Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
260


Salah satu penyebab seseorang depresi, atau stres adalah karena lupa atau tidak tahu bagaimana caranya untuk bersyukur.

Padahal bersyukur adalah gaya hidup yang membuat kita jauh dari penyakit.

Tidak satupun yang bisa menolak masalah, karena inilah hidup. Tetapi dengan mengucap syukur, kita bisa menikmati sebuah proses atau masalah menjadi sebuah hal yang indah.

Meski kita sudah menjadi Kristen sekian tahun, bahkan berpuluh-puluh tahun, saya yakin bahwa kamu masih begitu sulit dalam hal menjalani hidup dengan mengucap syukur atau penuh syukur dalam segala hal.

"Penyakitku benar-benar mengerikan. Kenapa harus datang kepadaku?"

Alih-alih berbicara demikian, kenapa tidak menemukan sesuatu dan mengucap syukur bahwa ada sesuatu yang Tuhan mau  proses di dalam hidupmu.

Inilah hal yang bisa kamu pelajari, gimana caranya bisa mengubah sikap setelah hidup dalam pesimis setelah sekian lama dalam hidupmu!

Mau sehat secara rohani, jiwa dan fisik kan?

1 Seringlah mengampuni

Kalau kamu ingin mengubah sikap kamu dari baik ke sikap buru, maka biarkanlah dosa berakar di hati kamu.

Tapi bukan itu pilihan terbaik di dunia ini.

Memang kita semua berdosa, kadang kita kesal sama orang atau menyimpan amarah kepada orang lain, tetapi ketika kita mengakui dosa kita, maka Tuhan akan adil dan mengampuni kamu melalui pengorbanan penebusan Yesus di kayu salib.

Tetapi jika kita masih saja menyimpan dendam dan dosa, yang terjadi adalah kita memperburuk jiwa kita dan menghalangi kesempatan untuk bersukacita dan bersyukur dalam hidup.

Jadi nggak heran, jika wajahmu dan kepalamu stres, apalagi jika melihat si musuh.

Luangkanlah waktumu sejenak dan minta Tuhan untuk memeriksa hatimu. Minta Dia untuk mengungkapkan siapa saja yang perlu kamu ampuni. Jangan memfilter daftar tersebut apalagi membuat alasan supaya kamu nggak memaafkannya. Luangkan waktumu untuk benar-benar mengampuni dan renungkan perasaanmu setelah itu. Apakah sikap kamu berubah? Kamu mungkin merasa lebih ringan sekarang karena hati kamu bebas untuk mengucap syukur?

2 Anggap saja semuanya adalah sukacita

Alkitab berkata di Yakobus 1:2-4, "Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun."

Kalau saya bisa jujur, Firman ini adalah pil yang sangat sulit untuk ditelan.  Gimana mungkin begitu mudah untuk tetapi bersyukur dan bersukacita ketika dalam kesesakan dan kehancuran, misalnya kematian orang yang kita cinai, kehilangan rumah dan lain sebagainya?

Baik orang Kristen maupun non-Kristen, kita semua menderita kesulitan dalam kehidupan ini. Namun reaksi atau respon kita terhadap situasi-situasi inilah yang memberikan kemuliaan bagi Tuhan.

Ketika kamu berada dalam situasi sulit, cobalah bertanya kepada diri sendiri, "Apa yang Tuhan coba ajarkan kepada saya melalui hari ini, melalui penyakit ini? Buah roh apa yang Tuhan ingin kembangkan dalam hidupku?"

Dengan mengetahui kebenaran bahwa Allah tidak menyia-nyiakan rasa sakit kamu, maka itu akan memberikan kedamaian dalam dirimu, sebab Allah memegang kendali.

Lihatlah masalah hari ini sebagai hadiah baik dari padaNya, dan Dia tidak akan mengecewakan kamu.

3. Mulailah menulis pewahyuan atau menulis ucapan syukur dalam bukumu

Mungkin tidak semua orang suka dengan menulis, tetapi ketika kamu belajar untuk menulis wahyu dari Tuhan di atas kerja, maka ada sebuah kekuatan besar di dalamnya.

Tuhan tahu hal ini, itulah sebabnya Dia memilih para nabi dan murid-Nya untuk mencatat kegiatanNya selama beberapa generasi untuk membaca dan tahu Dia adalah Tuhan.

 

Dalam pewahyuan dan ucapan syukur yang akan kamu tulis, tidak harus lengkap kok. Kamu bisa menulis poin-poinnya dan membuat daftar hal-hal baik yang Tuhan lakukan dalam hidupmu.

Ketika kamu melakukan ini, maka sikap negatif, mengasihani diri sendiri akan berubah menjadi positif dan kamu merasa puas.

Ada kekuatan dalam kata-kata menulis. Kamu nggak cuma memuliakan Tuhan dengan berterima kasih kepadaNya atas setiap berkatnya, tetapi kamu juga memiliki catatan untuk bisa kamu lihat beberapa tahun yang akan datang.

Itulah 3 sikap yang bisa kamu praktekkan jika ingin terus berada dalam sukacita bersama Kristus.  

Dikutip dari CNN, sebuah analisis di Swiss yang melibatkan 1000 orang dewasa menunjukkan bahwa semakin tinggi sifat bersyukur pada seseorang berkorelasi positif dengan kesehatan fisik mereka juga hasil yang dipublikasikan di jurnal Personality and Individual Differences menunjukkan bahwa orang yang merasa lebih bersyukur, memiliki kesadaran untuk hidup lebih sehat dan memiliki ketertarikan untuk membantu pihak yang punya masalah kesehatan. 

Jadi, sebagai orang Kristen, mengapa tidak memulai tindakan itu hari ini?

Apakah kamu memiliki pergumulan atau masalah hidup  yang membuatmu depresi dan stres. Apakah kamu rindu pertolongan Tuhan, yuk hubungi Sahabat24 sekarang juga di SMS/WA 081703005566 atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240 bisa juga email ke [email protected] atau lewat  Live Chat dengan KLIK DISINI.

 

 

Sumber : ibelieve.com | Jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Danny Gandahanindija 25 April 2019 - 19:37:47

bagaimana melakukan mentoring untuk remaja

0 Answer

Pirlo Josua 25 April 2019 - 15:07:05

Saya saat ini, di kejar kejar oleh pihak bank, kar.. more..

0 Answer

Djendri Titor 24 April 2019 - 22:22:35

Tuhan tak pernah janji langit selalu biru

0 Answer


Kalvin Kristianto 24 March 2019 - 06:35:58
Shaloom, Minta doa-doanya saudara sekalian, terunt... more..

Leonardo Leo 15 March 2019 - 09:48:08
Mohon bantuan doanya agar setiap usaha untuk melun... more..

Dian Parluhutan 9 March 2019 - 11:10:41
shalom Semua, mohon doa untuk terobosan Tuhan su... more..

2 March 2019 - 16:26:58
Mohon doanya agar Tuhan memberikan hati yang lebih... more..

advertise with us


7241

advertise with us