Ini 4 Prinsip Alkitabiah yang Pasti Bikin Keuangan Millenial Bebas Utang
Sumber: Forbes

Finance / 19 October 2023

Kalangan Sendiri

Ini 4 Prinsip Alkitabiah yang Pasti Bikin Keuangan Millenial Bebas Utang

Lori Official Writer
5468

Ceritanya ada banyak kaum millennial yang bersemangat untuk mengubah dunia lewat beragam startupnya. Sayangnya, untuk memulai tujuan itu mereka seringnya harus dikejar-kejar pinjaman dan utang sana sini.

Pinjaman ini memang adalah untuk tujuan modal usaha. Tapi ya namanya usaha, pasti ada masa dimana mereka juga akan mengalami kegagalan. Akibatnya, mereka mulai dicengkeram rasa takut kalau-kalau tak mampu membayar kembali pinjaman mereka.

Kurangnya pelatihan soal keuangan dan tingginya pengeluaran juga jadi faktor yang membuat mereka terikat dengan utang. Dengan semua utang ini, tentu mereka akan lebih sulit untuk membeli rumah, punya mobil, menabung untuk dana pensiun dan berumahtangga.

Banyak kaum millennial yang mulai bertanya-tanya bagaimaan mereka bisa membuat perubahan di dunia kalau mereka saja masih belum bisa membayar utang.

Setiap orang sukses pasti sudah pernah berada di sana. Ada proses sulit yang pasti pernah dilalui sebelum meraih kesuksesan. Dan sebagai orang Kristen, kita bahkan beruntung karena punya panduan pengelolaan uang terbaik.

Ada 4 prinsip alkitabiah yang bisa kaum millennial adaptasi kalau mau keuangannya sukses.

1. Ganti kata ‘milikku’ jadi ‘milik Tuhan’

Banyak dari kita yang memandang uang, harta benda dan talenta kita sebagai miliki kita sendiri. Kita bahkan merasa bangga sekali dengan apa yang kita punya.

Maka janganlah kaukatakan dalam hatimu: Kekuasaanku dan kekuatan tangankulah yang membuat aku memperoleh kekayaan ini. Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu....(Ulangan 8: 17-18)

Tuhanlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya. (Mazmur 24: 1)

Dua ayat di atas adalah prinsip yang harus kita ingat soal uang dan harta. Bahwa semua yang kita punya adalah milik Tuhan. Kita hanya sebagai pengelola dimana kita meminta supaya Tuhan memberikan kita kreativitas untuk cerdas mengelola keuangan.

 

Baca Juga: Bagi yang Bermasalah dalam Pekerjaan, Yuk Naikkan Doa Ini Biar Hari-harimu Lebih Damai

 

2. Ganti kata ‘Kamu hanya hidup sekali’ dengan ‘Kamu harus hidup lebih baik dengan hikmat’

Kata ‘Kamu hanya hidup sekali’ membuat kaum millennial tak memiliki kontrol dalam hal membelanjakan uangnya. Slogan ini bahkan membuat kita hanya jadi manusia yang menikmati hidup hanya dalam satu hari saja tanpa memiliki perencanaan panjang ke depan.

Karena itulah kita diajak untuk menghindari slogan ini dan menggantinya dengan cara pandang yang baru tentang hidup yaitu hidup dengan hikmat dari Tuhan.

Alkitab mengajarkan lima prinsip dasar pengelolaan uang yang membanut kita aman secara finansial dan lebih baik.

  • Habiskanlah lebih sedikit dari yang kamu hasilkan.
  • Minimalkan berhutang dan ikuti prinsip Alkitab tentang meminjam uang.
  • Mudah memberi
  • Miliki simpanan
  • Buat rencana jangka panjang

 

Baca Juga: 7 Hal Penting Yang Yesus Ajarkan Mengenai Uang. Orang Kristen Harus Tahu!

 

3. Ganti kata ‘Jangan bilang apa yang harus aku lakukan’ dengan ‘Aku percaya dengan rencanamu atasku’

Materialisme dan utang berakar dari keinginan yang tak terkontrol. Saat kita berpegang erat pada uang, kita akan menolak untuk percaya kalau Tuhan memegang kendali atas keuangan kita. Berjalanlah bersama Tuhan dalam iman karena Dial ah yang bisa kita percaya untuk mengontrol dan memenuhi kebutuhan kita.

 

4. Ganti kalimat ‘Punya banyak uang bisa menyelesaikan masalahku’ dengan ‘Aku bersyukur atas apa yang aku miliki saat ini’

Prinsip paling dasar dari mengelola uang adalah membelanjakan lebih sedikit dari yang kita dapatkan. Sebagian besar dari kita fokus menghasilkan lebih banyak daripada membelanjakan lebih sedikit. Masalahnya, kalau kamu belum bisa menghabiskan lebih sedikit dari uang yang kamu peroleh hari ini, bagaimana mungkin kamu bisa mengelola keuanganmu saat kamu memperoleh yang banyak?

Masalahnya bukan pada jumlah uang yang kita peroleh. Tapi pada kebiasaan dan pola pikir kita soal uang.

Belajarlah untuk mensyukuri apa yang kita dapatkan hari ini dan bebaskan diri dari godaan berbahaya dari gaya hidup kita yang tak terkendali.

 

Baca Juga: 4 Kebiasaan Yang Bikin Kamu Miskin Di Pertengahan Bulan. Sekarang, Salah Siapa?

 

Supaya kaum millennial sekarang bisa jadi orang-orang sukses, berkomitmenlah untuk menyerahkan semua yang kamu punya sebagai miliknya Tuhan. Jadi, mulailah buat anggaran tetap tiap minggunya, temukan teman yang bisa membuatmu maju. Mulailah memberi secara teratur ke gereja. Hormatilah Tuhan dengan penghasilanmu.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami