Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

vjay

Official Writer
277


Liburan sekarang, bayar nanti… iklan seperti ini sangat menggoda dan bertebaran di mana-mana. Cukup satu klik di aplikasi online, maka liburan impian langsung terwujud. Tapi, cicilan yang menanti berbulan-bulan kemudian apakah sepadan dengan hal itu?

Yuk coba kita pikirkan lagi dengan bijak…

Tujuan liburan tentunya ingin melepaskan penat, menikmati keseruan dan keindahan tujuan wisata dan kembali menyegarkan hati, jiwa dan pikiran. Nah, jika liburan itu dibayang-bayangi oleh hutang, apakah tetap bisa senikmat yang kamu harapkan?

Hutang menimbulkan masalah psikologis

Menurut seorang ahli psikoterapis, Amy Morin yang juga penulis buku “13 Things Mentally Strong People Don’t Do”, hutang bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Penelitian menyimpulkan bahwa orang yang berhutang beresiko tiga kali lebih besar mengalami gangguan mental daripada mereka yang tidak berhutang.

Baca juga :

Cara Bebas Dari Hutang Menurut Alkitab, Wajib Orang Kristen Tahu!

Hutang Capai Ratusan Juta, Keluarga Kami Jadi Retak! Ini Yang Tuhan Lakukan, Denny Hilton

Beberapa masalah mental yang muncul karena hutang antara lain adalah depresi, gangguan kecemasan, dan kondisi psikotik atau kekacauan pikiran. Bayangkan jika setelah liburan, kamu merasakan semua masalah ini. Wah, lebih baik dihindari ya..

Hindari hutang konsumtif

Alih-alih kamu berhutang untuk sesuatu yang konsumtif seperti liburan, maka lebih baik kamu rencanakan dulu dengan baik, termasuk masalah keuangannya dengan cara menabung.

Orang yang bisa menabung untuk apa yang ia inginkan adalah salah satu ciri orang yang memiliki mentalitas kuat karena ia bisa menahan diri dan juga memberikan reward untuk kerja kerasnya.

Membuat rencana liburan

Jika kamu memutuskan untuk liburan tahun ini dan sudah tahu destinasi yang kamu inginkan, maka kamu sudah bisa membuat kalkulasi biayanya. Mulai dari tiket pesawat, transportasi selama liburan, akomodasi, tiket masuk ke tempat wisata, konsumsi, dan bahkan biaya untuk membeli oleh-oleh.

Nah, setelah kamu tahu total biayanya, kamu bisa mulai menabung setiap bulang sesuai dengan target yang kamu ingin capai. Caranya mungkin serupa, yaitu dengan mencicil secara bulanan, namun jika dengan menabung, kamu menghindarkan diri dari beban mental dan juga kesulitan karena masalah hutang.

Penting untuk diingat, hutang bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng. Karena mereka yang terbelit hutang, yang terseret masalah pada nantinya bukan hanya orang itu sendiri, bahkan keluarga pun bisa terkena imbas. Selain itu, pastikan jika berhutang untuk sesuatu yang produktif seperti untuk memulai usaha atau bisnis.

Jika memang belum bisa liburan dalam waktu dekat ini, tidak apa-apa. Jangan hanya karena melihat foto Instagram teman kamu jadi impulsive dan membuat keputusan yang berdampak negative untuk kondisi keuanganmu.

Ingat ya, Amsal 22:7 menyatakan,”Orang kaya menguasai orang miskin, yang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi.”


Sumber : Berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Danny Gandahanindija 25 April 2019 - 19:37:47

bagaimana melakukan mentoring untuk remaja

0 Answer

Pirlo Josua 25 April 2019 - 15:07:05

Saya saat ini, di kejar kejar oleh pihak bank, kar.. more..

0 Answer

Djendri Titor 24 April 2019 - 22:22:35

Tuhan tak pernah janji langit selalu biru

0 Answer


Kalvin Kristianto 24 March 2019 - 06:35:58
Shaloom, Minta doa-doanya saudara sekalian, terunt... more..

Leonardo Leo 15 March 2019 - 09:48:08
Mohon bantuan doanya agar setiap usaha untuk melun... more..

Dian Parluhutan 9 March 2019 - 11:10:41
shalom Semua, mohon doa untuk terobosan Tuhan su... more..

2 March 2019 - 16:26:58
Mohon doanya agar Tuhan memberikan hati yang lebih... more..

advertise with us


7241

advertise with us