4 Mitos Soal Penyakit Diabetes Yang Harus Kamu Tahu. Tetap Berhikmat Ya!
Sumber: http://home.bt.com/images/gossiping-1363

Health / 16 April 2019

Kalangan Sendiri

4 Mitos Soal Penyakit Diabetes Yang Harus Kamu Tahu. Tetap Berhikmat Ya!

Naomii Simbolon Official Writer
2782

Gaya hidup sehat sepertinya mudah, namun tidak semua orang bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Padahal mengabaikan pola hidup yang sehat bisa mengancam kesehatan tubuh dan menghadirkan berbagai penyakit. Dewasa ini banyak penyakit yang tumbuh dan berkembang disebabkan gaya hiup yang tidak sehat.

Misalnya penyakit Diabetes Militus atau lebih umum dikenal dengan penyakit kencing manis.

Pasti pernah dengar penyakit ini dong ya, kalau belum pernah dan tidak tahu begitu banyak, maka coba baca artikel dibawah ini :

 

....... artikel lainnya …………………

 

Tetapi meskipun diabetes sangat umum, masih banyak loh kesalahpahaman tentang penyebabnya, perawatannya bahkan kesalahpahaman tentang gimana si penderita hidup dengan diabetes dan rutinitasnya sehari-hari.

Inilah mitos soal penyakit diabetes yang wajib kamu ketahui, biar nggak salah paham :

1. Penderita diabetes tidak boleh terlalu aktif

Banyak orang yang mengatakan bahwa penderita diabetes nggak boleh memiliki gaya hidup yang terlalu aktif. Mungkin akan kelelahan dan diabetes semakin parah.

Padahal sebenarnya tidak. Justru melakukan aktivitas fisik adalah cara yang terbaik agar penderita diabetes bisa meningkatkan kontrol glukosanya.

Dikutip dari Lifetothefullest, menurut American Diabetes Association (ADA), latihan aerobik dan angkat beban bisa meningkatkan kontrol glukosa dan meningkatkan tubuh kamu dalam menggunakan insulin. Nah, itu baik untuk memperkuat jantung, paru-paru dan tulang serta menurunkan tekanan darah kamu.

Penderita diabetes bisa menjadi binaragawan kok, bisa menjadi perenang, bahkan perlari maraton.

Kuncinya asal kita mau merencanakannya dan secara teratir memeriksa kadar gula darah kamu ke dokter.

2. Jika kamu menderita diabetes maka kamu akan lebih muda mengalami pilek dan flu

Siapa bilang? Sampai sekarang, tidak ada bukti yang mengatakan bahwa penderita diabetes lebih gampang terserang flu.

Namun jika kamu sedang sakit flu sekarang, maka penting bagi kamu untuk mencuci tangan, terutama selama musim flu ini, lalu istrahat yang cukup di rumah supaya kamu tidak tertular virus lain atau menularkan virus ke orang lain.

3. Penderita diabetes nggak bisa makan gula atau diet makan gula

Salah satu mitos yang sudah tertaman dipikiran banyak orang adalah bahwa penderita penyakit diabetes tidak boleh makan gula sama sekali.

Jadi harus makan permen yang bebas gula, roti yang bebas gula, dan makan lainnya serba bebas gula.

Tapi nggak gitu juga, orang yang penyakit diabetes juga berhak memiliki kebutuhan makanan yang serupa dengan yang lain.

American Diabetes Association (ADA) justru mendorong penderita diabetes untuk fokus mengatur makanan mereka, seperti makan protein tanpa lemak, sodium dalam jumlah yang sedang, sayuran hujau dan menghindari lemak jenuh.

Makan sepotong kue ulang tahun atau makan permen, nggak masalah kok bagi penderita diabetes, asalkan itu dalam porsi yang kecil dan biasakan hidup dengan makanan yang sehat.

4. Pengobatan diabetes akan mengambil alih seluruh hidup dan rutinitas kamu

Salah satu mitos diabetes yang paling berbahaya adalah bahwa kamu tidak akan bisa lagi menikmati hidup seperti dulu.

Memang sih, akan ada penyesuaian gaya hidup yang harus kamu lakukan, seperti mengatur rencana makan yang sehat, berolahraga secara teratur.

Namun penderita diabetes juga bisa kok mengejar mimpi dan mencapai tujuan mereka tanpa mengganggu kehidupan sehari-hari karena penyakit ini kok.

Asal kamu pintar mengatur waktu dan tetap mematau glukosa kamu terus menerus sehingga diabetes kamu lebih mudah dikelola daripada sebelumnya.

Jadi, jangan tertipu oleh kesalahpahaman soal penyakit diabetes ini ya. Hidup dengan diabetes nggak harus menjauhkan kamu dari kehidupan sehari-hari kok.

Juga jangan lupa berdoa, karena sia-sialah apa pun yang kamu lakukan soal mengobati penyakitmu ini tanpa ada campur tangan Kristus.

Semoga secepatnya sembuh ya!

Sumber : Jawabancom
Halaman :
1

Ikuti Kami