Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
1439


Apapun jenis dan seberapa besarpun gereja kamu saat ini, kemungkinan besar gereja kamu memiliki kelompok sel kan?

Nggak cuma satu tapi juga beberapa kelompok sel.

Mulai dari sekolah minggu, kelompok sel, kelompok pelayanan, dan lain sebagainya. Dan rata-rata komunitas tersebut dirancang untuk menciptakan pertumbuhan dan persahabatan yang intim. Selain itu, juga memberi kehidupan hingga mengubah hidup.

Meski demikian, kadang ada juga dosa yang bisa menyelinap serta akan mengganggu atau menunda pertumbuhan yang Tuhan inginkan untuk kamu

Nah, inilah beberapa dosa-dosa yang kerap menginfeksi kelompok kecil. Hati-hati ya!

1 Suka ngomongin orang dibelakang alias gossip

"Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia." (Efesus 4:29)

Ini sangat berbahaya, namun juga gampang untuk ditebak.  Mungkin awal-awalnya mereka bersikap dengan begitu polos, begitu ramah, begitu sopan , tetapi lama kelamaan hubungan satu sama lain semakin erat dan mulai menggosip karena begitu nyaman untuk bercerita. Apalagi yang digosipin adalah teman sendiri yang sedang punya masalah.

Menggosip sama sekali nggak menyelesaikan apa pun, dan tak memberikan kebijaksanaan.

Lindungilah diri kamu dari keinginan seperti kepo terhadap masalah orang lain, situasi orang lain atau perilaku orang lain.

Dari pada kepo, mending berdoa buat mereka.

2. Sering sekali mengabaikan konflik dalam komunitas

Dimana  pun bahkan dalam komunitas, yang namanya konflik pasti akan muncul.

Kalian adalah orang yang berbeda dengan pengalaman hidup yang juga berbeda. Jadi sangat besar kemungkinannya kalian akan mengalami konflik satu sama lain.

Nah, jika kamu mengalami konflik dengan mereka maka bawalah masalah tersebut secara langsung kepada orang tersebut atau doronglah pihak-pihak tertentu untuk membicarakannya bersama, entah itu gembala komsel kamu.

Jangan pernah mengabaikan konflik ya, karena mengabaikan konflik hanya akan membuat luka semakin bernanah dan semakin membesar. Tak akan pernah sembuh.

Inilah yang Yesus katakan soal menangani dosa dan membahas konflik di antara orang percaya.

"Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali. Jika ia tidak mendengarkan engkau, bawalah seorang atau dua orang lagi, supaya atas keterangan dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan. Jika ia tidak mau mendengarkan mereka, sampaikanlah soalnya kepada jemaat. Dan jika ia tidak mau juga mendengarkan jemaat, pandanglah dia sebagai seorang yang tidak mengenal Allah atau seorang pemungut cukai." (Efesus 18:15-17)

        ARTIKEL TERKAIT :

Inilah Alasan Mengapa Perempuan Kristen Harus Bergabung Dalam Komunitas Sel!

3 Kepahitan kepada teman komunitas

"Jagalah supaya jangan ada seorangpun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah, agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang." (Ibrani 12:15)

Dalam komunitas seharusnya kita nggak boleh kepahitan satu ama lain. Meskipun ada konflik, maka itu harus dibereskan. Jika ada rasa sakit hati, maka mengampuni dan memaafkan adalah sangat penting.

Jaga hati dari kepahitan ya, dan pastikan bahwa kita mengajar sesama dalam komunitas untuk juga melakukan hal yang sama. Hidup dalam kasih karunia Allah.

Meskipun sampai hari ini komunitas kamu belum pernah mengalami 3 dosa di atas, puji Tuhan! Tetapi, penting untuk tetap menjagai hati kamu dan bersekutu denganNya secara pribadi ya.

Sumber : ibelieve.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Yones 25 August 2019 - 01:13:05

Upah mengikut Yesus

0 Answer

Gelatik Senja 22 August 2019 - 23:33:40

Cara mengendalikan hawa nafsu

0 Answer

Samu Vastro 22 August 2019 - 23:11:21

Hormati

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7271

Banner Mitra Agustus Week 4