Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
599


Siapa bilang kerja di sebuah lembaga pelayanan bisa santai atau bahkan lepas dari masalah? Namanya masalah kerjaan adalah satu hal yang gak bisa terhindarkan dalam dunia kerja. Bisa saja masalahnya muncul dari gesekan sama satu rekan kerjamu. Atau mungkin dari bosmu yang terlalu dominan atau berbeda pendapat sama kamu. Sumber masalahnya bisa macam-macam dan masalah itu bisa bikin kita mulai kehilangan prinsip kebenaran yang kita percaya.

Tapi sebagai orang percaya, kita diberi tanggung jawab untuk menanggapi masalah yang kita hadapi, sekalipun hal itu terlihat besar, dengan tetap berpegang pada nilai-nilai firman Tuhan dan teladan kepemimpinan Yesus sendiri.

Dari firman Tuhan dan teladan kepemimpin Yesus, kita diajarkan untuk meresponi masalah di tempat kerja dengan beberapa hal ini:

1. Sadarilah kalau di tempat kerja akan ada orang-orang yang tak sepaham denganmu

Kamu mungkin sudah bekerja lama di pelayanan tempatmu kerja saat ini. Dan kamu berpikir bahwa pengetahuanmu soal pelayanan itu sudah lebih banyak. Tapi kondisinya, kamu harus berhadapan dengan seorang bos baru yang punya pemikiran sendiri dalam membawa pelayanan ke arah yang dia inginkan. Saat dalam diskusi, kalian banyak kali harus berdebat soal banyak hal, yang membuatmu harus menerima semua keputusannya walaupun dalam kondisi tidak setuju.

Saat kamu sedang berada dalam posisi ini kembalilah kepada firman Tuhan.

Amsal 19: 11 berkata, “Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan Tuhanlah yang terlaksana.”

Saat kamu berhadapan dengan seseorang yang gak terlalu rohani atau bahkan yang rohani sekalipun, tapi punya pandangan yang berbeda. Satu hal yang harus kamu lakukan adalah dengan menjaga lidah dan tindakanmu tetap berada dalam kontrol. Sehingga pertikaian bisa terhindari.

2. Jangan lupa membawa masalahmu dalam doa

Di tengah banyak masalah ini, kamu pasti gak menyangkali akan muncul rasa frustrasi dan keraguan. Kamu mulai mempertimbangkan bahkan untuk cabut dari pekerjaan itu.

Tapi benarkah ini adalah solusi terbaik untuk menghadapi masalah di pekerjaan? Ingatlah Amsal 19: 11 di atas. Kita percaya bahwa semua rencana manusia akan terlaksana kalau Tuhan sendiri yang menghendakinya. Itu artinya, kalaupun kita merasa kuatir dengan keputusan atasan atau pemimpin kita di tempat kerja, tugas kita adalah membawanya dalam doa.

Pertama-tama, berdoalah untuk pemulihan hatimu sendiri. Bacalah Mazmur 55 untuk membantumu sembuh dari rasa stress. Setelah merasa lebih baik dan mulai legowo dengan segala keputusan yang diambil oleh atasan, mulailah untuk berdoa untuk rencana ini. Mintalah Tuhan bahwa keputusan apapun itu dan seburuk apapun kemungkinan dampaknya bagi pelayanan, Tuhan pasti akan memakainya untuk kebaikan semua orang.

Baca Juga :

Bill Gates Sebut Miliki 3 Skill Ini Akan Bikin Seseorang Sukses di Masa Depan

Ratusan Kali Ditolak Investor, Kini Aplikasi Canva Buatannya Hasilkan Triliunan Rupiah

3. Hadapilah dengan kerendahan hati seperti yang dilakukan Yesus

Di Perjanjian Baru, kita mendapati bagaimana cerita mengesankan saat Yesus berhadapan dengan orang-orang farisi dan bagaimana Dia berusaha untuk mengubah pola pikir mereka. Di mata Yesus, norma-norma yang dianut orang farisi sama sekali keliru. Tapi dengan itulah Dia ingin sekali meluruskan pandangan keagamaan mereka sesuai dengan yang diinginkan oleh Allah.

Untuk mengubah pola pikir mereka, Yesus pun melakukannya dengan cara yang penuh kasih. Jadi, teladanilah tindakan Yesus yang rendah hati saat menghadapi rekan sekerjamu. Kalau dia menolakmu, cobalah dengan mengajak orang lain yang sependapat denganmu untuk meyakinkannya.

4. Jangan sebarluaskan ketidaksukaanmu kepada rekan sekantor lainnya

Bahkan kalau tempat pelayananmu hanya punya lima karyawan, jangan pernah menyebarkan ketidaksukaan atau menggosipkan hal-hal yang menjelekkan atasan atau pemimpinmu. Kamu hanya akan menjatuhkan nama baik seseorang di mata orang lain.

Daripada bergosip, jadilah dewasa di tengah masalah yang kamu hadapi.

Mempertahankan nilai-nilai kekristenan di tempat kerja memang gak selalu mudah, terutama kalau banyak orang di sekitarmu adalah mereka yang belum dewasa rohani. Kamu malah bisa dijauhi karena pandanganmu soal kebenaran, tapi terlepas dari apa yang dipikirkan orang lain. Tuhan selalu ada untuk membelamu. Bahkan kalau memang yang sedang kamu perjuangkan adalah sesuatu yang benar dan bertujuan baik bagi perusahaan.

“TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja.” Keluaran 14: 14 

Sumber : Crosswalk.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Irsan 13 5 December 2019 - 20:31:44

Bidang yg dibahas ekonomi berfokus pada

0 Answer

Icha Vedani 4 December 2019 - 22:12:48

Intan pariwara kelas 11 semester 1

0 Answer

Diah Kristanti 4 December 2019 - 21:56:25

cara bebas hutang

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7259

advertise with us