Melampaui Batas, Paus Fransiskus Desak Tindakan Nyata Kasus Pelecehan Seksual Anak
Sumber: cruxnow.com

Internasional / 22 February 2019

Kalangan Sendiri

Melampaui Batas, Paus Fransiskus Desak Tindakan Nyata Kasus Pelecehan Seksual Anak

Lori Official Writer
2446

Pemimpin Gereja Katolik Roma Paus Fransiskus mendesak gereja Katolik melakukan tindakan nyata untuk mengakhiri kasus pelecehan seksual anak yang dilakukan para imam.

Hal ini disampaikan Paus saat menghadir Konferensi Perlindungan Anak-anak di Gereja yang dihadiri oleh para uskup dari 130 di Vatikan pada Kamis (21/2). Dia berharap pertemuan ini bisa jadi upaya untuk menyusun tindakan nyata yang disepakati bersama dan direalisasikan kedepan.

Pihak Vatikan sendiri menyampaikan kalau pertemuan yang akan digelar selama empat hari itu akan dipenuhi dengan evaluasi dan diskusi. Itu sebabnya Paus menyebutnya sebagai pertemuan ‘awal dari sebuah dialog’.

“Dengarkan tangisan kaum muda, yang menginginkan keadilan. Umat Allah yang kudus mengawasi dan mengharapkan tidak hanya kecaman yang sederhana dan jelas, tapi menetapkan langkah-langkah yang efisien dan konkrit,” kata Paus.

Dia menambahkan bahwa perubahan akan tercermin dalam tindakan dan upaya (nyata) yang dilakukan di seluruh dunia.

Kasus pelecehan anak di lingkungan Gereja Katolik telah ditup-tutupi selama hampir 30 tahun. Dan saat inilah waktunya untuk belajar memperbaikinya.

“Gereja saat ini jauh lebih baik dan punya tekat dan memiliki lebih banyak cara untuk lebih maju, dan benar-benar membawa kesembuhan dan pengertian dan kebenaran bagi masa depan,” kata David Deane dari perkumpulan profesor di Sekolah Teologi Atlantic di Halifax.

Dia pun berharap dengan mendengar pengakuan para korban pelecehan seksual, gereja bisa mengambil langkah yang tepat untuk menyelesaikan kasus ini. “Kita telah melakukan hal-hal yang mengerikan. Terkadang melalui, yang paling sering melalui ketidaktahuan. Dan kita perlu reformasi,” tandasnya.

Sumber : Bbc.com/Cbc.ca
Halaman :
1

Ikuti Kami