Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
432


Walaupun sekarang ini sudah masuk dalam masa tenang, kayaknya media sosial masih bising dengan bahasan-bahasan soal politik. Apalagi Sabtu kemarin debat terakhir baru saja terlaksana.

Lewat pemilu ini, kita diajarkan banyak hal, lho. Salah satunya adalah toleransi dan bagaimana harus menyikapi teman yang berbeda pandangan politik dan pilihannya.

Sikap netral kayaknya nggak mungkin banget kita terapin. Tapi, hal ini nggak berarti pilihan kita harus didampingi dengan sikap buruk atau permusuhan sama teman yang beda pilihan.

Nah, kebisingan ini juga secara nggak langsung bikin kita stres. Biar bisa nanggepin lebih selow, yuk simak 4 cara menghadapi teman dengan pilihan politik berbeda.

1. Baiknya kita udah stop menyebarkan isu-isu politik di medsos

Di masa tenang ini, diam nggak berarti kalah, kok. Justru dengan diam, sama halnya kita sedikit menjauhkan diri dari kebisingan orang-orang yang sedang menyebarkan isu-isu politik. Berikan diri kita jeda dengan menyaring media sosial dari politik agar nggak memicu keinginan untuk ikut beradu pendapat dengan teman yang punya pilihan berbeda.

2. Nggak ada sikap menghakimi, sebab  setiap kita berhak memilih

Kita pasti tahu kalau kehidupan akan jauh lebih harmonis kalau orang-orangnya bisa menghormati perbedaan. Kita perlu ingat kalau memaksakan kehendak diri sendiri pada orang lain juga bisa dibilang sebagai tindakan egois, lho.

Kalaupun teman atau keluarga kita punya pilihan yang berbeda, yuk coba hormati mereka dengan penuh kasih dan tidak menghakimi pilihan mereka.

3.  Dengarkan saja perbedaannya

Kadang, perbedaan itu justru seru. Mengalahkan ego dengan menahan diri buat nggak ikutan berujar kebencian atau mengomentari dengan nada negatif pada calon pemimpin yang tidak kita pilih berarti kita bisa toleran terhadap pendapat orang lain.

Lewat mendengarkan, kita jadi bisa menempatkan diri di posisi orang tersebut. Sementara semakin kita tanggapi, bisa jadi justru kita yang ikutan capek sendiri, lho.

4. Cari kegiatan lain yang lebih menyenangkan

Penulis sendiri sangat sering berada dalam kondisi dimana teman-teman sering nyerempet-nyerempet ngomongin perbedaan pilihan. Kalau sudah begitu, kayaknya buat keluar dari obrolan jadi sangat susah. Nah, salah satu cara keluarnya adalah dengan mengajak mereka melakukan hal lain yang jauh lebih menyenangkan. Entah itu mengalihkan obrolan jadi soal pasangan hidup atau pekerjaan, ada banyak hal lain yang bisa kita obrolin, kan.

Jadi, sebagai pemilih yang baik, bukankah sangat bijak kalau kita nggak ikut-ikutan panas dengan segala perbedaan yang ada di luar sana? Yuk gunakan hak pilih kita dengan bijak. Bagaimanapun, tujuan kampanye politik ini adalah untuk menjadikan Indonesia jadi lebih baik lagi, bukan?

 

Sumber : jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

BaiqNur Afriliani 8 December 2019 - 12:19:17

Komunikasi lebih dari sekedar kata-kata. Jelaskan .. more..

0 Answer

Ferry Joshua 7 December 2019 - 22:21:38

Samaritan

0 Answer

Ferry Joshua 7 December 2019 - 22:21:05

Samaritan purse

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7260

advertise with us