Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
467


Sadar gak sih, semakin ke sini kamu justru lebih banyak habiskan uang hanya buat makan aja?

Dua temanmu mengaku boros belakangan ini karena tiap hari duitnya habis buat beli makan lewat aplikasi online. Seenggaknya beli dua kali sehari dengan harga seporsi Rp. 25.000 – 35.000 sudah menghabiskan biaya lebih kurang Rp 70.000. Hanya dalam sehari loh! Kalau dikalikan seminggu Rp. 70.000 x 7 = Rp 490.000.

Bayangkan aja, pengeluaran hanya dalam seminggu aja buat makan udah hampir 500 ribu.

Ya. Gaya hidup generasi millennial memang sudah berubah. Kehadiran teknologi membuat setiap orang mengalami kemudahan, termasuk dalam hal pola makan. Kehadiran aplikasi delivery order semacam GoFood atau GrabFood membuat kaum millennial yang mager (malas gerak) hanya perlu membeli yang mereka butuh lewat ponsel. Soal harga? Kebanyakan malah gak ambil pusing.

Belum lagi godaan dari beragam promo yang ditawarkan di aplikasi online lainnya. Semacam OVO atau Gopay yang sudah banyak kerja sama dengan berbagai bidang usaha kuliner dan resto. Dengan iming-iming cash back dan promo discount sekian persen, anak muda dengan gampangnya luluh tergoda. Kebanyakan diantaranya mulai hang out bareng teman ke luar, makan di salah satu resto yang lumayan mahal, minum kopi seharga dua kali makan dan sebagainya.

Gak heran kalau generasi yang lahir tahun 1980-2000-an menghadapi masalah terbesar dalam hal menabung. Mereka kewalahan menyisihkan tabungan bulanan lantaran besarnya pengeluaran akibat pola makan mereka.

Sementara kebiasaan jajan online ini sulit dihentikan lantaran kebanyakan kaum millennial lajang terlalu sibuk dengan pekerjaan dan malas untuk memasak. Apalagi kebanyakan diantaranya mengaku tak punya minat untuk memasak di dapur.

Lalu apa sih yang bisa dilakukan supaya pengeluaran untuk makan bisa ditekan?

1.Yang pasti kaum millennial perlu mengatur keuangan. Ada tiga pola pengaturan uang yang bisa kamu lakukan yaitu 10, 20 dan 30. Artinya, kamu bisa mengalokasikan uang sebesar 10%, 20% dan 30% untuk hal yang paling penting, Seperti, 10% untuk beramal (perpuluhan), 20% untuk asuransi dan 30% untuk tabungan.

2. Kontrol diri dari berbagai godaan. Hal lain yang lebih penting adalah mampu mengontrol diri. Kalau memang sudah mengatur arus pengeluaran keuanganmu, itu artinya dibutuhkan kontrol diri dari berbagai godaan. Entah godaan jajan online atau tergiur dengan promo-promo yang ada.

3. Jangan tergoda top up aplikasi online. Misalnya, OVO yang menawarkan beragam potongan tentu saja akan membuat kita tergiur untuk top up. Akibatnya, kita akan kecanduan dan bakal pengen ngisi terus. Atau semisal top up Gopay kita masih banyak, pasti hasrat untuk jajan atau belanja online akan jauh lebih besar.

4. Motivasi diri buat masak sendiri. Gimana pun masak sendiri itu jauh lebih sehat dan tentu saja jauh lebih hemat. Kalau ada yang bilang masak justru bikin boros. Berarti ada yang salah dengan cara belanjanya. Tentu saja kamu juga harus lebih cerdas dalam belanja. Misalnya, belanja bahan kebutuhan masak di pasar yang harganya jauh lebih murah daripada di supermarket atau mall.

Kalau pengen hemat dan bisa nabung, kaum millennial harus bisa memutus mata rantai kebiasaan boros yang gak sehat dari sekarang. Karena biaya kebutuhan bakal jauh lebih mahal ke depan, maka kaum millennial harus lebih cerdas dalam menggunakan uang.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Galaxy studio moses 21 September 2019 - 19:33:34

Apa dampak dari tersenyum

0 Answer

Wiadnyana Legawa 20 September 2019 - 06:51:50

Tuhan penolongku

0 Answer

Nur Ramadhani 18 September 2019 - 19:28:33

Tuliskan apa saja yg ada didalam diri anda?

0 Answer


nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

Banner Mitra September week 3


7277

advertise with us