Bersih-Bersih Dapur Ala Marie Kondo Ternyata Efektif Atasi Masalah Kesehatan Ini Loh!
Sumber: Rimma.co

Health / 22 March 2019

Kalangan Sendiri

Bersih-Bersih Dapur Ala Marie Kondo Ternyata Efektif Atasi Masalah Kesehatan Ini Loh!

Lori Official Writer
2033

Bersih-bersih dapur rupanya bermanfaat bagi kesehatan loh! Seperti disampaikan dalam sebuah jurnal Environment and Behavior yang terbit pada tahun 2016 menemukan kalau dapur yang rapi dan bersih bisa memicu kebiasaan makan yang bersih dengan mengurangi stres yang mendorong kita membuat pilihan untuk makan tidak sehat.

Metode bersih-bersih yang dipopulerkan oleh Marie Kondo dan yang sedang tren belakangan ini terbukti bukan hanya mengurangi stres, tapi juga membuat seseorang mampu mengatur pola diet yang sehat.

Dalam bukunya The Life-Changing Magic of Tidying Up, Marie Kondo juga membeberkan bahwa merapikan rumah juga membuat seseorang merasa lebih ringan (baik secara mental maupun fisik).

Hasil studi di atas didapatkan setelah melakukan pengamatan kepada para wanita stress di dapur yang berantakan dan wanita sehat di dapur yang bersih. Ditemukan bahwa wanita stress di dapur yang berantakan mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada di dapur bersih.

Untuk bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari metode bersih-bersih ala Marie Kondo, bisa dilakukan dengan beberapa langkah ini:

1. Putuskan membersihkan barang-barang di dapurmu

Saat kamu menumpuk barang-barang di dapur, Marie Kondo meminta supaya kita menanyakan lebih dulu pada diri sendiri. “Apakah barang ini meningkatkan kesehatanku?” Jika jawabannya tidak, saatnya membuang atau menyumbangkan barang-barang tersebut kepada orang lain.

Sementara untuk barang-barang yang dibutuhkan, tatalah ulang dengan menetapkan area yang ditentukan untuk setiap jenis barang atau makanan.

2. Batasi meletakkan barang-barang atau makanan di dapur

Pastikan untuk membatasi makanan di dapur. Satu-satunya makanan yang bisa ada adalah semangkuk buah segar. Buang semua makanan junk food seperti permen, keripik, atau kue di atas meja makan.

Dengan menyaksikan meja makan kosong yang bersih bisa menginspirasi kita untuk memasak lebih banyak makanan rumah yang sehat. Selain itu, kondisi dapur yang bersih juga tidak akan memicu kita stress.

3. Rapikan lemari es

Sebagaimana membersihkan dapur dari barang-barang dan makanan yang tidak penting, kamu juga perlu memersihkan lemari esmu. Buang semua bahan yang sudah kadaluarsa dan yang tidak sehat. Dan tempatkan makanan yang hanya diperlukan saja.

4. Atur waktu makan secara rutin

Marie Kondo merekomendasikan untuk membiasakan diri menyiapkan makanan sembari duduk di meja. Itu artinya tidak makan sembari berdiri di dapur atau melakukan pekerjaan secara multitasking dengan duduk di depan TV. Jadi, usahakanlah untuk makan dengan posisi duduk di kursi meja makan. Kebiasaan ini akan secara alami melatih pola makan sehat kita.

Jadi, kalau kamu sedang menghadapi masalah berat badan atau stress, cobalah menerapkan metode bersih-bersih dapur ala Marie Kondo ini.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami