Tak Banyak Yang Tahu. Begini Caranya Agar Ketumbar Bermanfaat Bagi Kesehatan Kita!

Health / 5 February 2019

Kalangan Sendiri

Tak Banyak Yang Tahu. Begini Caranya Agar Ketumbar Bermanfaat Bagi Kesehatan Kita!

Naomii Simbolon Official Writer
1891

Siapa yang nggak kenal dengan ketumbar? Ketumbar (Coriandrum Sativum) adalah tumbuhan rempah-rempat yang populer yang berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia.

Orang-orang Indonesia, khususnya ibu di rumah sering banget menggunakan buah ketumbar sebagai penyedap rasa untuk makanan tertentu, karena memang butirannya beraroma keras dan bikin aroma masakan akan lebih nyata. Wih!

Orang batak, suka banget tuh masak dengan ketumbar. Kalau mama di rumah gimana?

Menariknya, biji ketumbar ini nggak cuma jadi penyedap rasa loh. Namun, memiliki sejuta manfaat yang jarang banget diketahui oleh orang-orang.

Misalnya:

1. Ketumbar bisa menyembuhkan orang yang sedang bermasalah perut karena menstruasi

Menstruasi adalah masalah terseru sekaligus nyebelin bagi semua wanita. Sebagian besar, wanita yang sedang menstruasi di hari pertama bakal mengalami sakit perut , pinggang yang sangat menganggu.

Kalau kamu salah satu orangnya, maka ketumbar adalah jawaban pas buat kamu.

Cukup komsumsi ketumbar kok girls Biar sedikit enak di lidah, jangan lupa campurkan dengan gula ya. Percaya deh, kram perut dan nyeri selama menstruasi akan terobati.

Dari pada beli di warung, ngeri kan?

 

2. Ketumbar mencegah sekaligus mengobati Diabetes.

Nah, buat kamu yang diabetes, atau punya keluarga penyakit diabetes, maka cegah dengan minum ini ya.

Ketumbar ternyata sudah lama dikenal sebagai biji yang berhasil menjaga kadar glukosa darah, hal itu karena biji ketumbar ini memiliki efek yang merangsang kelenjar endokrin. Selain itu, biji ketumbar juga terbukti mengurangi kolestrol jahat (LDL) dan meningkatkan kolestrol baik (HDL), sehingga ideal untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung juga.

Cara penggunaannya: rendam ketumbar dalam air sepanjang malam dan minum keesokan paginya.

3. Buat kamu atau orangtua kamu yang sudah lansia, ketumbar juga bermanfaat banget mengobati oesteoporosis

Jadi, biji ketumbar memiliki antioksidan seperti vitamin A, riboflavin, niacin, asam folat, vitamin C, vitamin K, kalsium dan karoten yang bermanfaat banget mencegah oesteoporosis dan segala jenis penyakit persendian.

Cukup seduh 3 gram biji ketumbar dalam 150 ml air, lalu komsumsi deh setiap hari untuk hasil yang lebih luar biasa.

4. Bagus banget mengobati masalah mata

Studi menemukan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi pada ketumbar sangat berguna banget dalam mengobati mata merah dan masalah mata lainnya.

Selain itu, juga bagus untuk mencegah infeksi mata loh.

Cukup rebus biji ketumbarnya, dinginkan lalu gunakan untuk mencuci mata. Gunakan sesering mungkin untuk dapatin hasil lebih baik.

 

Nah itu dia 4 cara agar ketumbar di rumah nggak hanya dipakai untuk penyedap rasa doang! Segala sesuatu di muka bumi yang diciptakan oleh Allah, sangat bermanfaat loh. Tapi, tergantung cara kita menggunakannya dan mengimaninya. Ibarat kamu berobat ke dokter paling jago sekalipun, kalau kamu nggak beriman untuk sembuh, tentu kamu tak akan sembuh. Sebaliknya, meski kamu hanya minum obat warung, tetapi kalau kamu beriman akan sembuh, maka Yesus akan membuatmu sembuh. There is power in Jesus name, kawan!

Sumber : berbagai sumber/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami