Rocky Gerung : Kitab Suci Adalah Fiksi. Lalu Bagaimana Dengan Alkitab?

Nasional / 31 January 2019

Kalangan Sendiri

Rocky Gerung : Kitab Suci Adalah Fiksi. Lalu Bagaimana Dengan Alkitab?

Naomii Simbolon Official Writer
4228

Dosen Filsafat Universitas Indonesia Rocky Gerung, baru-baru ini dilaporkan oleh Ketua Cyber Indonesia, Permadi Arya dan didampingin oleh Sekjennya, Jack Boyd Lapian ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan melakukan penodaan agama.

Dan dalam laporannya tersebut, Permadi mengutip defenisi fiksi dan kitab suci berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI))

Sebenarnya, apakah Alkitab itu fakta atau hanya fiksi?

Yap, sampai saat ini, banyak diantara kita yang  berhadapan dengan orang-orang yang suka melontarkan kritik tajam terhadap Alkitab, berkenaan dengan isinya.

Hanya karena Alkitab adalah Kitab Suci Yahudi  dan Kristen, maka banyak orang yang berpendapat bahwa isinya berat sebelah dan tak dapat dipercayai sebagai kebenaran.

Untuk mengetahui lebih lanjut, inilah fakta-fakta yang mengatakan bahwa Alkitab bukanlah fiksi :

1. Sampai saat ini ada banyak penemuan-penemuan arkeologi yang meneguhkan pernyataan di Alkitab.

Ketepatan sejarah Kitab Suci atau kita sebut dengan Alkitab tak perlu diragukan lagi. Bahkan Dr. Nelson Glueck yang barangkali adalah ahli arkelogi Israel terbesar di jaman modern ini meneguhkan bahwa catatan Alkitab adalah benar :

"Tidak ada penemuan arkeologi yang menyanggah suatu pernyataan Alkitab. Banyak penemuan arkeologi yang telah meneguhkan, baik secara garis besar maupun rinci, berbagai pernyataan sejarah di dalam Alkitab. Dengan cara serupa, tinjauan yang sesuai atas pernyataan Alkitab seringkali membawa pada penemuan yang mengagumkan,? ? demikian yang dikutip oleh Christiananswers.net.

Penemuan-penemuan arkeolog yang meneguhkan isi Alkitab salah satunya adalah penemuan Ebla.

Ebla ditemukan pertama sekali di sebelah Utara Syria pada tahun 1970-an dan sudah mengkonfirmasi bahwa tulisan-tulisan di Alkitab mengenai tempat-tempat yang disebut para bapa leluhur bangsa Israel bisa ditemukan dalam tulisan tablet-tablet berumur ribuan tahun bahkan sebelum masa Musa.

BACA JUGA : Meski Sudah Diludahi Dan Diancam Karena Dia Kristen, Pria Ini Tetap Mengasihi Karena Yesus

2. Sampai saat ini ada banyak catatan -catatan historis lainnya yang memiliki bukti dan masih bisa kita lihat.

Jika kamu pergi ke Mesir atau Israel, maka kamu akan menemukan beberapa bukti sejarah yang tertulis di Alkitab dan masih ada sampai saat ini.

Misalnya :

-  Tembok Kuil Amun di Thebes, Mesir. Disana kamu akan melihat catatan  penyerbuan ke Israel oleh Firaun Shishak (1 Raja-raja 14:25-26)

- Tembok Istana Sargon II, Mesir

Kejatuhan Samaria yang tertulis di 1 Raja-raja 17:6-6;24;18:9-11) oleh raja Sargon II, Raja Assyria, semua sejarahnya bahkan tercatat pada tembok itu.

3. Tempat sejarah berserta peristiwa penting yang tertulis di Alkitab, bisa kita temui sampai saat ini.

- Padang belantara Yudea dan laut Mati (1 Sam. 26:1–3; Mat. 4:1–11; Mrk. 1:12–13)

- Kadesh- Barnea ( Bil 16-20)

- Makan Para Bapa Bangsa (Makan yang dibangun di Hebron oleh Herodes dan diberli oleh Abraham sebagai tempat kuburan keluarga)- Kejadian 33

- Kawasan Bukit Yudea (Tanah yang Tuhan janjikan kepada Abraham dan benih keturunannya), Kej. 13:14–18; 17:8

- Betlehem (Kej. 35:16–20; 1 Sam. 16:1–13)

- Anak tangga ke bait suci (Yehezkiel melihat dalam suatu penglihatan ukuran dan bentuk bait suci masa depan (Yeh. 40)

- BUKIT ZAITUN, TAMAN ORSON HYDE (Roma menghancurkan Yerusalem pada tahun 70 M sebagaimana diramalkan oleh Juruselamat. Juruselamat kelak akan berdiri di atas Bukit Zaitun sebelum penampakan diri-Nya kepada seluruh dunia.)

Bagaimana? Sudah jelas bukan bahwa Alkitab bukan fiksi atau tulisan semata yang tak memiliki fakta. Fakta-fakta di atas, adalah sebagian kecil fakta yang mengatakan bahwa Alkitab adalah sebuah kebenaran bukan fiksi belaka.

Jika kamu ingin tau lebih banyak bagaimana Alkitab adalah sebuah fakta kebenaran, maka kamu bisa menonton ‘FAKTA ALKITAB’ di You-Tube (Klik Disini).

 

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami