Membantu Kemampuan Bicara Anak Hanya Dengan Mempedengarkan Musik. Ampuh Banget Mom!
Sumber: pexels.com

Parenting / 8 February 2019

Kalangan Sendiri

Membantu Kemampuan Bicara Anak Hanya Dengan Mempedengarkan Musik. Ampuh Banget Mom!

Naomii Simbolon Official Writer
1899

Siapa sih yang nggak menyukai musik?

Mulai dari anak balita, remaja, dewasa hingga orangtua pasti menyukai musik.

Sepertinya musik sama sekali nggak bisa terlepas  dari kehidupan manusia ya. Nggak cuma sebagai hiburan tetapi juga memberikan berbagai macam manfaat yang tak banyak orang tahu, khususnya bagi anak-anka kecil.

Buat orangtua yang sering mempedengarkan musik kepada anak, selamat! Karena kamu sedang membantu tumbuh kembang otak si kecil, misalnya :

1. Memperdengarkan musik kepada anak, akan membantu kemampuan bicara dan kosa kata mereka!

Tahun kemarin, lagu 'baby shark' cukup eksis di kalangan ibu-ibu yang punya anak bayi. Bukan begitu?

Memperhatikan anak teman saya, dalam kurun 2 hari setelah lagu itu dinyanyikan, dia hapal banget.

Nggak heran, karena anak-anak memiliki daya tangkap yang sangat cepat. Itu makanya, ibu-ibu atau ayah haruslah hati-hati juga untuk memperdengarkan musik kepada anak.

Selain mempengaruhi kemampuan bicara mereka, lirik lagu tersebut akan terekam dipikiran dan menjadi kosa kata bagi mereka.

2. Mendengarkan musik bisa meningkatkan daya ingat dan kekuatan otak si kecil

Ahli saraf membuktikan bahwa berpartisipasi aktif dalam membuat musik adalah aktivitas yang hanya menerangi hampir semua area otak. Jadi sudah terbukti bahwa musik mampu memperkuat keterampilan kognitif dan memori anak-anak.

3. Selain itu, memperdengarkan musik membuat anak-anak terampil dalam mendengar dengan saksama

Menyanyikan lagu, atau mengikuti gerakan sesuai musik, semuanya sangat membantu pengembangan dan keterampilan serta pemahaman anak dalam mendengar.

Sering-seringlah memperdengarkan musik pada anak, dan percayalah bahwa dia akan tumbuh jadi anak yang cepat tangkap dalam mendengar.

4. Anak memiliki gerakan dan koordinasi

Menggerakkan badan sesuai irama, memainkan instrumen serta bermain dengan memreankan tangan boneka sangat efektif mengembangkan motorik kasar atau halus pada anak. Dan dia pun bisa ikut-ikutan deh! Lucu pasti ya...

5. Mendengarkan lagu bisa menjadi alat supaya anak memiliki interaksi sosial kepada kamu dan temannya

Bermain musik dan mendengarkan musik bersama-sama atau berkelompok akan membutuhkan kepercayaan diri, kemandirian, kesabaran, dan kemampuan bersosialisasi pada anak dan anak pada yang lain.

6. Musik juga bisa membuat anak tumbuh dengan disipilin

Semakin sering memperdengarkan berbagai macam musik kepada anak, maka itu akan membuatnya tertarik kepada musik. Nah, ketertarikan anak akan musik tersebutlah yang akan membuat mereka disiplin untuk mengafal atau belajar bermain alat musik. Hal itu pun bisa mengikis talenta dia dan menjadi prestasi yang baik untuk masa depannya.

Nah, itulah 6 manfaat musik yang orangtua harus tau. Pastikan anak-anak kamu mendengar musik dengan lirik yang benar dan membangun ya. Misalnya lagu rohani Kristen.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami