Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
512


"Orang kaya menguasai orang miskin, yang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi." (Amsal 22:7)

Apakah kamu seorang lajang yang sedang berusaha untuk melunasi hutangmu saat ini?

Menariknya, dengan status lajangmu kamu memiliki wewenang penuh soal mengatur keuangan,mulai dari cara menghabiskan gaji kamu dan membeli sesuatu yang prioritas menurut kamu.

Jadi, mungkin lebih mudah untuk mengatur keuangan dengan baik dibanding sudah menikah. Meski harus menyiksa diri karena berhemat, minimal kamu sendirilah yang tersiksa.

Untuk bisa menghancurkan monster hutang itu, maka cobalah lakukan cara ini :

1. Kamu harus terus berusaha untuk tidak mempermalukan dirimu sendiri karena gengsi, apalagi.

Nggak cuma kamu kok yang banyak hutang di dunia ini. Hampir seluruh orang memiliki utang. Jadi ingat, bahwa kamu nggak sendirian.

Tetapi demi masa depan yang jauh lebih baik kamu harus belajar untuk melunasi dan memang harus keluar dari hutang. Berusaha dan berjuang dari hutang merupakan pemikiran dan sikap yang positif. Lakukan terus!

Jangan malu pada diri sendiri. Meski teman-teman pergi nonton, makan di tempat mahal dan lain sebagainya, berhentilah mengikuti mereka sementara demi hemat untuk nyicil utang.

Jika mereka beli makan di kantor, maka kamu harus masak dan bawa bekel. Jangan malu berbeda.

Justru dengan kamu tak bayar hutang, lama-kelamaan kamu hanya akan memalukan dirimu sendiri. Masakan sampai tua tetap saja melunasi hutang yang serupa di masa muda, sih?

So, ambillah langkah pertama, sekecil apa pun itu, yang penting kamu harus mengelola uang kamu dengan baik demi membayar utang.

Bersukacitalah karena kamu mengambil langkah tanggung jawab dan melepaskan dirimu dari kutukan atas utang tersebut.

2. Didiklah dirimu sendiri

Mungkin sulit sih untuk mengetahui dari mana kamu harus memulai dalam mengatur jalur keuangan kamu, apalagi kalau kamu nggak pernah ikut ambil kelas atau kursus mengenai keuangan pribadi, atau apa pun.

Tetapi, syukurlah kita hidup di jaman dimana semua informasi gampang diakses.

Dikutip dari Crosswalk, salah satu kursus atau kelas yang bisa kamu ikuti sebagai orang Kristen agar lepas dari hutang adalah,  Dave Ramsey University, atau Financial Peace University. Tinggal search di Google saja, lalu log in deh.

Atau nggak, kamu bisa membeli buku-buku mengenai gimana cara mengatur keuangan dengan baik, misalnya buku Dave Ramsey yang judulnya The Total Money Makeover.

Setelah membaca dan mempelajari, maka lakukanlah riset untuk keuangan kamu sendiri. Praktekkan gimana kamu bisa keluar dari hutang.

3. Hentikan berbelanja sesuatu yang tak penting

Nggak ada cara untuk keluar dari hutang kalau kamu terus-menerus mengutang kepada orang dan sembrono menghabiskan gajimu untuk hal-hal yang nggak penting.

Beberapa orang malah sadar loh kalau mereka mengeluarkan banyak uang untuk belanja. Apalagi kalau sudah banyak diskon. Atm kosong semua karena tak terasa di gesek sana-sini.

Dikutip dari Crosswalk, buku 60 Days to Change by Peter Dunn menyarankan agar kita melacak jumlah transaksi kita sekali seminggu.

Dengan begitu kita tahu, apa yang sudah keluarkan dan gimana kita mengurangi pengeluaran.

Lakukanlah 3 hal itu supaya kamu tak lagi penuh dengan hutang ya. Mintalah hikmat dari pada Tuhan agar Dia memberi jalan keluar dan memberi kamu kekuatan untuk tetap teguh dalam melawan kedagingan demi melunasi hutang.

Percayalah, ketika kamu taat melunasi hutangmu dan terus melakukan kebenaran serta berusaha yang terbaik maka "TUHAN akan membuka bagimu perbendaharaan-Nya yang melimpah, yakni langit, untuk memberi hujan bagi tanahmu pada masanya dan memberkati segala pekerjaanmu, sehingga engkau memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri tidak meminta pinjaman" (Ulangan 28:12 )

 

Sumber : crosswalk | Jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Devi Panjaitan 22 August 2019 - 09:46:21

Saya sedang dilema dgn bbrpa pilihan. Pertama sy s.. more..

0 Answer

agung setiawan 21 August 2019 - 14:27:12

Sebuah mesin yang bekerja menurut daur carnot men.. more..

0 Answer

George 21 August 2019 - 06:36:40

Puasa daniel yang benar

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7275

Banner Mitra Agustus Week 3