Ternyata Ini Yang Dialami Ibu Ketika Anaknya Berusia 1 Tahunan. Perbanyak Sabar, Ma!

Parenting / 1 February 2019

Kalangan Sendiri

Ternyata Ini Yang Dialami Ibu Ketika Anaknya Berusia 1 Tahunan. Perbanyak Sabar, Ma!

Naomii Simbolon Official Writer
1597

Menjadi ibu baru ternyata nggak semudah yang dibayangkan. Nggak cuma urusan buah hati, ibu juga harus bertanggung jawab atas setumouk pekerjaan rumah yang sudah tangga (bagi kamu yang tak memiliki assiten rumah tangga).

Lelah pasti, tetapi kelelahan semakin menambah apalagi lihat kelakukan si kecil yang semakin hari, semakin sulit diatur.

Kuakui, hal tersebut pastilah bikin kamu cepar kesal dan marah. Tetapi satu hal yang kamu harus perhatikan, bahwa janglah luapkan amarahmu kepada di depan anak-anak.

Bagaimanapun, menunjukkan amarah di depan buah hati hanya akan mengakibatkan hal-hal buruk terjadi. Misalnya, anak semakin membangkang, anak sakit hati dan lain sebagainya.

Karenanya, yuk ikuti tips berikut agar kamu semakin sabar menghadapi sikap si anak ya :

1. Kumpulkan energi setiap harinya ya, Ma serta tingkatkan konsentrasi kamu dengan cara berolahraga

Setelah seharian berakivitas, kelelahan mendera dan membuat kamu stres, maka tersisalah waktu untuk istrahat dan itu haruslah kamu manfaatkan baik-baik, Ma. Ketika si kecil sudah tertidur lelap, maka kamu bisa tertidur juga sekitar 20-30 menit, serta jangan lupa untuk berolahraga ya. Karena hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa lelah dan meningkatkan konsentrasi kamu bangkit. Selain itu, tubuh kamu tetap sehat, semangat dan lincah.

2. Kamu juga harus pintar dalam mengelola emosi. Berdoa sebelum beraktivitas, Ma.

Kita tak pernah tau apa yang akan terjadi dalam seharian. Pasti ada masalah, kesalahan dan hal-hal yang membuat kita kesal.

Nah, untuk menutup bungkus kamu dengan Roh kesabaran dan sukacita, mulailah harimu dengan berdoa ya, Ma. Selain itu, ketika kamu dibikin kesal oleh si kecil, jangan langsung marahin dia, tapi dengerin lagu rohani dan tenangin dirimu.

Namanya juga ngurusin anak bayi!

Nggak ada gunanya kamu marah kepada anak bayi ketika dia merengek tak mau dikasih makan, Ma. Toh juga masih bayi, dan nggak mengerti apa-apa loh!

3. Kamu harus belajar menjadi perencana yang baik dalam segala hal, apapun itu.

Yep! Jadilah ibu yang keren dan cerdas dengan memiliki perencanaan yang matang setiap harinya. Ikutsertakan Roh Kudus dalam hal ini, supaya kamu penuh hikmat dan kebijaksanaan dalam menghadapi si kecil.

Misalkan, ketika si kecil kabur pas di ajak mandi, maka kamu harus memiliki rencana 'B' yang baik, benar dan berhikmat.

Kamu juga harus menulis rencana yang akan kamu lalui hari ini, dari awal bangun pagi hingga menjelang tidur malam, sertakan pula waktunya ya, Ma.

Daftar rencana yang sudah kamu susun bisa membantu supaya kamu tak menghabiskan waktu dengan percuma setiap hari.

4. Jadilah ibu yang open minded

Perbanyak membaca buku tentang pengasuhan, Ma. Jangan lupa seimbangkan dengan membaca Firman Allah ya.

Supaya anak kamu bisa kamu didik dengan hikmat dari Tuhan dan dari apa yang kamu baca.

Bersabarlah, Ma! Dalam mendidik si kecil diperlukan kesabaran dan paling penting hikmat, kebijaksanaan dari Tuhan. Jangan lupa bawa anakmu ke gereja dan bertemu dengan sebayanya ya, biarkan dia bertumbuh jadi anak yang mengenal Kristus sejak kecil.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami