Dampak Gempa Di Poso, Sulawesi Menyisakan Trauma Bagi Rakyat. Beberapa Gereja pun Rusak!

Nasional / 26 March 2019

Kalangan Sendiri

Dampak Gempa Di Poso, Sulawesi Menyisakan Trauma Bagi Rakyat. Beberapa Gereja pun Rusak!

Naomii Simbolon Official Writer
2347

Gempa kembali mengguncang Indonesia tepatnya di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah pada Minggu, 24 Maret  2019 kemarin.

Gempa bumi berkekuatan 5.7 magnitude tersebut, merusak beberapa rumah warga , gereja dan pura di beberapa desa di Kecamatan Panoma Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Menurut informasi dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, (BPDB) Poso, Bastian Mentiri, warga cukup trauma dengan gempa ini, apalagi itu persis di hari Minggu, dimana sebagian besar umat Kristen beribadah lalu gempa mengguncang.

Akibat rasa trauma tersebut, warga berbondong-bondong untuk mengungsi dan membuat tenda darurat di halaman rumahnya.

"Mereka hanya membangun tenda darurat saja karena khawatir dan trauma dengan gempa yang terjadi pada saat banyak warga sedang melaksanakan ibadah, terutama umat Kristiani," kata Bastian yang dikutip dari Tempo.co

Puji Tuhan, gempa yang terjadi di wilayah Pamona Utara di Kabupaten Poso pada Minggu pagi itu sama sekali tidak menimbulkan korban luka-luka apalagi korban jiwa.

Hanya memang warga cukup gemetaran karena goncangan gempa ini cukup keras dirasakan oleh masyarakat yang bermukim di Pamona Utara.

Satu hari kemudian, ternyata gempa susulan terjadi kembali di hari Senin (25/03) pagi kemarin. Tentu saja hal ini membuat warga panik karena masih merasa trauma. Apalagi beberapa bulan terakhir ini, bencana gempa mengguncang diberbagai daerah Indonesia, seperti gempa di Lombok dan gempa Palu yang juga mengerikan.

"Gempa di Palu membuat warga yang ada di daerah lain Sulteng, termasuk di Poso masih merasakan trauma," ujar Bastian.

Dalam siaran persnya, BMKG melaporkan bahwa pusat gempa Poso berada di 53 kilometer barat daya Kabupaten Poso pada kedalaman 10 kilometer.

Kita memang tidak tahu kapan bencana seperti gempa datang menghampiri. Kita juga tidak tahu kapan ajal menjemput kita untuk kembali ke rumah Bapa. Bagaimana pun, sebagai orang Kristen kita harus mempersiapkan diri selalu dan berdoa untuk penyertaan Tuhan.

Dimana pun kamu berada, tetaplah terhubung dengan Tuhan. Semoga warga Poso dihibur Roh Kudus selalu ya. Amin!

Sumber : tempo.co
Halaman :
1

Ikuti Kami