Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
1169


Pacaran merupakan proses dimana kamu mengenal pasanganmu lebih dalam lagi untuk mencari kecocokan menuju kehidupan berkeluarga. Tapi dalam prosesnya, apa yang terjadi sering sekali jauh dari tujuan yang sebenarnya.

Salah satunya adalah waktu pacarmu mengajak kamu berhubungan seks sebelum menikah secara resmi. Bahkan tak main-main, dia mungkin juga membawa-bawa kalimat yang berkata, "Kalau  kamu benar-benar cinta..."

Kasus yang serupa tampaknya dialami oleh banyak orang. Selama 1 bulan ini, hampir 5 orang anak-anak dari Instagram pelayananmu datang dengan curhatan yang hampir serupa, yaitu jatuh ke dalam dosa seks karena diajak, dipaksa atau bahkan karena sama-sama suka.

Mungkin hal ini sangat sulit ditolak ya,  apalagi kamu sudah berpacaran cukup lama dengan si dia dan sangat cinta. Tetapi bagaimana pun, seks sebelum menikah bukanlah keputusan yang tepat.

Mari kita lihat apa yang dikatakan Alkitab dan apa saja yang tidak diperbolehkan dalam romansa di luar pernikahan.

1. Allah tidak ingin kita melakukan seks sebelum menikah

Tuhan menciptakan seks untuk dinikmati secara menyeluruh oleh suami dan istri.  Yap, jadi adalah naif jika kita berpikir bahwa kamu bisa mengendalikan hidup kamu jika kamu bermain dengan api semacam itu.

 Untuk itu kita harus menolak permintaan itu tanpa negosiasi. Bantuan Roh Kudus akan membuatmu kuat menolak ini.

Ibrani 13:4 mengatakan, "Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah."

Firman itu sangat jelas memberitahu kita untuk melakukan seks setelah kita menikah. Karena melakukan seks setelah menikah sangatlah menyenangkan. Sebab kita melakukannya, tanpa rasa malu atau takut konsekuensi.

2. Seks adalah tanda sebuah perjanjian

Jika kamu pernah mempelajari perjanjian di dalam Alkitab, maka kamu akan melihat bahwa setiap kali membuat sebuah perjanjian maka akan memotong daging untuk itu.

Ingat ketika Tuhan membuat perjanjian dengan Abraham? Dia harus mempersembahkan potongan domba dulu.

Pernikahan pun demikian, perjanjian seumur hidup di mana dua menjadi satu.

Dan perjanjian yang Tuhan bikin adalah melalui hubungan seks yang melewati daging.

1 Korintus 6:16 mengingatkan kita bahwa ketika kita menyatukan tubuh kita dengan orang lain melalui hubungan seks, maka keduanya akan menjadi satu daging.

Setan tahu betul bahwa seks di luar pernikahan adalah bentuk ejekan kepada Allah bahwa tanda perjanjian-Nya di gagalkan. Jadi dia bekerja sampai lembur untuk merayu orang Kristen melakukan dosa secara seksual. Setan tahu bahwa ketika umat Allah terjebak dalam dosa sekusal, itu akan membuat mereka tidak berdaya lagi bagi Kerajaan.

3. Konsekuensi dari dosa seks membuat kita jauh dari Allah

Konsekuensi pertama yang perlu dipertimbangkan adalah bagaimana dosa seksual memadamkan Roh dalam hidup kita, membuat kita sulit mengetahui kehendak Allah, dan kita kehilangan kebijaksanaan itu sendiri.

Konsekuensi berikutnya yang harus kita tahu adalah kemurnian menjadi hilang.

1 Korintus 6:18 mengatakan, "Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri."

Bahkan jika pasangan Kristen menikah setelah melakukan dosa secara seksual, akan mengalami konsekuensi juga yaitu menyelesaikan rasa malu mereka dan masalah penghianatan mereka kepada Tuhan.

Jadi, menikah karena sudah melakukan seks bukanlah keputusan yang tepat dan tak menyelesaikan apa pun.

Jika kamu ingin menjalani kehidupan yang penuh hasrat dengan Kristus, mengejar kemurnian dan kebenaran harus sebagai gaya hidup, termasuk kemurnian secara seksual. Maka kamu harus bertobat dan meninggalkan kesenangan seks pranikah yang pernah kamu lakukan.

Jangan biarkan dosa ini menggagalkan pengejaran kamu akan Kristus dan panggilan-Nya dalam hidup kamu.

Kehidupan yang dipenuhi dengan Roh akan hidup dalam sukacita dan semangat melakukan sesuatu yang luar biasa, dan Tuhan akan melakukan sesuatu jauh melebihi dari apa yang kamu bayangkan. Dan kamu tidak akan menyesal untuk itu!

Apakah kamu juga seperti sedang merasa tersesat dan tak kunjung temukan jalan keluar? Yuk datang pada Tuhan. Kalau butuh pertolongan dan dukungan doa, kamu juga bisa hubungi Sahabat24 SMS WA 081703005566  atau telp di 1-500-224  dan 0811 9914 240  bisa juga email ke sharing jawaban.com  atau lewat  Live Chat dengan KLIK DISINIkonselor kami siap membantumu. 

Sumber : crosswalk | jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Susi Salfia 9 December 2019 - 15:20:13

Jelaskan apakah orang yang sudah lahir baru ada ke.. more..

0 Answer

Chrisman_ Panjaitan 9 December 2019 - 10:14:37

Saya mohon dukung dia agar saya terlapas dari kesu.. more..

0 Answer

BaiqNur Afriliani 8 December 2019 - 12:19:17

Komunikasi lebih dari sekedar kata-kata. Jelaskan .. more..

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7261

advertise with us