Suka Bertengkar Perkara Barang-barang di Rumah? Berdamai dengan 5 Tips Marie Kondo Ini
Sumber: Must Be This Tall To Ride

Marriage / 11 February 2019

Kalangan Sendiri

Suka Bertengkar Perkara Barang-barang di Rumah? Berdamai dengan 5 Tips Marie Kondo Ini

Lori Official Writer
2239

Perkara barang-barang rumah tangga bisa jadi pemicu pertengkaran suami istri. Itu sebabnya banyak yang bilang kalau menikah itu emang sulit! Selain harus menyatukan pemikiran, suami istri juga harus bisa menyatukan kebiasaan masing-masing. Atau seenggaknya saling beradaptasi dengan kebiasaan masing-masing.

Kalau suami istri aja gak bisa saling menerima kebiasaan, bisa dibayangkan suami istri bakal gimana? Nah, dari itu dibutuhkan kekompakan dan kerja sama untuk menjaga hubungan satu sama lain.

Dalam contoh kasus, kamu adalah istri yang suka dengan kerapian rumah. Sementara suamimu sosok yang sembarangan. Suka menaruh barang dimana-mana, suka mengumpulkan barang-barang rongsokan. Lalu bagaimana mengatasinya? Bertengkar bukan solusinya loh!

Ada 5 tips dari Marie Kondo, wanita asal Jepang yang merupakan penulis buku laris The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing. Dia menyarankan supaya suami istri mengatasi masalah lewat metode Konmari ini.

#1  Kalau barang-barang milik pasangan sembarangan

Solusi : Tentukan ruang penyimpanan khusus untukmu dan juga pasangan. Buatlah ruangan barang, rak, lemari atau laci untuk masing-masing. Pastikan pasangan sepakat dengan ide ini dan dia tahu dimana dia harus menaruh barang-barangnya. Pastikan kamu tidak mencampuri urusan barang-barangnya.

#2 Bagaimana kalau pertengkaran muncul dari area dimana suami istri memakai barang yang sama?

Solusi Biasanya seseorang tidak akan terganggu dengan ruang yang teroganisir. Jadi, pastikan pasangan setuju untuk memakai cara Konmari ini yaitu memberi label tempat dimana kamu menyimpan barang-barang, arahkan pasangan untuk bisa mengikuti aturan baru yang kalian sepakati bersama. Atau mintalah dia untuk menaruh kembali barang-barang setelah digunakan.

Kalau memang dia lupa melakukan langkah terakhir, berinisiatiflah untuk menaruh sendiri tanpa perlu memarahinya.

#3  Barang pasangan benar-benar membuatmu stres

Solusi Daripada marah-marah dan stress, cobalah untuk mencari cara bagaimana barang-barang itu justru bisa membawa kebahagiaan untukmu. Kamu harus sedikit berkompromi dengan kebiasaanmu yang terorganisir. Pasalnya, gak ada jalan lain yang lebih baik selain berdamai dengannya.

Baca Juga :

Saat Badai Pencobaan Datang Menerpa Pernikahanmu, Renungkanlah 10 Ayat Alkitab Ini

Penting Banget! Ini 3 Pilihan yang Patut Diterapkan Pasangan Menikah yang Aktif Pelayanan

#4 Pasangan sama sekali tak peduli dengan kebiasaanmu yang terorganisir

Solusi Mengomeli pasangan dan memaksanya untuk melakukan seperti apa yang kamu lakukan hanya akan memicu pertengkaran yang lebih besar. Berhentilah melakukan hal ini! Jadilah seperti matahari. Seperti tips dari Marie Kondo, pasanganmu pasti akan mengikutimu saat dia mengalami dampak positif dari gaya hidupmu.

#5 Pasanganmu komplain dengan kebiasaanmu yang terorganisir.

Solusi Sama seperti poin 4, memaksakan pasangan untuk mengikuti kebiasaan kita hanya akan menimbulkan pertengkaran yang lebih besar. Saat pasangan mulai komplain, cobalah untuk mulai menyesuaikan diri dengan pasangan. Jika perlu lakukan secara perlahan-lahan sampai dia bisa melihat hasilnya melalui kehidupanmu.

Perkara pengaturan barang-barang di rumah memang terdengar sepele ya.Tapi tahu gak sih kalau kemarahan yang dipicu oleh perbedaan karakter dan kebiasaan hanya akan mengikis hubunganmu dengan pasangan. Karena itu, cobalah untuk bekerja sama sebagai satu tim.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami