Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
513


Seperti kita tahu, umumnya bagi perusahaan yang bertumbuh dengan baik dan sehat akan ada pemberian bonus upah secara rutin setiap tahunnya. Bonus ini merupakan bentuk kompensasi finansial atau hadiah bagi karyawan atas hasil pekerjaannya.

Bonus ini sendiri diberikan kepada karyawan, eksekutif perusahaan, calon karyawan atau jga pemegang saham. Di lingkungan kerja, bonus diartikan sebagai kompensasi yang diberikan kepada karyawan selain upah normalnya. Bonus ini bisa digunakan sebagai hadiah untuk mencapai tujuan utama perusahaan atau sebagai umbalan atas dedikasi pekerja terhadap perusahaan.

Nah, ada yang lagi bahagia karena bonus akhir tahun kemarin baru turun bulan ini? Yup. Senang tentu boleh ya. Tapi jangan sampai kalap!

Kalau memang kamu dapat bonus bulan ini, bukan berarti dong harus dihabiskan semuanya. Orang yang bijak biasanya adalah mereka yang pintar mengatur kehidupan dan masa depannya, termasuk soal uang. Jadi, kalau gak mau uang bonusnya habis begitu saja mending kelola untuk 5 hal ini.

1. Bayar semua utang yang tersisa

Kalau kamu punya pinjaman atau kredit, mendapatkan penghasilan tambahan dari bonus bisa membantumu untuk melunasi setiap utang yang masih ada. Apalagi kalau kamu memang lagi perlu banget buat segera melunasi utangmu.

2. Sisihkan bonus sebagai dana darurat

Para pakar keuangan sepakat kalau setiap orang harus punya simpanan setidaknya untuk biaya tiga sampai enam bulan ke depan atau mungkin lebih. Hal ini bertujuan sebagai pelindung jika sewaktu-waktu terjadi musibah.

3. Mulai buka tabungan pendidikan anak

Ini penting bagi orangtua muda yang sudah punya anak. mengingat kondisi keuangan dan besarnya dana pendidikan anak hari-hari ini, akan sangat baik kalau orangtua punya tabungan khusus pendidikan anak. Kalau memang uangnya gak untuk dialokasikan untuk bayar utang, mungkin bisa disalurkan untuk tujuan jangka panjang ini.

Baca Juga:

Jika 5 Hal Ini Kamu Coba, Dijamin Bonus atau THRmu Nggak Akan Ludes Tanpa Makna

Bonus Cair, Jonatan Christie Pilih Ke Gereja Dibandingkan Istana Negara Karena Alasan Ini

4. Investasi untuk diri sendiri

Kalau memang keuanganmu sudah teralokasi dengan baik dan kebetulan ada uang bonus yang lagi nganggur, kenapa tidak kalau dipakai untuk memperkaya diri sendiri. Misalnya, memakainya untuk melanjutkan pendidikan, kursus, workshop, seminar dan sebagainya.

5. Investasikan untuk biaya kesehatan

Selain mengalokasikan sejumlah dana untuk beberapa hal di atas, kita juga perlu sadar dengan kesehatan kita. Pertimbangkanlah untuk menyisihkan sejumlah dana untuk olahraga rutin, mengambil kelas gym, atau ikut kegiatan olahraga berbayar (jika itu memang penting bagi kesehatan).

Dengan melakukan sesuatu yang bijak dan jangka panjang mulai hari ini, kamu pasi akan berterima kasih di masa depan karena hasil dari caramu mengelola keuangan dengan baik ada hasilnya.

Sebagai pesan terakhir yang perlu kamu ingat adalah ‘jangan menghambur-hamburkan uangmu untuk hal yang tidak terlalu penting’.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Armin Maulana 15 September 2019 - 18:57:54

Sebuah kapasitor keping sejajar diudara mempunyai .. more..

0 Answer

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer

Satra Zebua 12 September 2019 - 21:02:16

Apa artinya saya hidup

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 2


7269

advertise with us