Selain Baik Bagi Anak, Kerja Sama Orangtua dan Guru Ternyata Bermanfaat Untuk Hal Ini…
Sumber: hellosehat.com

Parenting / 14 February 2019

Kalangan Sendiri

Selain Baik Bagi Anak, Kerja Sama Orangtua dan Guru Ternyata Bermanfaat Untuk Hal Ini…

Lori Official Writer
2530

Berurusan dengan hal-hal yang berkaitan dengan sekolah anak pasti akan sangat membuat orangtua sibuk dan kelelahan. Gak sedikit pula orangtua yang merasa kebingungan waktu orientasi sekolah tiba.

Untungnya, kehadiran guru membuat tugas orangtua menjadi lebih mudah. Karena itulah orangtua perlu membangun kedekatan dengan guru. Bukan cuma bisa terbantu dengan beragam kerumitan urusan sekolah anak tapi hubungan atau kerja sama yang baik antara orangtua dan guru juga akan berdampak positif bagi anak.

Meskipun sekolah dan rumah adalah dua hal yang terpisah. Tapi sudah seharusnya rumah dan sekolah jadi dua hal yang harus bekerja bersama-sama.

Saat orangtua dan guru berkomunikasi secara teratur, bisa dipastikan tak akan ada hal apapun yang akan terlewatkan. Bahkan saat anak mengalami masalah tertentu, orangtua dan guru bisa bertindak cepat dan kompak dalam mencari solusi.

Bekerja sama sebagai satu tim dengan guru juga berarti kalau orangtua lebih terbantu dalam perkembangan pendidikan anak. Salah satunya lebih mudah menerima hasil nilai anak tanpa ada manipulasi apapun.

Baca Juga :

Dari Video Viral Siswa Tantang Guru di Gresik, Ajarkanlah Anak Hormati Guru Pakai Cara Ini

Setiap Guru Berharap Semua Orangtua Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Antarkan Anak ke Sekolah

Membangun tim yang kuat antara oranghtua dan guru adalah dasar untuk membantu anak bisa berhasil dalam pendidikannya.

Adapun cara yang bisa dilakukan orangtua dan guru untuk bisa terhubung harus dimulai dari komunikasi yang terbuka, profesional, terhormat dan teratur. Misalnya, membagikan informasi seputar kepribadian anak dan kemampuan dasarnya. Hal ini akan sangat membantu guru untuk menghadapi anak secara personal saat proses belajar mengajar.

Atau orangtua bisa mengirim email dengan ucapan bernada akrab setiap bulannya. Biarkan guru tahu kalau orangtua juga menghargai kerja keras mereka untuk anak-anak.

Dengan menjalin hubungan baik, orangtua juga bisa tahu tentang masalah utama yang dihadapi anak di sekolah. Misalnya, penyebab kenapa dia mendapat nilai rendah atau masalah kepribadian lain. Kalau memang orangtua menemukan masalah besar, mintalah melakukan pertemuan dengan guru untuk menyelesaikan masalah itu.

Sementara untuk guru yang mendapat dukungan terbuka dari keluarga siswa akan lebih bersedia untuk bersikap fleksibel dan bahkan bersedia menjadi perantara terkait urusan berkaitan dengan anak.

Intinya adalah peran orangtua dalam mengawasi dan memperhatikan perkembangan tidak hanya ketika anak di rumah. Tapi orangtua juga harus menjadi fasilitator yang proaktif bahkan ketika anak berada di sekolah. Dan rekan kerja yang baik untuk menjamin proses belajar mengajar anak berjalan dengan baik di sekolah adalah guru sendiri.

Jadi, kalau orangtua masih berpikir sekolah hanyalah tempat penitipan anak, itu sama sekali keliru. Karena rumah dan sekolah adalah dua tempat yang tak bisa dipisahkan. 

Sumber : Theparentcue.org/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami