Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1145


Identiknya bulan Februari kita tahu adalah bulan kasih sayang atau disebut juga dengan Hari Valentine. Biasanya bulan ini dirayakan dengan romantis bareng pasangan. Kalau buat yang pacaran momen ini emang pas banget buat dirayakan. Tapi gimana sama yang masih single?

Ada banyak dari mereka yang masih single dan belum menemukan cinta biasanya akan merasa kecewa dan marah. Bahkan diantaranya nggak sungkan menyalahkan Tuhan karena tak kunjung dipertemukan sama pasangan hidupnya.

Tapi tahukah kamu, kalau momen Valentine ini adalah waktu yang tepat buat kamu untuk mendengar nasihat seputar bagaimana cara mendapatkan pasangan.  Meskipun di satu sisi nasihat itu bisa saja terasa seperti tekanan, tapi di sisi lain nasihat ini perlu untuk kembali mengoreksi diri dari beberapa kesalahan yang kamu lakukan. Termasuk kesalahan soal pola pikir kalau ‘pasangan hidup’ itu hanya perlu ditunggu. Kamu percaya kalau Tuhanlah yang akan mengirimkannya buat kamu.

Dalam prinsipnya, kamu tak perlu menunggu Tuhan, karena Dia sendiri mau kamu aktif melakukan sesuatu.

Kalau kamu memang mau pengen menikah, 10 langkah sederhana ini perlu kamu lakukan.

1. Pastikan Yesus sendiri yang selalu jadi pusat dalam hidupmu

Kamu gak akan pernah salah langkah kalau kamu udah menempatkan Tuhan di tempat pertama dalam hidupmu. Matius 6: 33 bilang, “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”

Menikah adalah sebuah kebutuhan dan Tuhan sendiri mau kamu mengalaminya. Tapi sebelum kamu memutuskan untuk menikah, mintalah pimpinan Tuhan supaya kamu gak salah pilih pasangan. Karena pasangan itu kamu yang milih, bukan Tuhan.

2. Pastikan kalau kamu sudah bertumbuh secara rohani

Sebuah pernikahan itu akan kuat kalau baik suami dan istri juga adalah orang-orang yang kuat. Yang hidup dalam Tuhan. Karena kalau dua-duanya atau salah satunya belum matang secara rohani, pernikahanpun pastinya akan diperhadapkan dengan beragam masalah. Karena itu, selagi kamu masih single pergunakanlah waktu-waktu ini bertumbuh lebih dewasa dalam Tuhan. Mulailah terlibat dalam berbagai pelayanan dan kemanusiaan.

“…tetapi sebaliknya supaya kamu melakukan apa yang benar dan baik, dan melayani Tuhan tanpa gangguan.” (1 Korintus 7: 35b)

3. Buat daftar kriteria pasanganmu

Gak apa-apa kalau kamu punya daftar kriteria dari seseorang yang kamu pengen jadi pasangan hidupmu. Gimana mungkin kamu bisa tahu apa yang kamu mau kalau gak punya daftar yang jelas soal itu. Bisa saja kamu lebih suka cewek yang lebih pendek, atau cowok yang lebih tua darimu. Atau seseorang yang punya latar belakang pendidikan yang baik dan daftar-daftar lainnya. Gak apa-apa. Tuliskan saja dalam secarik kertas dan jadikan hal itu sebagai patokanmu untuk menemukan sosok yang tepat.

“dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.” (Mazmur 37: 4)

4. Singkirkan semua harapan dan fantasi-fantasimu yang tak realistis

Tahu gak sih ada banyak single yang gak kunjung dapat pasangan hidup karena mereka masih tetap hidup dalam harapan dan fantasi-fantasi gak realistis soal pasnagan hidup mereka. Mereka berharap bisa ketemu dengan pasangan yang persis seperti muncul dalam film-film Disney atau drama Korea.

Tentu saja sosok pria sempurna seperti dalam film Korea gak pernah ada. Ayolah. Singkirkan semua harapan dan fantasimu yang gak realistis itu. Pernikahan gak akan pernah bisa sempurna seperti yang ada dalam hayalanmu.

5. Tetapkan standarmu dan jangan kompromi dengan hal itu

Setiap orang-orang yang belum menikah harus punya beberapa daftar yang gak bisa dikompromikan. Seperti soal standar kesucian seorang perawan atau keperjakaan seorang pria. Selama belum menikah, tetaplah menjaga standar kesucian tubuhmu sesuai dengan kebenaran firman Tuhan.

Baca Juga :

Dosakah Kalau Jadi Sugar Daddy dan Sugar Baby Menurut Alkitab?

Jatuh Cintalah Saat Kamu Siap, Bukan Saat Kamu Kesepian!

6. Tetaplah fokus pada kehidupan dan karirmu

Hal terburuk yang dilakukan para single adalah duduk sendiri dalam kesunyian dan meratapi statusnya yang masih jomblo. Meratapi diri sendiri hanyalah tindakan yang menyedihkan. Jangan pernah seputus asa itu! Tuhan mengasihimu apa adanya, dan jangan berpikir kalau kamu hanya akan berarti kalau punya pasangan. Hidupilah hidupmu! Selesaikan pendidikanmu, raihlah tujuanmu dan terlibatlah dalam berbagai pelayanan. Hidupmu akan jauh lebih bermakna kalau kamu bisa meraih mimpi-mimpimu daripada hanya duduk dan meratapi kejombloanmu.

7. Carilah pemulihan lewat gereja

Ada banyak single yang masih terjebak dalam trauma masa lalu. Mereka mulai mengalami kegagalan demi kegagalan dalam hubungan karena mereka belum sepenuhnya pulih dari hubungan sebelumnya. Kalau kamu merasa salah satunya, jangan biarkan masalah itu berlama-lama. Carilah pemulihan dari gereja, minta doa dari pemimpin gereja atau bimbingan khusus.

8. Jaga dirimu secara fisik

Kamu gak perlu harus jadi model di salah satu cover majalah. Percayalah kalau seseorang yang akan datang adalah dia yang bisa menerimamu apa adanya. Kalau kamu memang merasa penampilan fisikmu kurang menarik, mintalah teman untuk membantumu mengubahnya. Kalau kamu merasa badanmu lebih berat, mulailah menjaga pola makanmu dan terapkan pola hidup yang sehat.

9. Mulailah aktif dalam berbagai kehidupan sosial

Kamu bukan manusia yang hidup di tengah hutan. Jangan berharap seseorang akan datang kalau kamu justru hanya mengurung diri di kamar. Jangan sungkan-sungkan untuk mengajak anak-anak muda lainnya untuk nongkrong minum kopi sekali-kali di luar. Atau ikutan di kegiatan-kegiatan yang melibatkan anak-anak muda. Percayalah, cinta itu bisa datang kapan saja dan dengan cara yang gak kita duga. Jadi bergerak aktiflah!

10. Dapatkan pembimbing yang sudah menikah untuk membimbingmu

Kamu gak harus berupaya sendirian untuk mencari pasangan hidupmu. Kamu juga bisa meminta bantuan dari mentor atau leader gerejamu yang lebih tua dan yang sudah menikah. Bisa saja mereka membantumu untuk dikenalkan dengan seseorang yang mereka kenal.

Ada seseorang yang pernah bilang ke aku, kalau di dunia ini ada tiga hal yang selalu jadi misteri. Yang pertama, misteri tentang rejeki, kedua soal anak dan ketiga soal teman hidup. Jadi, biar gak terlalu lama menunggu mulailah bergerak aktif dan membenahi dirimu. 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

agung setiawan 21 August 2019 - 14:27:12

Sebuah mesin yang bekerja menurut daur carnot men.. more..

0 Answer

George 21 August 2019 - 06:36:40

Puasa daniel yang benar

0 Answer

dewan toro 21 August 2019 - 06:27:14

Saben omah kudu duwe .... Uwuh

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7274

Banner Mitra Agustus Week 3