencoblos!

Baca juga :

Pilih Kerja di Pemerintahan dan Masuk Politik, Bisakah Orang Kristen Tetap Jadi Terang?

Stres Karena Teman Yang Beda Pilihan Politik, Yuk Hadapi Dengan 4 Cara Ini

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Anggun Nur amali 21 November 2019 - 13:56:17

Dampak jika tidak melayani pelanggan dengan baik

0 Answer

Jupry 21 November 2019 - 13:54:45

Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk berju.. more..

0 Answer

Brutal Fight 21 November 2019 - 09:37:32

Pacaran yang baik menurut alkitab

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 3


7268

Banner Mitra November Week 3