Tampak Seperti Menghina Salib Yesus, Kristen Arab Meminta Karya Seni  'McJesus' Dicopot!

Internasional / 13 April 2019

Kalangan Sendiri

Tampak Seperti Menghina Salib Yesus, Kristen Arab Meminta Karya Seni 'McJesus' Dicopot!

Naomii Simbolon Official Writer
4380

Umat Kristen Arab di Israel menolak dan memprotes agar karya seni 'McJesus' di copot dari pameran di museum Israel.

Sederetan umat Kristen melakukan aksi protes terhadap karya seni ini.

Mc Jesus dibuat oleh seniman Kristen asal Finlandia, Jani Leinonen. Awalnya dibuat hanya untuk menampilkan maskot restoran cepat saji yaitu Ronald McDonald.

Mc Jesus dipamerkan bersama beberapa karya seni lainnya termasuk boneka Ken, boneka Barbie yang dimaksudkan menggambarkan Yesus dan Perawan Maria.

Karena itu, karya seni ini pun memicu protes ketika dipamerkan di Haifa Museum of Art yang ada di Israel, sebagai bagian dari pameran Sacred Goods yang bertemakan agama dan keyakinan dalam budaya konsumerisme. Pameran ini sudah digelar sejak Agustus 2018 di Israel.

Juru bicara museum menyebut bahwa karya seni ini sudah banyak dipajang di banyak museum Eropa.

Pihak museum sebelumnya menolak untuk mencopot karya seni yang diprotes tersebut, karena mereka berargumen bahwa pencopotan karya seni karena tekanan pihak luar adalah pelanggaran terhadap kebebasan berekspresi.

Seperti yang dilansir AFB dan Reuters, Wali kota Haifa yaitu Einat Kalish-Rotern, melalui akun Facebook resminya, mengatkan bahwa MC Jesus akan dicopot segera mungkin. Dan dalam pernyataannya, Kalish juga meminta publik memisahkan keputusan pencopotan karya seni dengan aksi protes yang terjadi.

 

Dalam kesepakatan dengan para pemimpin gereja dan mengingat kesepakatan peminjaman untuk patung 'McJesus' akan segera berakhir, karya seni itu akan dicopot dan dikembalikan sesegera mungkin," tulis Kalish-Rotem dalam pernyataannya.

Meskipun Kalish-Rotem nggak menyebut pasti kapan pencopotannya, para kalangan Kristen Arab setempat memandang bahwa keputusan pencopotan tersebut adalah kesempatan untuk rekonsiliasi.

"Pemenang hari ini adalah rakyat Haifa. Pencopotan patung ini mencerminkan keinginan kita untuk hidup berdampingan di kota ini," tegas seorang penasihat pemimpin gereja setempat, Wadie Abu Nassar, yang sebelumnya menyebut 'McJesus' sebagai penghinaan simbol agama Kristen.

Terlepas dari itu semua, seniman yang membuat karya seni 'McJesus', Leinonen, diketahui juga menginginkan hasil karyanya segera dicopot dari museum Israel. Disebutkan bahwa Leinonen memiliki alasan tersendiri dalam meminta karyanya itu tidak dipamerkan di Israel.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami