Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
1199


 

Sepertinya, sudah banyak orang yang mendengar bahkan telah membaca perikop Alkitab yang sangat populer ini, yaitu Mazmur 23, dimana Daud berbicara tentang Tuhan sebagai Gembala-Nya, dan bagaimana ia menuntunnya ke air yang tenang dan memulihkan jiwanya.

Setelah saya baca dan renungkan, salah satu bagian dari ayat ini membangkitkan sesuatu di dalam hati saya yaitu di ayat 4.

Mazmur 23:4: "Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku."

Pernah nggak kamu berada dalam sebuah musim kehidupan dimana kamu tidak menginginkan hal itu terjadi. Mungkin itu situasi yang menyedihkan, menyeramkan dan menyebalkan, hingga kamu bertanya kepada Tuhan, "Mengapa saya berada di situasi ini?", "Apa yang akan saya lakukan di tempat ini?"

Dengan mengepal tangan begitu kencang, tumit kakimu sampai tertanam di tanah, kamu berteriak kepada Tuhan, "Tuhan, aku tidak ingin berada di sini terus!"

Sepertinya situasi atau tempat yang kamu alami adalah lembah kekelaman, kehancuran atau kematian.

Dalam Firman tadi pun disebutkan 'lembah kelam' atau 'lembah kematian.'

Menurutmu, apa yang Daud lihat ketika dia berjalan melalui lembah kelam atau kematian itu?

Ngomong-ngomong, lembah kelam atau kematian yang di maksud dalam ayat itu adalah lembah di padang pasir Yehuda, dimana setiap orang yang berjalan melalui lembah itu akan berisiko menghadapi sesuatu yang bersembunyi di kegelapan padang pasir itu, seperti satwa liar, penjahat bahkan banjir bandang yang mengerikan.

Lantas, apa yang Daud lakukan dan lihat ketika dia sedang berjalan melalui lembah kegelapan atau kematian tersebut? Dimana ada banyak hal yang mengancamnya, dan mengelilinginya.

Kalau dipikir-pikir, apa pun bisa menyerang atau menimpanya setiap saat.

Tetapi, dia nggak lari dari lembah itu, meski sudah begitu jelas tentang apa yang akan dia lalui. Dia tidak mengambil rute yang berbeda, melainkan dia berjalan menembusnya.

Daud juga sama seperti kita, kamu pikir dia tahu bahwa dia akan berjalan melalui lembah kematian itu?

Kalau kita tahu seperti Daud, maka besar kemungkinan kita akan berbalik dan tak lewat di lembah itu.

Tapi apa yang Daud lakukan? Dia tak bertanya kepada Tuhan dan mengeluh soal mengapa Tuhan taruh dia melewati itu,

Melainkan dia menanggapi dengan baik kenapa harus lewat lembah itu, dan melewatinya dengan berkata, "...aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku."

Daud tahu persis bahwa jika dia berada di lembah, maka dia akan aman dan terlindungi karena Tuhan menyertai di setiap langkahnya.

Daud tahu kalau berjalan melalui lembah itu akan sulit, tetapi dia juga tahu bahwa di lembah tersebut dia akan belajar untuk bergantung dan percaya kepada Tuhan.

Berjalan melalui lembah yang gelap kerap membuat kita merasa bahwa Tuhan jauh dari kita, tetapi jika kita percaya pada apa yang akan Tuhan lakukan meski kita tak melihat apa pun, maka Dia akan menuntun kita dengan aman sampai ke sisi yang sangat baik dan luar biasa.

Sangat mudah untuk memuji Tuhan ketika kita berada di gunung yang tinggi dan indah, dan berbeda rasanya ketika kita berada jauh di dalam lembah.

Tetapi bagaimana kalau kita bangkit dan melakukan seperti yang Daud lakukan?

Menghadapi ketakutan kita dan melalui lembah kegelapan dengan bergantung kepada Tuhan maka Dia membimbing kita sehingga kita tetap aman dan tak lagi kuatir.

Di lembah adalah tempat dimana kita akan bertumbuh besar dan menerima kemenangan yang termanis yang tak di duga-duga asal kita percaya kepada Tuhan.

"Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah. Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa." (Mazmur 23:5-6)


Apakah kamu sedang berada di lembah kekelaman dan butuh kekuatan serta harapan? Yuk datang pada Tuhan. Kalau butuh pertolongan dan dukungan doa, kamu juga bisa hubungi Sahabat24 SMS WA 081703005566 atau telp di 1-500-224  dan 0811 9914 240 .

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dina Yohana 23 July 2019 - 12:41:40

lowongan kerja

0 Answer

Riama Manik 22 July 2019 - 18:53:22

Negara apa yang terletak paling utara

0 Answer

Buster street Wear 22 July 2019 - 12:34:35

Biseksual

0 Answer


Marlina - 21 July 2019 - 15:09:28
Saya Marlina saat ini saya sedang terlilit hutang ... more..

Yu55 Ch4nnel 28 May 2019 - 16:51:25
Bertahun2 saya meninggalkan Tuhan Yesus,hanyut dng... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Banner Fun Run Juli Week 3


7273

Banner Testify Juli Week 3