Mendengar Pasangan Itu Memang Sulit, Tapi Punya 7 Manfaat Bagi Pernikahanmu
Sumber: www.mysahana.org

Marriage / 3 April 2019

Kalangan Sendiri

Mendengar Pasangan Itu Memang Sulit, Tapi Punya 7 Manfaat Bagi Pernikahanmu

Lori Official Writer
2908

Apa kamu adalah seorang pendengar yang baik?

Dalam pernikahan, mendengar adalah alat komunikasi yang baik untuk membangun hubungan baik dengan pasangan.

Kalau sebelum menikah saja, kita lebih suka memilih teman yang mendengar kita. Apalagi dalam pernikahan. Suami istri juga butuh seorang pasangan yang mau mendengarkannya dengan baik.

Belajar menjadi PENDENGAR YANG BAIK dalam pernikahan, bukan hanya membuatmu dan pasangan terikat secara emosional. Tapi juga menghasilkan 7 manfaat ini dalam pernikahanmu.

1) Jadi pendengar yang baik meminimalisir kesalahpahaman dengan pasangan

Gak pernah salah paham dengan pasangan? Benarkah? Dalam pernikahan, kesalahpahaman bisa jadi perusak hubungan nomor satu.

Karena itulah dibutuhkan kerendahan hati untuk sama-sama mau menyendengkan telinga jika pasangan mulai berbicara. Hanya mendengar membuat kita berada di pihak yang bisa mencerna masalah dari akarnya.

2 Meminimalisir hubungan yang sempat terputus

Hubungan suami istri bisa jadi mulai kaku saat keduanya tak punya komunikasi yang baik. Kondisi ini semakin diperburuk kalau suami istri sama-sama gotot dengan pendapat masing-masing. Jadi keras kepala dan emosian.

Tapi dengan memilih diam dan hanya jadi seorang pendengar. Pasangan pasti akan merasa dihargai.

3) Mendengar berarti mengambil waktu untuk mencerna ucapan dengan baik

Dalam komunikasi, kita mengenal yang namanya proses berpikir dan berbicara. Kita diajarkan untuk memikirkan lebih dulu kata-kata yang akan kita ucapkan. Hal ini sama cara kita menanggapi ucapan atau perkataan orang lain.

Misalnya, saat pasangan kita mengucapkan sesuatu yang kurang sedikit emosional. Jangan buru-buru menanggapinya dengan emosi. Tapi ambil waktu untuk mencerna ucapan itu. Jangan lagi menuang minyak dalam bara api. Sebaliknya, carilah solusi yang meneduhkan hati.

Baca Juga :

8 Alasan Pasangan Kristen Perlu Ikuti Retret Pernikahan Gereja

Jangan Sia-siakan! Suami Istri Petiklah 3 Pelajaran Pernikahan dari Perayaan Paskah Ini

4) Menjadi pendengar mencegah perdebatan yang tak perlu

Memilih jadi pendengar akan menyelamatkan pernikahanmu dari perdebatan yang gak penting. Kenapa? Karena lebih baik untuk melihat masalah dari sisi positif daripada sisi negatifnya.

5) Memberi ruang bagi pasangan

Saat bertengkar, biasanya pasangan akan memilih untuk segera menyelesaikannya sampai tuntas.

Dalam pernikahan, cara kerja menyelesaikan masalah bukanlah demikian. Diperlukan waktu untuk diam. Membiarkan suasana emosi pasangan tenang. Setelah itu, baru masalahnya diselesaikan dengan hati yang dingin.

6) Rasa percaya pasangan menjadi meningkat

Merespon pasangan dengan cara yang positif akan membangun kenyamanan dan rasa percayanya. Baginya sikap tenang dan mau mendengar adalah penilaian baik bahkan istri atau suami bukanlah sosok yang suka mendikte, mengkritik atau mendominasi.

Yang jauh lebih penting adalah bahwa sikap ini bisa membantu pasangan untuk mengubah responnya menjadi lebih baik.

7) Membangun hubungan intim secara emosional

Menjadi pendengar membuat pasanganmu jadi lebih nyaman. Bukan hanya dianggap sebagai suami atau istri, tapi pasanganmu akan menganggapmu sebagai sahabat yang bisa diandalkan. Dengan hubungan semacam ini, kalian akan semakin terikat secara emosional dan lebih saling memahami satu sama lain.

Apakah kamu sedang mengalami masalah komunikasi dengan pasangan? Selalu merasa gak sependapat dan sepaham soal beberapa hal? Cobalah jadi pasangan yang mau mendengarkan. 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami