Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
494


Sadar atau gak, belakangan ini kejahatan cyber semakin merajalela. Para pelaku cyber ini bahkan menargetkan pencurian data atau pembobolan terhadap perusahaan-perusahaan dari yang terkecil sampai yang terbesar.

Kalau perusahaanmu tak ingin jadi target serangan cyber, mulailah sadari pentingnya cybersecurity (sistem keamanan cyber). Lakukanlah 5 tips ini:

1. Berikan pengetahuan soal cybersecurity kepada para karyawan

Memberi kesadaran kepada karyawan soal cybersecurity sangat penting. Karena belakangan ini kejahatan cyber semakin meningkat dan yang bisa dilakukan para pengusaha adalah dengan meningkatkan sistem keamanan perusahaannya.

Jadi, bangunlah sistem keamanan yang tepat untuk perusahaan. Yang pastinya kuat dan aman dari serangan pihak manapun. Setelah itu, buatlah prosedur atau panduan yang lengkap bagaimana menggunakan sistem ini dengan aman. Standar keamanan ini bisa meliputi, penggunaan password yang kuat dan akses komputer yang aman.

2. Selalu update komputer yang digunakan

Perusahaan harus mengupdate komputer yang digunakan secara berkala, termasuk desktop, laptop atau perangkat yang lain. Cek juga software yang digunakan secara teratur. Kalau karyawan menggunakan perangkat lain, pastikan mereka selalu mengupdate aplikasi, termasuk aplikasi keamanan yang dipakai.

Baca Juga :

Ratusan Kali Ditolak Investor, Kini Aplikasi Canva Buatannya Hasilkan Triliunan Rupiah

Berteman dengan Bawahan? Ini Untungnya Buat Perusahaanmu

3. Lakukan backup data

Melakukan backup data secara teratur bisa membantu perusahaan saat gangguan sistem terjadi kapan saja. Adapun data yang harus dibackup meliputi semua informasi penting perusahaan. Contohnya, informasi terkait vendor, klien dan aset perusahaan. Pastikan backup data juga dilindungi dengan sistem yang kuat. Kalau perlu gunakanlah enkripsi dan password untuk melindungi data-data tersebut.

4. Batasi akses

Pastikan kalau orang-orang yang tidak berkepentingan tidak mengakses komputer perusahaan dan bahkan akunnya. Contoh, jangan sampai membiarkan klien meminjamkan laptop berisi data atau informasi penting perusahaan.

Atau pastikan karyawan bisa mengakses data sesuai dengan level jabatannya. Hal ini sangat membantu untuk membatasi akses bai pengguna.

5. Amankan WiFi

WiFi perusahaan bisa jadi jalan bagi para hacker melacak data dan masuk kedalam sistemnya. Sistem security WiFi sangat diperlukan dalam hal ini, termasuk dengan membatasi akses ke WiFi. Minta hanya karyawan saja yang tahu passwordnya.

Pastikan WiFi yang digunakan oleh klien dibuat secara khusus oleh perusahaan. Sehingga mereka yang mengaksesnya tidak mempergunakannya untuk hal-hal yang merugikan perusahaan.

Sebagai pengusaha, kita harus menyadari pentingnya sistem keamanan cyber ini. Karena bagaimanapun hampir semua usaha bergantung pada internet dan jaringan. Karena itu, akan sangat penting untuk membangun cybersecurity yang kuat pula.

Sumber : Forbes.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Inovi Isdiyantoro 18 November 2019 - 21:01:35

Di phk

0 Answer

Aris Anto 18 November 2019 - 17:31:20

Is that...................(you)house?

0 Answer

Roi Tarihoran 18 November 2019 - 03:09:04

Apakah yang saya lakukan. Dengan situasi saya ini,.. more..

1 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7267

Banner Mitra November Week 2