Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
393


Berurusan dengan hal-hal yang berkaitan dengan sekolah anak pasti akan sangat membuat orangtua sibuk dan kelelahan. Gak sedikit pula orangtua yang merasa kebingungan waktu orientasi sekolah tiba.

Untungnya, kehadiran guru membuat tugas orangtua menjadi lebih mudah. Karena itulah orangtua perlu membangun kedekatan dengan guru. Bukan cuma bisa terbantu dengan beragam kerumitan urusan sekolah anak tapi hubungan atau kerja sama yang baik antara orangtua dan guru juga akan berdampak positif bagi anak.

Meskipun sekolah dan rumah adalah dua hal yang terpisah. Tapi sudah seharusnya rumah dan sekolah jadi dua hal yang harus bekerja bersama-sama.

Saat orangtua dan guru berkomunikasi secara teratur, bisa dipastikan tak akan ada hal apapun yang akan terlewatkan. Bahkan saat anak mengalami masalah tertentu, orangtua dan guru bisa bertindak cepat dan kompak dalam mencari solusi.

Bekerja sama sebagai satu tim dengan guru juga berarti kalau orangtua lebih terbantu dalam perkembangan pendidikan anak. Salah satunya lebih mudah menerima hasil nilai anak tanpa ada manipulasi apapun.

Baca Juga :

Dari Video Viral Siswa Tantang Guru di Gresik, Ajarkanlah Anak Hormati Guru Pakai Cara Ini

Setiap Guru Berharap Semua Orangtua Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Antarkan Anak ke Sekolah

Membangun tim yang kuat antara oranghtua dan guru adalah dasar untuk membantu anak bisa berhasil dalam pendidikannya.

Adapun cara yang bisa dilakukan orangtua dan guru untuk bisa terhubung harus dimulai dari komunikasi yang terbuka, profesional, terhormat dan teratur. Misalnya, membagikan informasi seputar kepribadian anak dan kemampuan dasarnya. Hal ini akan sangat membantu guru untuk menghadapi anak secara personal saat proses belajar mengajar.

Atau orangtua bisa mengirim email dengan ucapan bernada akrab setiap bulannya. Biarkan guru tahu kalau orangtua juga menghargai kerja keras mereka untuk anak-anak.

Dengan menjalin hubungan baik, orangtua juga bisa tahu tentang masalah utama yang dihadapi anak di sekolah. Misalnya, penyebab kenapa dia mendapat nilai rendah atau masalah kepribadian lain. Kalau memang orangtua menemukan masalah besar, mintalah melakukan pertemuan dengan guru untuk menyelesaikan masalah itu.

Sementara untuk guru yang mendapat dukungan terbuka dari keluarga siswa akan lebih bersedia untuk bersikap fleksibel dan bahkan bersedia menjadi perantara terkait urusan berkaitan dengan anak.

Intinya adalah peran orangtua dalam mengawasi dan memperhatikan perkembangan tidak hanya ketika anak di rumah. Tapi orangtua juga harus menjadi fasilitator yang proaktif bahkan ketika anak berada di sekolah. Dan rekan kerja yang baik untuk menjamin proses belajar mengajar anak berjalan dengan baik di sekolah adalah guru sendiri.

Jadi, kalau orangtua masih berpikir sekolah hanyalah tempat penitipan anak, itu sama sekali keliru. Karena rumah dan sekolah adalah dua tempat yang tak bisa dipisahkan. 

Sumber : Theparentcue.org/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Armin Maulana 15 September 2019 - 18:57:54

Sebuah kapasitor keping sejajar diudara mempunyai .. more..

0 Answer

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer

Satra Zebua 12 September 2019 - 21:02:16

Apa artinya saya hidup

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 2


7269

Banner Mitra September week 2