Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
2504


Seberapa sering kamu berdoa untuk orangtuamu? Apakah kamu masih mendoakan mereka bahkan saat mereka sudah melakukan hal yang buruk atasmu?

Ada banyak anak yang kepahitan kepada orangtuanya setelah diperlakukan tak baik. Akibatnya, anak tak lagi tertarik berdoa untuk orangtuanya dan membiarkan hubungan mereka tetap dalam tembok kekecewaan yang besar.

Dalam Efesus 6: 2, kita diperintahkan untuk menghormati orangtua kita. Kata ‘hormati’ dalam ayat ini ‘menaruh hormat’ kepada orangtua dalam hati dan kehidupan kita. Salah satu cara nyata yang bisa dilakukan anak-anak dewasa kepada orangtuanya adalah dengan menaruh hormat kepada mereka dalam doa-doa kita.

Bagaimana seharusnya kita berdoa untuk mereka? Salah satu cara terbaik untuk memastikan kalau doa kita selaras dengan kehendak Tuhan adalah berdoa dengan memperkatakan firman Tuhan.

Buat kamu yang masih kesulitan berdoa untuk orangtuamu, mulailah dengan tiga ayat Alkitab seperti yang ditulis dalam Mazmur 71.

1. Berdoalah supaya ayah dan ibu menemukan perlindungan di dalam Yesus saja.

“Jadilah bagiku gunung batu, tempat berteduh, kubu pertahanan untuk menyelamatkan aku; sebab Engkaulah bukit batuku dan pertahananku.” (Mazmur 71: 3)

Anak bisa saja berpikir kalau orangtua baik-baik saja. Tapi siapa sangka kalau kehidupan bisa berbalik tanpa terduga. Pada kenyataannya, dunia ini penuh dengan ketidakpastian. Mereka mungkin bisa cemas karena kesehatan mereka, keuangan atau kemampuan mereka untuk menjaga orang-orang terdekat karena usia yang sudah lanjut. Di tengah-tengah kehidupan yang tidak pasti ini mereka bisa saja tergoda untuk percaya pada perlindungan di tangan seorang dokter, penasihat keuangan, dan sebagainya. Tapi kita tahu kalau kedamaian sejati hanya datang dari pengharapan kita kepada Yesus (Efesus 2: 14; 1 Korintus 10:4).

Berdoalah supaya orangtua menaruh iman percaya kepada Yesus dan mengigat kasihNya yang besar. Kalau mereka belum percaya, maka dengan berani berdoalah supaya Tuhan membukakan mata mereka atas kebenaran injil sehingga mereka bisa menemukan ketenangan sejati dalam Kristus (Matius 11: 28).

2. Berdoalah supaya orangtua jadi penyembah yang benar dalam Roh dan Kebenaran dan memuliakan Tuhan

“Tetapi aku senantiasa mau berharap dan menambah puji-pujian kepada-Mu; mulutku akan menceritakan keadilan-Mu dan keselamatan yang dari pada-Mu sepanjang hari, sebab aku tidak dapat menghitungnya.” (Mazmur 71: 14-15)

Orangtua kita mungkin sudah bekerja keras di sepanjang hidup mereka, baik di pekerjaan, di rumah, di komunitas maupun di gereja. Jadi, doakanlah supaya beban untuk melayani dan memberikan yang terbaik untuk Tuhan dan orangtua ada di dalam hati mereka. Mintalah supaya Tuhan sendiri yang terus membentuk mereka menjadi penyembah-Nya yang berkenan kepada-Nya.

Tapi kalau ternyata orangtuamu masih belum mengalami keselamatan Tuhan secara pribadi, maka berdoalah supaya Tuhan menjamah hidup mereka sehingga mereka punya kerinduan untuk semakin mengenal Allah.

Baca Juga :

Selalu Gagal Berinteraksi dengan Anak, Yuk Tiru Cara Yesus Ini Aja!

Film Christopher Robin Ajarkan 3 Pelajaran Parenting yang Alkitabiah Ini Loh!

3. Berdoalah supaya Tuhan memberkati orangtuamu di masa-masa lanjut usianya.

“Ya Allah, Engkau telah mengajar aku sejak kecilku, dan sampai sekarang aku memberitakan perbuatan-Mu yang ajaib;juga sampai masa tuaku dan putih rambutku, ya Allah, janganlah meninggalkan aku, supaya aku memberitakan kuasa-Mu kepada angkatan ini, keperkasaan-Mu kepada semua orang yang akan datang” (Mazmur 71: 17-18).

Pemazmur meminta Tuhan untuk tidak meninggalkannya. Hal ini dilakukannya karena dia masih berharap hidup dan bisa memberitakan kasih Tuhan seperti yang dia lakukan sejak masa mudanya.

Wajar saja kalau kita berdoa untuk orangtua kita supaya mereka dikarunia kesehatan dan umur panjang. Tapi berdoa juga supaya Tuhan selalu menyertai mereka dengan kekuatan yang baru setiap hari.

Tapi kalau orangtuamu orang yang belum percaya Tuhan, berdoalah supaya Tuhan memanggil mereka keluar dari kegelapan dan menjadi terang di dalam Yesus (1 Petrus 2: 9). Mintalah supaya hidup mereka dipakai untuk menjadi saksi hidup bagi orang lain.

Sebagai orang Kristen, kita dipanggil untuk berdoa bagi semua orang, sekalipun itu adalah musuh kita atau orang yang melukai kita. Ambillah waktu untuk merendahkan diri di hadapan Tuhan dan mintalah hati yang dengan tulus berdoa khususnya untuk orang-orang terdekatmu lebih dulu. Karena dengan doa yang sungguh, seisi rumahmu pasti akan diselamatkan oleh Tuhan.

Sumber : unlockingthebible.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

chrisnanto agung 22 March 2019 - 08:05:07

sidney mohede

0 Answer

Maria Meliany 21 March 2019 - 19:19:51

The child want the little to go back to it mom

0 Answer

Maria Meliany 21 March 2019 - 19:19:51

The child want the little to go back to it mom

0 Answer


Leonardo Leo 15 March 2019 - 09:48:08
Mohon bantuan doanya agar setiap usaha untuk melun... more..

Dian Parluhutan 9 March 2019 - 11:10:41
shalom Semua, mohon doa untuk terobosan Tuhan su... more..

2 March 2019 - 16:26:58
Mohon doanya agar Tuhan memberikan hati yang lebih... more..

Richard 18 February 2019 - 20:46:28
Tolong Doakan agar hutang saya dapat berkurang.

Banner Mitra Week 3


7247

Banner Mitra Maret Week 2