3 Cara Mudah yang Alkitabiah Dampingi Anak Kamu yang Sedang Cemas dan Takut!
Sumber: The Asian Parent

Parenting / 27 September 2023

Kalangan Sendiri

3 Cara Mudah yang Alkitabiah Dampingi Anak Kamu yang Sedang Cemas dan Takut!

Naomii Simbolon Official Writer
2428

Nggak orang dewasa, anak-anak juga bisa merasa cemas. Mereka juga bisa mendapat gangguan yang bikin mereka cemas, entah itu mimpi, dari sekolah mereka dan lain sebagainya.

Jika anak kamu mengalami kecemasan, mungkin mereka membutuhkan perhatian yang lebih dari kamu.

Dan doa adalah alat yang ampuh untuk mengobati mereka dibanding dokter, dan konseling.

Meski keduanya penting, tapi sebagai orangtua tetaplah berdoa untuk mereka dan lakukanlah sesuatu, misalnya :

1. Yang pertama tentu saja doa

"Bersukacitalah senantiasa. Tetaplah berdoa." (1 Tesalonika 5:16-17)

Doa adalah nafas orang percaya. Meski diatasi oleh dokter yang hebat, tanpa Tuhan dan berdoa kepadanya maka apa pun yang kita kerjakan akan sia-sia.

Doa membuat kita bersukacita dan juga membuat kita penuh dengan hikmat tentang gimana kita menyikapi anak-anak kita, tentang gimana kita tetap mengasihi mereka, tentang gimana kita menuntun mereka ke kaki Tuhan.

Berdoalah bersama anak kamu ketika mereka merasa khawatir dan juga cemas, mungkin itu nggak selalu bikin mereka tenang dan rileks secepatnya, tetapi itu bisa mengajarkan mereka tentang dari siapa kamu dan dia mendapatkan kekuatan. Yaitu dari Tuhan.

 

Baca Juga: 5 Cara Menyembuhkan Gangguan Kecemasan dan Rasa Takut Pada Anak!

 

2. Kenali mereka lebih dekat

"Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencai keuntungan tetapi dengan pengabdian diri. Janganlah kamu berbuah seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu." (1 Petrus 5:2-3)

Sebagai domba, tentu saja tau bagaimana suara gembalanya. Domba akan mengikuti kemanapun gembalanya pergi. Demikian dengan anak-anak kamu. Sebagai anak, mereka akan mendengarkan kamu dan mengikuti kamu.

Jadi dengarkanlah mereka, perhatikan, dan terlibatlah dalam hidup mereka sebab itu adalah unsur penting yang harus dilakukan dalam membangun hubungan yang sehat dan saling percaya dengan anak-anak.

Kenali mereka dengan dekat, peluk mereka. Cintai mereka dalam segala kekutangan mereka. Mereka bisa merasakan itu loh.

Kadang, kecemasan bisa bervariasi dan membawa stigma yang membingungkan bagi anak-anak kita. Jadi rangkullah mereka,dan bantulah mereka untuk mengatasinya sejak sekarang.

 

Baca Juga: 5 Kiat Dukung Anak Saat Cemas Hadapi Ujian Sekolah

 

3. Bicaralah kepada mereka, pelan-pelan!

"Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kananKu yang membawa kemenangan." (Yesaya 41: 10)

Sebagai orangtua, dengarkan dan berempatilah kepada anak-anakmu, bahkan sejak mereka usia muda.

Bersikaplah dengan baik, bahwa apa yang mereka sampaikan dan katakan adalah hal yang penting. Sabar, dan dengarkan mereka, mulailah terlibat dan meresponi cerita mereka.

Tidak apa-apa, ajukan pertanyaan dan selidiki mereka untuk informasi lebih lanjut tentang anak kamu.

Dunia bisa menjadi tempat yang menyeramkan dan menakutkan bagi mereka. Teman-teman mereka di sekolah, tetangga dan lain sebagainya, tetapi dengan itu kamu bisa memastikan mereka untuk bisa hidup dan terbuka dengan kamu. Beritahu mereka bahwa kamu selalu ada untuknya.

Kamu adalah role model bagi anak, jadi sudah menjadi tugas kamu untuk mengarahkan mereka kepada Kristus. Dia akan mendengarkan kamu, asal kamu pun bersedia mendengarkan mereka. Dia biara kepada kita dan mengenal kita, mengapa dia mau berbicara kepada kita.

Anak adalah hadiah dari  Tuhan, sehingga apa pun kondisi mereka tetaplah lindungi, kasihi seperti Allah mengasihi anak-anakNya. 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami