Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
380


Namanya juga bekerja, pasti pernah merasakan otak kita buntu. Mau mengerjakan apa pun juga tidak bisa, sebab tidak ada ide untuk memulainya. Kita sudah mencoba berbagai cara: mulai dari mendengarkan lagu, memberi jeda untuk tidur sejenak, sampai membaca buku. Semuanya tidak berhasil. Rasa buntu yang kita alami ini sering membuat hasil dari pekerjaan jadi tidak optimal.

Saking banyaknya masalah kebuntuan ini dialami oleh manusia, Adam Green, ikut meneliti untuk mendapatkan jalan keluar dari hal ini. Ini adalah bocorannya.

1. Ibarat otot, kreativitas juga harus dilatih

Kita selalu berpikir kalau kreativitas muncul layaknya sedang menerima sebuah keajaiban atau mujizat. Padahal, nggak selalu demikian. Peneliti mengungkapkan kalau ada orang yang mencoba untuk menjadi kreatif, maka orang tersebut akan menjadi kreatif.

Poinnya, kreatif bisa dilatih dan dibiasakan. Kuncinya adalah dengan mendedikasikan waktu kita untuk lebih banyak berpikir, dimana hal ini berarti menuntut kita untuk tidak membuka sosial media, atau hiburan lainnya. Mulai sekarang, coba deh beri waktu untuk diri sendiri berpikir dengan kreatif. Salah satu caranya bisa dengan melakukan brainstorming sebelum memulai pekerjaan.

2.  Cari suasana baru

Berdasarkan data, kreativitas bisa didorong dengan mengubah satu kebiasaan atau suasana baru. Nggak perlu muluk, cukup mengubah tata letak meja, mengganti warna cat tempat kerja, atau mengganti menu sarapan pagi, lho. Buat yang hobi mengobrol, coba deh cari orang baru, bisa juga mencoba untuk mendengar lagu baru.

3. Perhatikan dan dokumentasikan setiap ide yang datang

Setiap kita pasti tahu kalau seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan untuk mengingat juga jadi lebih terbatas. Untuk itu, membiasakan diri untuk mendokumentasikan ide yang terlintas dalam pikiran bisa jadi salah satu jalan untuk mendapatkan pemikiran yang kreatif.

Ide apapun itu, tulis saja di catatan telepon genggam atau catatan kecil yang ada dalam tas. Perihal eksekusi dan evaluasinya, bisa kita pikirkan nanti. Peneliti mengungkapkan kalau kebiasaan menuliskan ide baru dapat membuat pemikiran kreatif kita jadi lebih mudah keluar.

4. Biasakan diri untuk menerima tantangan

Pernah nggak sih merasakan ide baru timbul pas deadline sudah tinggal menghitung menit? Intinya, kreativitas biasanya akan datang saat kita merasa tertantang akan sesuatu. Kalau kepepet deadline dinilai terlalu ekstrim, salah satu tantangan yang bisa kita coba adalah dengan memberi waktu tertentu untuk sebuah pekerjaan atau tugas di kantor.

Jadi, gimana nih? Apakah masih galau karena sering mentok pas bekerja karena kekeringan kreativitas? Kalau mentok terus menerus, mungkin ini waktunya kita menyegarkan diri sendiri untuk mendapatkan pengalaman yang baru, bertemu dengan orang baru, sekaligus suasana yang baru.

 

Sumber : entrepreneur/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

agung setiawan 21 August 2019 - 14:27:12

Sebuah mesin yang bekerja menurut daur carnot men.. more..

0 Answer

George 21 August 2019 - 06:36:40

Puasa daniel yang benar

0 Answer

dewan toro 21 August 2019 - 06:27:14

Saben omah kudu duwe .... Uwuh

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7274

Banner Mitra Agustus Week 3